Ticker

6/recent/ticker-posts

WISATA PEMANDIAN SARINGAN BATU BUSUK, KOTA PADANG

 




Oleh: Ranika Ralnandes

Jurusan sastra daerah Minangkabau, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas



Wisata pemandian Saringan Batu busuk memiliki begitu banyak daya tarik. Disini akan dijelaskan beberapa daya tarik dari pemandian saringan ini berdasarkan penilaian saya terhadap bagaimana pengelolaan objek ini. 


Yang pertama, Saringan ini terkenal akan air nya yang jernih nan berwarna biru menawan. Tak dapat dipungkiri lagi bahwa pemandian ini jauh dari kata kotor, mengingat asal airnya dari bukit, sudah dipastikan airnya jernih. Juga mengingat kedalaman pemandian ini membuat airnya yang jernih ini menjadi biru jernih. Tak akan terdengar kata jijik ataupun kotor dari pemandian ini, ini menjadi ciri khas tersendiri untuk setiap pemandian yang airnya berasal langsung dari mata air atau perbukitan. Dilihat dari bagaimana pemandian ini dikelola, sudah selayaknya di acungi jempol karena keasrian serta kebersihan pemandian ini selalu dijaga, karena beberapa dari suatu organisasi atau kelompok masyarakat yang bersedia untuk menjaga keasriannya dengan berbagai cara, seperti selalu gotongroyong, membiasakan untuk membuang sampah pada tempatnya, dan kegiatan lainnya yang tetap dapat menjaga kejernihan pemandian ini.

 

Daya tarik yang kedua yaitu, hawa sejuk yang di hasilkan oleh pemandian ini. Sedikit mustahil jika dikatakan sebuah tempat pemandian yang berada di perbukitan tak sejuk apalagi dingin. Tapi disini dikatakan hawa sejuk, tentu saja karena hawa sejuknya yang menenangkan jiwa. Jika pergi wisata kesini jarang-jarang akan kepanasan, kecuali kita pergi kesana dengan jalan kaki berkilo-kilo sudah dipastikan akan kepanasan. Hawa sejuk ini juga menjadi ciri khas tersendiri untuk wisata pemandian ini, menyediakan tempat teduh nan sejuk bisa menjadi objek healing untuk pelepas penat. Lagi-lagi pengelolaan pemandian ini tak dapat diragukan, jika dilihat dari hawa sejuk nya sudah dipastikan tempat ini rimbun akan pepohonan. Tentu saja, karena ini sebuah perbukitan, kecuali perbukitan nya gersang sudah jelas tak akan ada sejuknya. Nah, kita lihat dari bagaimana para masyarakat tetap menjaga keasrian tempat ini. Mereka bukan tipikal yang ringan tangan, yang dengan mudahnya menebang semua pohon hingga membuat perbukitan menjadi gersang. 


Kita lanjut ke daya tarik yang ketiga yaitu, kedalaman air yang dapat menguji adrenalin para pengunjung. Wah, yang ini sudah dipastikan menjadi incaran para umat yang suka akan sebuah tantangan ataupun rintangan. Wisata pemandian Saringan ini terkenal akan kedalaman airnya serta kederasan airnya yang cukup membuat diri merasa tertantang. Biasanya orang-orang yang berwisata di pemandian ini memesan pelampung. Tapi, pelampung yang disediakan disini tak seperti pelampung pada umumnya. Masyarakat sekitar biasanya menyewakan ban dalam motor untuk dijadikan pelampung. Nahh, untuk kalian yang tidak jago renang bisa nihh gunain pelampung jika kepengen banget berwisata kesini. Berkat jasa sewa pelampung ini, beberapa wisatawan yang tak bisa berenang masih bisa dapat merasakan berwisata dan berenang di pemandian saringan ini. 


Berlanjut ke daya tarik yang keempat yaitu, pemandian saringan ini menyuguhkan view pemandangan menakjubkan dari berbagai pepohonan serta hutan yang berada di bawah pemandian ini. Ini juga cukup dapat menguji adrenalin, mengingat perjalanan yang kita tempuh untuk sampai keatas sedikit menakutkan karena sisi kanan kiri disuguhi jurang tinggi yang siap menenggelamkan manusia yang tak berhati-hati. Tapi ini tak dapat dianggap sebagai nilai minusnya, justru setelah kita berhasil mencapai atas kita tak akan merasa rugi seumur hidup karena dapat memandangi pemandangan yang sangat indah itu dari atas. Bagaimana mungkin merasa rugi, karena di satu tempat kita bisa melihat berbagai macam keindahan ciptaan Tuhan yang ada disana. Contohnya saja seperti aliran air sungai, hutan yang dipenuhi pepohonan, serta beberapa pohon yang menghasilkan berbagai bunga yang dapat memanjakan mata. 


Daya tarik yang kelima dilihat dari bentuk tempat wisata itu sendiri. Wisata saringan ini merupakan peninggalan masa penjajahan Belanda dulu, makanya tak heran lagi melihat berbagai macam keunikan serta keantikan nuansa tempat ini. Dilihat dari posisi jembatan nya yang cukup curam, kedalaman air yang cukup tinggi, terowongan yang khas peninggalan masa-masa lalu. Semuanya tak jauh-jauh dari menguji adrenalin pengunjungnya. Dilihat dari posisi jembatan nya yang tak disediakan penyangga atau pagar, yang jika dilihat-lihat di segala sisi jembatan ini sangatlah curam dan berbahaya. Juga kedalaman air yang dapat menenggelamkan siapapun yang tak berhati-hati. Apalagi suasana terowongan yang apabila dilalui akan terasa vibes horornya, bagaimana tidak, terowongan ini cukup gelap dan dipenuhi hewan-hewan nokturnal yang menjadi vibes penguat untuk suasana horornya. Untung saja para pemuda yang berada di dalam suatu organisasi untuk pengembangan berbagai wisata di daerah ini tak bersikap bodoamat, mengingat tempat ini tak pernah ada kerusakan yang dapat mengganggu jalannya proses wisata. 


Untuk daya tarik yang keenam yaitu, perjalanan menuju tempat wisata ini cukup dapat memikat minat para manusia yang hobi berexplore. Bagaimana tidak? Perjalanan menuju tempat ini saja sudah dikelilingi oleh jalanan bertanjak, juga disepanjang perjalanan kita sudah disuguhi oleh berbagai macam pepohonan juga semak-semak khas perbukitan. Yang hobi menjelajah ini merupakan tempat yang tepat untuk kalian jajahi. Walaupun perjalanan menuju tempat wisata ini perlu usaha yang dapat membuat kelelahan, tapi tak dapat dipungkiri berkat para masyarakat yang bersedia membuat jalur transpor sehingga dapat mempermudah para wisatawan apalagi penduduk untuk melewatinya menggunakan kendaraan bermotor. 


Daya tarik yang terakhir yaitu, biaya masuk yang menyesuaikan isi kantong para anak muda. Biaya masuknya terbilang cukup murah, hanya dengan uang 2000an kamu sudah bisa sepuasnya berwisata disana. Mengingat untuk memasuki tempat ini memerlukan biaya, bukan berarti tempat wisata ini disalahgunakan oleh para pemuda ataupun penduduk setempat. Mereka yang biasa menjadi tempat transaksi untuk dapat memasuki tempat ini biasanya akan mengembalikan uang ini kepada kepala organisasi kepemudaan, dengan niat uang itu nantinya digunakan untuk mengelola lebih lanjut suatu tempat wisata. Apabila ada kerusakan ataupun ada hal yang perlu di kembangkan maka dari biaya itulah nantinya digunakan untuk membantu berjalannya kewirausahaan pariwisata itu.


Rencana pengembangan untuk wisata ini yang akan dilakukan yaitu dengan melakukan peningkatan agro ekowisata melalui pentahelix, contohnya saja melalui berbagai media sosial, seperti instagram, tiktok, Facebook, dan lainnya. Dengan begitu suatu tempat wisata akan semakin dikenal oleh khalayak ramai. Pengembangan untuk pariwisata ini perlu dilakukan agar kelestarian suatu objek wisata yang sudah ada berpuluh tahun ini tetap terjaga keberadaannya. Juga sangat dibutuhkan minat para kaum muda akan peninggalan bersejarah ini. 


Kelestarian suatu tempat wisata akan tetap terjaga jika saja kaum muda masih punya keinginan dan kehendak untuk menjaga dan melestarikannya. Disinilah sangat dibutuhkan kesadaran para kaum muda, demi terjaganya segala peninggalan sejarah yang kejadiannya tak dapat dilalui tapi bukti nya dapat dilihat. 


Jika dilihat dari bagaimana cara pengembangan untuk produk baru pada pariwisata ini bisa dilihat dari bagaimana penduduk mengembangkan keahlian mereka dalam membuat suatu produk yang dapat mengikat minat para pengunjung. Jika diingat-ingat, suatu tempat wisata pastilah identik dengan makanan, maka pengembangan yang perlu dikembangkan pada produk yang ada disini bisa dilakukan pada pengembangan konsumsi yang akan menarik minat konsumen. Karena tempat wisata ini merupakan suatu objek yang terbilang lampau, maka masyarakat dapat menarik minat selera pengunjung dengan menyediakan berbagai macam makanan tradisional khas daerah setempat. Atau bisa juga dengan pembangunan suatu tempat yang lebih dapat menarik minat pengunjung. Masyarakat juga dapat merencanakan pembangunan suatu penginapan untuk para wisatawan yang ingin menginap di tempat wisata itu, dengan begini suatu tempat wisata akan semakin terlihat menarik untuk para khalayak. 


Tempat wisata ini memiliki begitu banyak keunikan yang dapat menarik perhatian pengunjung. Dilihat dari pemandangan yang disuguhi alam, yang mana ada begitu banyak tumbuhan serta pepohonan nan subur yang dapat mengademkan mata, juga perairan dari pemandian itu, serta aliran air sungai yang terdapat di bawah pemandian. Apalagi bangunannya yang tak ada sedikitpun luntur akan kenangan masa penjajahan masa Belanda dulu, karena tak ada sedikitpun perubahan yang dapat membuat tempat wisata ini berbeda dari bentuk aslinya. Bangunan kuno yang dapat menjajakan mata, juga bangunan ini menjadi ciri khas tersendiri untuk wisata ini. Tak dapat dipungkiri bangunan kuno ini menjadi daya pikat tersendiri untuk para wisatawan sang penyuka sejarah. Terlebih lagi keunikan tempat pemandian ini yang sebagian berada di atas awang-awang, yang dibawahnya disugi jurang nan tinggi, juga sebagian berada di dalam tanah pada rentang jarak yang cukup jauh. Tempat wisata ini bisa dikategorikan sebagai tempat wisata terekstrim mungkin, bagaimana tidak? Mendengar posisi tempatnya saja sudah bisa bikin bulu kuduk merinding. Tapi, jangan jadikan ini alasan untuk tempat wisata ini tak layak untuk dikunjungi. Karena keekstrimannya itulah menjadi salah satu daya tarik dari pemandian ini. 


Strategi yang dapat dilakukan untuk menarik minat khalayak ramai akan tempat wisata pemandian saringan ini dengan memanfaatkan berbagai jejaring sosial, juga berbagai koneksi pertemanan yang dapat menyebar luas dengan cepat. Juga melakukan berbagai promosi untuk tempat wisata ini agar para khalayak dapat tertarik untuk mendatangi tempat wisata ini. Dengan memperlihatkan berbagai keunikan, dan keindahan tempat wisata ini juga dapat menarik minat khalayak, sehingga sangat dibutuhkan jejaring sosial disini, agar bukti nyatanya dapat terlihat langsung oleh para khalayak. 


Jika diamati lagi usaha wisata pemandian saringan ini juga memberikan begitu banyak keuntungan baik bagi pengelola ataupun masyarakat setempat. Keuntungan ini terkadang berdasarkan seberapa banyak wisatawan yang berdatangan, semakin banyak wisatawan yang berdatangan, kemungkinan besar keuntungan yang diperoleh juga akan semakin besar. Dari keuntungan itu sang pengelola dapat mengambil omset uang masuk pariwisata, sedangkan masyarakat semakin terbantu karena dapat berjualan disana dan membantu dagangannya dapat laris oleh para pengunjung. Dengan membuka kedai-kedai kecil disekitaran sana dapat meningkatkan perekonomian para penduduk setempat. Dan keuntungan lainnya yang bisa mereka dapat, dilakukan dengan menawarkan jasa sebagai pemandu wisata untuk para wisatawan yang masih belum kenal jelas akan daerah sana. Maka dari usaha kepariwisataan ini ada begitu banyak pihak yang dapat diuntungkan, tempat wisata yang semakin dikenal, dan keasriannya dapat dijaga, juga penduduk dan pengelola yang mendapatkan keuntungan dari usaha pariwisata ini. 


Sebelum ini yang dijelaskan baru seputar keuntungan para penduduk setempat serta si pengelola tempat wisata. Tapi siapa sangka keuntungan untuk para pengunjung ataupun wisatawan bisa lebih banyak lagi. Dengan kedatangan mereka ke tempat wisata bersejarah ini dapat memberikan mereka ilmu baru, sehingga wawasan mereka semakin bertambah. Juga berkat keindahan alamnya, dapat memberikan ketenangan tersendiri untuk jiwa sang pengunjung, rasa ketenangan inilah yang menjadi obat batin bagi mereka yang keseharian nya berada di ambang masalah seketika mereda berkat tempat indah, nyaman, nan tenang ini. Tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat pelepas penat, baik penat secara fisik maupun batin. Juga tak jauh-jauh bisa dijadikan sebagai tempat untuk berkarya, teruntuk yang hobi mengarang, melukis ataupun menggambar, akan sangat senang dengan tempat ini, tentu saja karena tempat indah nan tenang ini akan bisa meningkatkan konsentrasi serta kreativitas mereka. 


Untuk saat ini keberlanjutan untuk pengembangan tempat wisata ini baru direncanakan untuk pembangunan glamping untuk camp. Ini juga dapat menarik minat wisatawan yang ingin menginap di tempat wisata itu, tanpa takut akan menginap dimana jika pulang kelarutan. Dengan pembangunan camp ini para wisatawan akan semakin betah untuk berlama-lama berada disana, juga rasa keinginan untuk kembali lagi akan semakin besar karena rasa nyaman telah terasa di tempat yang sudah dilengkapi akan kebutuhan mereka.



Oleh: Ranika Ralnandes

Jurusan sastra daerah Minangkabau, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS