Ticker

6/recent/ticker-posts

BIROKRASI DI PADANG APAKAH SUDAH BISA BERJALAN DENGAN TEKNOLOGI ??

 


NAMA                                                              : Fabian Kurniawan

NIM                                                      : 2210831005

MATA KULIAH                    : Birokrasi dan Politik

DOSEN PENGAMPU            : Dewi Anggraini S.IP, M.Si

 


            Kesan pertama orang mendengar birokrasi adalah sebuah organisasi pemerintahan yang erat dengan masalah seperti korupsi, lambat, dan pelayanan yang rumit dalam masyarakat. Birokrasi adalah suatu organisasi yang memiliki rantai komando, yang dalam hal ini birokrasi adalah stuktur tatanan organisasi, bagan, pembagian kerja dan hierarki yang terdapat pada sebuah lembaga yang penting untuk bertanggung jawab seperti contohnya pemerintahan, rumah sakit, sekolah, militer dan lain-lain. Ketika struktur menjadi masalah, maka akan mempengaruhi karakterisktik lainnya. Dalam birokrasi identitas kepentingan negara dan identitas tujuan menjadi sangat dominan. Karena begitu pentingnya identitas birokrasi dengan segala karakteristik dan ciri khas didalamnya, birokrasi wajib mendapat perhatian baik secara konseptual teoritik dan empirik. Mungkin saja birokrasi bukan saja sebagai organisasi modren tetapi menjadi birokrasi sebagai organisasi yang buruk dalam menghantarkan pelayanan publik dan perlu gagasan perubahan dalamnya contohnya dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarananya.

            Dalam beberapa tahun belakangan teknologi semakin gencar dalam perkembanganya seperti Internet of Things (IoT) sebuah konsep yang menempatkan objek dengan kemampuan tertentu untuk mentranmisikan data lewat jaringan tanpa bantuan manusia atau perangkat komputer contohnya sistem tilang elektronik, lampu rambu lalu lintas dan lain-lain, lalu kecerdasan buatan seperti AI (Artificial Intelligence) yang memudahkan seseorang melakukan pencarian data dan mempermudah kehidupan sehari hari. Secara keseluruhan dengan perkembangan teknologi ini mengubah cara bekerja, berkomunikasi, berbisnis maupun dalam birokrasi. Yang dalam hal ini melalui pemanfaatan teknologi tingkat tinggi, pertumbuhan dalam hal apapun akan meningkatkan efesiensinya.

            Berkaitan birokrasi dan teknologi yang terjadi sumatera barat terjadinya reformasi birokrasi dan pemanfaatan teknologi seperti program smart city yang terdiri dari 6 pilar yaitu smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environtment sebagai perwujudan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi. Di Kota Padang tersebar lebih dari 450 tower telekomunikasi seluler dari berbagai tipe dengan 17 provider dari berbagai produk dengan adanya fasilitas ini akan mempersempit blank spot area sehingga memperkecil masalah terhadap kendala dalam berkomunikasi melalui handphone ataupun alat elektronik lainnya. Dibidang birokrasi pelayanan publik di Kota Padang telah diberlakukan pemanfaatan e-Kelurahan berbasis android untuk memudahkan lapisan masyarakat untuk mendapatkan layanan dasar secara online. Dan banyak lagi program program pemerintah kota padang dalam memanfaatkan teknologi dalam birokrasi.

            Dalam hal ini terdapat pertanyaan apakah birokrasi dapat berjalan dengan memanfaatkan teknologi yang ada ? Kota Padang memiliki potensi besar untuk memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan efektivitas dan efesiensi birokrasi seperti pelayanan online (e-Kelurahan) sebagai keperluan pengurusan izin, pembayaran oajak, dan pelayanan publik, dan dapat meningkatkan aksesibilitas dan kemudahan bagi masyarakat dan mengurangi antrian panjang dan mempercepat proses pelayanan, meskipun terdapat potensi yang besar dalam hal ini juga terdapat hambatan yang menurut saya perlu untuk diatasi seperti keterbatasan akses yang tidak semua masyarakat memiliki akses internet dan perangkat elektronik yang memadai berdasarkan data 4,26 % tingkat kemiskinan di Kota Padang. Dan tidak semua masyarakat memiliki kemampuan menggunakan teknologi secara efektif seperti orang tua, lalu biaya implementasi yang dibutuhkan tidak sedikit, memang saat sekarang ini handphone sudah menjadi barang wajib saat sekarang ini bahkan orang miskin pun sudah bisa membeli barang tersebut tetapi bagaimana dengan biaya lainnya seperti internet, masyarakat kalangan bawah akan kesusahan dalam mengaskes internet. Dan dalam mengatasi permasalahan ini perlu perhatian khusus agar Kota Padang dapat berkembang seperti diberikan pendidikan dan bantuan serta perubahan mindset dan budaya kerja birokrasi untuk beradaptasi dengan pengunaan teknologi itu sendiri.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS