Ticker

6/recent/ticker-posts

Sistem Politik dan Demokrasi: Menggali Tantangan Akan Masa Depan

 

Oleh : Muhammad Zidan ilmu politik mahasiswa universitas Andalas Padang 


Indonesia setelah proklamasi kemerdekaannya pada tahun 1945 akan memasuki usia seratus tahun atau seabad pada tahun 2045 nanti. Dan ketika sampai pada usia tersebut, kita semua sangat berharap bahwa Indonesia akan mencapai situasi idealnya dalam berbagai bidang kehidupan, seperti dalam tatanan-tatanan demokrasi. Perjalanan sebuah sejarah demokrasi di Indonesia sangat penuh semangat dan juga tenaga. Indonesia sudah mengalami berbagai rangkaian panjang dari gelombang pasang surut demokrasi sejak awal kemerdekaan Indonesia tahun 1945 hingga saat sekarang ini.

Sistem demokrasi di negara Indonesia sangat sering disanding-sandingkan dengan sistem demokrasi yang ada di negara-negara Barat sana, terutama Amerika Serikat, yang dianggap memiliki sistem demokrasi yang baik. Namun, pandangan ini tidak selalu menggambarkan realitas yang terjadi di kedua negara tersebut. Hanya 10% dari warga Amerika yang merasa demokrasi berjalan sangat baik atau dengan baik, sementara 52% lainnya merasa tidak puas dengan sistem demokrasi yang ada di sana.

Sistem politik dan demokrasi di Indonesia akan mengalami perubahan seiring dengan berkembangnya model pemerintahan yang ada. Namun, saat ini Indonesia masih sering mengalami kesulitan dalam membangun proses, dan budaya demokrasi, terutama dalam hal pengelolaan dana pada partai politik dan kepatuhan terhadap aturan berlalu lintas. Selain itu, masyarakat di Indonesia juga perlu untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hak politik dan menghargai hak politik orang lain, serta membangun mekanisme pengambilan keputusan yang demokratis.

Untuk memperkuat dan memajukan sistem demokrasi di Indonesia, sangat diperlukan edukasi dan kesadaran akan pentingnya pancasila dan etika berlalu lintas, serta pengawasan melalui survei survei yang dalam dilakukan oleh anggota pemerintahan dan sanksi yang tegas. Selain itu, pemerintah harus selalu meningkatkan kualitas jalan raya dan fasilitas yang ada, serta memberi dorongan kepada masyarakat untuk menggunakan helm dan menghormati aturan lalu lintas yang sudah ditetapkan. Dan pada tahun 2024, tiga negara besar penganut sistem pemerintahan demokrasi akan menyelenggarakan pemilihan umum, yaitu Amerika Serikat, India, dan Indonesia.

Sistem politik di Indonesia dihadapkan oleh beberapa tantangan, seperti korupsi, ketidaksetaraan pada wilayah-wilayah tertentu, penggunaan hak politik sebagai alat, budaya politik yang masih mengalami pro dan kontra, kesulitan dalam pengambilan keputusan, dan pengelolaan dana para partai politik. Untuk mengatasi tantangan-tantangan masa depan, diperlukan partisipasi aktif dari masyrakat-masyarakat dalam penyelenggaraan sistem politik yang ada, dan sangat diharapkan dapat menghasilkan kontrol terhadap pengambilan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah. Perubahan dalam politik yang terus berkelanjutan dan penguatan pada lembaga-lembaga demokrasi juga dapat menjadi kunci penting untuk mewujudkan tatanan politik yang semakin baik di masa depan.

Maka dari itu, penting bagi kita semua untuk memberikan kesadaran kepada diri sendiri akan pentingnya sistem politik dan demokrasi untuk keberlangsungan hidup bangsa dan juga kita sebagai sesama masyarakat harus terus untuk mendorong keterlibatan warga dalam berbagai hal dalam politik, mengatasi tantangan-tantangan dari hal tersebut, dan menyesuaikan mekanisme demokrasi dengan perkembangan zaman guna memastikan keberlanjutan dan keseimbangan dalam pemerintahan negara.


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS