Ticker

6/recent/ticker-posts

TOKOH-TOKOH UNIK DALAM KELUARGA FORGER PADA MANGA SPY X FAMILY

 



Oleh: Wahyu Surya Purnama
(Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas)

 

Manga Spy x Family merupakan salah satu manga jepang yang populer dikalangan para penikmat karya jejepangan hingga akhirnya dapat diadaptasi di Netflix 9 April 2022 lalu.

Manga yang memiliki genre komedi dan aksi ini memiliki cerita yang unik untuk dibaca. Terutama dalam manga ini menceritakan sebuah keluarga yang bernama keluarga forger. Dalam keluarga ini terdapat hal yang unik dimana adanya mata-mata, pembunuh bayaran, bahkan seorang anak yang dapat membaca pikiran orang lain didalam keluarga tersebut.

Dengan tokoh-tokoh keluarga forger yang unik seperti telah disampaikan di atas, sepertinya akan seru untuk dibahas karena tokoh-tokoh keluarga forger ini memiliki sisi lain dari diri mereka yang mereka rahasiakan selain menjadi seorang ayah, ibu, dan seorang anak. Dengan mengenal tokoh-tokoh dalam keluarga pada manga Spy x Family ini juga akan membuat kita tahu bagaimana setiap tokoh mempertahankan setiap tokoh lainnya meski harus mempertaruhkan hidup mereka. Berikut merupakan profil mengenai tokoh-tokoh keluarga forger dalam manga Spy x Family.

 

1.     LOID FORGER

 


 Loid Forger dulunya seorang anak yang telah ditinggalkan orang tuanya dan sendirian hidup di tengah peperangan. Disaat itu dia mulai menjadi mata-mata dan bekerja untuk negaranya dengan nama sandi “Twilight”.

Singkat cerita disaat Loid mendapatkan misi untuk membembuat sebuah keluarga dan telah menjadikan Anya sebagai anak angkatnya, disinilah momen pertama kali yang menceritakan Loid harus mempertaruhkan identitasnya sebagai mata-mata karena Loid harus menyelamatkan anak angkatnya yaitu Anya. Disaat Loid pulang kerumah setelah berbelanja, dia tidak dapat menemukan Anya. Ternyata setelah diselidiki lagi, Anya telah di tangkap oleh organisasi musuh. Pada saat itu Loid berpikir apakah dia harus mempertahankan dan menyelamatkan Anya dan mempertaruhkan identitasnya sebagai mata-mata. Namun pada akhirnya Loid tetap memilih untuk menyelamatkan Anya meski mempertaruhkan identitasnya karena dirinya peduli dengan Anya dan tidak ingin ada anak-anak manapun dalam bahaya.

 

 

 

2.     ANYA FORGER

 

Anya merupakan anak angkat dari Loid Forger dan Yor Briar. Namun tanpa mereka berdua sadari, ternyata Anya merupakan seorang anak yang bisa membaca pikiran orang lain. Anya yang saat itu tidak ingin diketahui kemampuannya oleh orang lain termasuk orang tuanya, mencoba merahasiakan kemampuannya dengan terus berakting seperti anak yang normal. Anya merahasikan kemampuannya agar dia tidak kembali ke organisasi tak dikenal yang telah membuat hidupnya terus dipaksa agar dapat memaksimalkan pengguanaan kemampuannya.

Meski Anya merahasiakan kemampuannya tersebut, dia tetap ingin mempertahankan keluarga yang di milikinya sekarang. Bahkan dengan kemampuan yang dia miliki, Anya terus membuat keadaan yang membuat keluarganya tetap harmonis bahkan meski itu dapat mempertaruhkan identitasnya juga. Ada suatu saat dimana ibunya yang seorang pembunuh bayaran sedang bertarung dengan penjahat di sebuah pusat perbelanjaan sambil dikelilingi orang banyak, Anya pun langsung menganggap wanita yang sebenarnya itu ibuny sedang bermain sirkus agar ibunya lebih leluasa bertarung dan tidak bertemu dengan ayahnya yang seorang mata-mata. ini salah satu bentuk tindakan Anya dalam mempertahankan keluarganya saat ini.

 

 


 

3.     YOR BRIAR


Yor Briar merupakan ibu angkat Anya dan istri dari Loid, namun meski begitu, Yor  memiliki sisi lain sebagai pembunuh bayaran rahasia dan selalu berhasil membunuh musuhnya. Meskipun Yor merupakan seorang pembunuh bayaran, namun dia tetap baik kepada Loid dan Anya hingga dia benar-benar mencintai dan ingin mempertahankan keluarga tersebut karena dengan Loid dan Anya lah dia merasa nyaman

 Pada suatu kejadian dimana Yor bertarung dengan para penjahat yang ingin membunuhnya dia teringat dengan keluarganya yang menunggunya, sehingga meski dia mempertaruhkan nyawanya di hadapan musuhnya, dia ingin pulang dan bertemu lagi dengan keluarga yang dia sayangi. Bagi Yor keluarga merupakan tempat dimana dia ingin pulang dan melepaskan rasa penat setelah dia bekerja, dia ingin bertemu dengan Anya dan Loid karena baginya, merekalah tempat dirinya merasa nyaman,dia yang ingin terus mendapatkan pujian dari Loid dan Anya akan terus menyambutnya dirumah.

Dari sini dapat dilihat bahwa setiap tokoh-tokoh keluarga forger memiliki sisi lain yang sangat tidak biasa pada kehidupan manusia pada umumnya, seperti mata-mata, pembunuh bayaran, dan seorang yang dapat membaca pikiran orang lain. Namun meski begitu, mereka masih dapat berusaha menjaga keluarganya bahkan meski mengancam nyawa mereka, baik itu dengan bertarung dengan orang-orang jahat, atau pun berusaha menghindar dari kejaran orang-orang yang ingin menyakiti mereka Hal ini lah yang dapat dijadikan poin menarik dari manga jepang satu ini.

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS