Ticker

6/recent/ticker-posts

Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat

 




Mahasiswa diharapkan dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap negara. Mahasiswa dipandang sebagai orang yang mampu berpikir kritis dalam menghadapi masalah. 


Peran mahasiswa untuk pemerintah diharapkan dapat menjadi orang yang dapat melihat kebijakan pemerintah yang kurang tepat. Mahasiswa diharapkan dapat memberikan pengaruh besar dalam berjalannya proses pemerintahan yang kurang tepat

Masyarakat menganggap mahasiswa sebagai orang yang berpendidikan dan mempunyai pengetahuan yang baik. 

Mahasiswa sebagai orang yang paham akan politik sebaiknya harus dapat memberikan peran penting dalam pemilu 2024 nantinya.

Mahasiswa sebaiknya dapat melakukan suatu tindakan dalam lingkungan masyarakat agar mereka memiliki minat yang tinggi untuk berpartisipasi dalam pemilu, dan dapat mencegah golput. 

Tantangan lain menjelang pemilu yaitu politik uang. Banyak masyarakat yang akan tergiur untuk mendapatkan imbalan atas suara yang harus di coblos.



Mahasiswa diharapkan dapat melakukan suatu tindakan untuk menciptakan pemilu yang bersih dan bebas sesuai asas pemilu yaitu Luber " Langsung, Umum, Bersih, dan Rahasia dan asas Jurdil " Jujur dan Adil ".

Mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai hal yang harus dilakukan serta dilarang dalam proses pemilu. 


Mahasiswa dapat memberikan pemahaman tersebut lewat media sosial atau pendidikan politik bagi masyarakat agar dapat memahami dengan benar proses yang semestinya.


Hal tersebut mestinya dapat meningkatkan partisipasi masyarakat sehingga tidak salah dalam memilih calon pemimpin untuk masa depan yang lebih bai, karena satu suara menentukan masa depan suatu bangsa. 


Mahasiswa diharapkan dapat meyakinkan masyarakat untuk memilih calon pemimpin yang lebih baik demi Indonesia emas nantinya.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS