Ticker

6/recent/ticker-posts

Kebijakan pemerintah dalam menangani lambatnya pembangunan jalan trans mentawai

 






Penulis: anil kareal (mahasiswa aktif ilmu politik fakultas ilmu social Dan ilmu politik universitas andalas)

Seperti yang kita ketahui pembangunan jalan trans mentatwai sudah menjadi program unggulan pemkab kepulauan mentwai sejak tahun 2012. Namun hingga saat ini pembangunanya belum rampung karena anggaran yang tersedia belum mencukupi

diketahui, Jalan Trans Mentawai merupakan program lanjutan dari pembangunan yang sudah ada sebelumnya. Jalan ini juga telah ditetapkan sebagai jalan nasional sejak tahun 2014 lalu.
Mangkraknya pembangunan jalan Trans Mentawai kembali menjadi sorotan usai Pj Bupati Mentawai Fernando J Simanjuntak mengungkap tekadnya untuk membawa Mentawai keluar dari status 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Dirinya menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur, kesehatan, dan peningkatan SDM melalui pendidikan adalah senjata utama yang akan digunakan oleh Mentawai untuk keluar dari status 3T.'Infrastuktur kesehatan dan pendidikan adalah senjata utama yang akan membantu kita keluar dari kondisi 3T, terutama T yang tertinggal,''Ucap Fernando saat Press Conference bersama awak media pada 4 Juli 2023.

"Pembangunan infrastruktur berkelanjutan seperti jalan Trans Mentawai, pembangunan jembatan, peningkatan SDM melalui pembangunan sekolah, pemberian beasiswa, dan pembangunan sarana kesehatan merupakan langkah-langkah untuk mempercepat peningkatan dari status 3T," imbuhnya.
Fernando juga menganggap bahwa sejumlah rencana pembangunan tersebut adalah investasi jangka panjang yang akan membawa perubahan positif untuk masa depan yang lebih baik di Mentawai.

Proyek pembangunan infrastruktur jalan dalam program TransMentawai , mendapat perhatian serius dari Pj Bupati Mentawai Fernando J simanjuntak. Fernando kembali turun ke beberapa lokasi guna melihat secara langsung proses pengerjaan, Kamis (22/06/2022). Salah satu yang ditinjau oleh Pj Bupati  bersama rombongan kali ini adalah, Jalan Siberut Utara yang saat ini sedang dalam pengerjaan. Pj.Bupati mengatakan di awal kunjungannya di Kecamatan Siberut Utara melihat secara langsung proses pembangunan poros jalan di Monganpoula sampai Desa Sotboyak, yang menurut pengerjaan nya cukup baik dan sesuai harapan.


"Pembangunan ini cukup baik sudah jalan 60 hari kerja dari dari 270 hari kerja yang di kontrak dengan progress sudah 40 persen ini cukup luar biasa, dan pola pengerjaan struktur jalan cukup baik dan sesuai dengan yang di harapkan.’’Terang Pj Bupati Ia juga menghimbau kepada Dinas Pekerjaan Umum untuk selalu memantau kontraktor agar pengerjaan jalan sesuai target dan sesuai kontrak kerja. Maka dengan pembangunan jalan, masyarakat akan bisa mengangkut hasil pertaniannya dengan lancar.


Fernando juga mengimbuhkan akses jalan ini dapat menjadi salah satu jalur penghubung sentral perekonomian untuk masyarakat Mentawai. Karena menurut dia Mentawai memiliki Potensi lahan sangat luas yang potensial untuk dikembangkan menjadi Kawasan perkebunan.Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Asmen Simanjorang menyampaikan ucapan terimakasih atas peninjauan ini oleh Pj.Bupati dan akan berusaha semaksimal mungkin supaya pengerjaan jalan ini selesai tepat waktu sesuai kontrak kerja.'

Pembangunan jalan trans mentawai ini khususnya di siberut utara desa mongan poula sudah mulai berjalan 40% dimulai sejak tahun 2022 hingga saat ini. Masyarakat khususnya desa mongan poula dan setboyak selalu berpatisipasi dalam pembangunan ini dan ikut serta dalam menjaga keamanan para pekerja yang melakukan pekerjaan tersebut. Namun ada beberapa desa seperti sikbaluan yang mempuyai lahan dimana jalan tersebut dibangun mempermasalahkan makanya para pekerja tersebut tidak bisah menjalankan pembangunan tersebut , lahan tersebut harus dibayar karna itu hak milik mereka padahal itu jalan untuk kita sendiri belum lagi biaya untuk melanjutkan pembangunan masih kurang.

Pemerintah harus mengambil kebijakan yang tegas seperti melakukan pengawasan bagi pekerja tersebut dan menambah biaya untuk pembangunan tersebut , soalnya kendala bagi pekerja tersebut yaitu biaya , pemerintah juga harus dapat mengalokasikan dana APBN sumatera barat pada pembangunan jalan trans mentawai ini , soalnya masyarakat setempat sudah menunggu kapan selesainya pembangunan tersebut. Meskipun sudah beberapa jalan selesai dan masih banyak pembangunan yang belum selesai seperti jembatan, pengecoran jalan dan masih banyak lainnya.

Pembangunan jalan trans mentawai ini salah satu program yang di sukai banyak masyarakat,, banyak jalan yang sudah tidak layak untuk di lewati yang harus semestiya di renovasi dan, banyak jalan yang sudah tidak ada semenya tinggal tanahnya lagi apalagi pas hujan kita kasihan pada anak sekolah dan masyarakat pergi pulang balik bajunya sampai kotor dan itu telah menghambat aktivitas masyarakat yang tidak semestinya terjadi, maka dari itu pemerintah setempat harus segera menyelesaikan pembangunan tersebut untuk kenyamanan masyarakat dalam beraktivitas

Pemerintah juga harus sering survey dan  ikut  serta dalam menjalankan pembangunan ini biar para pekerja tersebut melakukan pekerjaannya dengan serius , kebanyakan para pekerja tersebut kebanyakan istirahat misalnya mereka bekerja 2 kali dalam seminggu makanya pembangunan tersebut lambat selesainya dan point penting dalam menangani permasalahan tersebut yaitu biaya, pemerintah harus mengalokasikan dana lebih pada pembangunan tersebut

 

Solusinya dalam menangani lambatnya pembangunan jalan trans mentawai ini : pemerintah harus meningkatkan alokasi dana anggaran untuk perbaikan jalan ini, pemerintah dapat menjalin kerja sama dengan perusahaan dan lembaga keuangan, peningkatan kualitas sumber daya manusia , masyarakat setempat harus terlibat aktif dalam proses melanjutkan perbaikan jalan, dan yang terakhir adalah pengembangan teknologi karna ini point penting untuk mempercepat dan mempermudah proses perbaikan jalan

 

 

 

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS