Ticker

6/recent/ticker-posts

Apa Itu Dinasti Politik?

 


Oleh: Indri Yani mahasiswa universitas Andalas Padang 

Sebelumnya, politik dinasti merupakan kekuasaan politik yang dijalankan sekelompok orang yang masih berkaitan dalam hubungan keluarga.

Dinasti politik adalah sistem yang menciptakan atau mengembangkan kekuasaan dengan mengandalkan hubungan kekerabatan dan bertentangan dengan demokrasi karena membatasi ruang lingkup demokrasi yang seharusnya membuka peluang berpolitik seluas-luasnya. Dalam hal ini, kerabat dekat atau anggota keluarga dijadikan sebagai faktor pendukung terciptanya suatu kekuasaan yang kuat dan bertahan lama. Fenomena tersebut telah ada sejak zaman kerajaan yang tumbuh dan berkembang di Indonesia.


Dinasti politik dapat meningkatkan risiko korupsi, nepotisme, dan penyalahgunaan kekuasaan. Sistem yang bekerja dengan mengutamakan hubungan pribadi dan loyalitas daripada aturan formal dan transparansi akhirnya rentan terhadap praktik korupsi dan dapat menyebabkan penyalahgunaan kekuasaan. Penelitian membuktikan bahwa semakin meningkatnya dinasti politik yang terjadi, maka semakin buruk akibatnya pada pertumbuhan ekonomi bahkan bisa menyebabkan kemiskinan yang parah di suatu daerah.

Faktor yang menyebabkan terjadinya dinasti politik mengutip dari Mkri.id adalah
munculnya keinginan dalam diri atau suatu keluarga untuk memegang kekuasaan,  muncul kelompok terorganisir karena kesepakatan dan kebersamaan dalam kelompok sehingga terbentuklah penguasa dan pengikut kelompok, munculnya kolaborasi antara penguasa dan pengusaha yang menggabungkan kekuatan modal dengan kekuatan politisi, dan terdapat pembagian tugas antara kekuasaan politik dengan kekuasaan modal sehingga mampu menumbuhkan korupsi.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS