Ticker

6/recent/ticker-posts

Daya Tarik Wisata Di Pesisir Selatan

 



Oleh :Lezia Maharani Penulis merupakan mahasiswa jurusan sastra minangkabau universitas andalas



1. Pantai carocok

Wisata pantai carocok sangat menjadi daya tarik yang berlokasi di Ibu kota Kabupaten Pesisir selatan, wisata ini memiliki keindahan laut dan memiliki karang-karang dibawah jembatan kecil yang menghubungkan ke Batu Kareta dan ditambahi ikan kecil-kecil sehingga sangat menarik bagi para wisatawan yang sedang berjalan di atas jembatan.  Tidak hanya itu saja pantai carocok juga tempat naiknya kapal ke sebuah pulau pulau ini yang menjadikan daya tarik wisatawan untuk ke carocok langsung ke Pulau Cingkuang, di pulau ini memiliki benteng portugis pada masa Voc. Kawasan pulai ini merupakan cagar budaya. Beberapa peninggalan-peninggalan arkeologi yang terdapat di pulau ini yakni berupa sisa- sisa benteng dan adanya tembok pagar sebelah timur. Pulai ini uga menyimpan Kherkof makam dari bahan batu marmer yang ditulis dengan bahasa portugis dan sebuah lubang seperti sumuran. Selain itu ada berbagai macam wahana permainan yang bisa dinikmatu para wisatawan seperti banana boad, donat boad, jetsky, kareta api laut dan sebagainya. 

2. Air terjun bayang sani

Air terjun sangat menjadi daya tarik wisatawan karena adanya air yang terjun dari atas bukit, wisata ini berlokasi di Nagari Kota Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, air terjun ini memiliki 7 tingkatan, tetapi yang biasanya dikunjungi hanya tingkatan 3 selebihnya jarang dikunjungi. Pada tingkat pertama konon katanya pada masa penjajahan Belanda air terjun ini merupakan tempat mandi noni-noni dan mener-mener Belanda. Dulunya pada tahun 1980 air terjun ini pernah disebut sebagai “Sarasah Ikua Kudo” 

3. Taluak sikulo

Taluak sikulo merupakan tempat yang berlokasi di tarusan karena keindahan yang dimiliki tempat ini dijuluki banyak orang sebagai bali mini karena keindahannya seperti di kota bali tetapi ini terdapat di pesisir selatan, untuk kesini tidak ada akses yang baik untuk kendraan dapat mencapai lokasi ini, namun bisa memerlukan waktu sebentar jika menggunakan boat dan berangkat dari pantai batu kalang, perjalanan akan memakan waktu sekitar 20 menit. Untuk harga tiket masuk ke taluak sikulo ini gratis tetapi untuk naik boat bisa sampai 300 atau 500. Hal ini bisa menghemat pengunjung untuk melihat keindahan yang sama. Di sepanjang perjalanan lokasi ini terdapat suguhan pemandangan indah lainnya yang juga dapat menjadi spot foto terbaik, lokasi ini berbentuk kumpulan batu-batu dan pepohonan yang menahan arus ombak menjadi spor foto terbaik. Biasanya jika pengunjung untuk memilih foto terbaik ia akan berdiri di tengah bebatuan dan menjadikan laut sebagau latar belakang foto mereka 

4. Pulau setan

Pulau setan berlokasi di kawasan wisata mandeh, kecamatan koto XI Tarusan, kabuputen Pesisir Selatan. Keasrian pulau kecil berbukit diselimut tumbuhan hijau dengan pantai indah tersebut tetap terjaga. Sejarah pulau setan ini sangat dikaitkan dengan cerita legenda anak durhaka si Boko yang mirip dengan kisah malin kundang yang diceritakan si boko ini tidak mengakui ibu kandungnya karena perilaku yang sama seperti setan tetapi cerita dari versi lain juga menyebutkan tempat ini dulu dinamai pulau sultan karena tempat liburan favorit penguasa setempat dan lama kelamaan berubah nama menjadi pulau setan. Pulau ini dijuluki orang sebagai Raja Ampatnya Sumbar. 

5. Bukik langkisau

Bukit langkisau pasti kalian tahu bagaimana keindahan bukit langkisau ini, bukit yang terletak di painan tepatnya di jalan belakang pantai carocok, tempat ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dan memiliki destinasi setelah wisatawan berkunjung ke pantai carocok ini, keunikan dari tempat ini memiliki menadapati keindahan momen matahari terbit dan juga terbenam dengan adanya panorama yang indah tempat ini terhampar banyak pulau-pulau yang terletak diantara kota padang dan pantai carocok jika Anda berada di tepi bukit langkisau Anda akan melihat dibagian sebelah kanan yaitu berupa landscape perkotaan sedangkan jika pemandangan sebalah kiri berula pulau semanggi, pulau babi dan pulau-pulau lainnya yang berada di tengah lautan serta diapit oleh bukit barisan. Waktu yang tepat untuk kesini yaitu sekitaran jam 5 sore, karena pada saat itu matahari mulai terbenam dan menyuguhkan panorama yang mampu menyejukkan mata. Tidak hanya itu tempat ini juga terdapat berupa olahraga paralayang bukitnya yang memang sangatlah aman serta pemandangan yang begitu indah. Tempat ini sering dipilih sebagai lokasi diadakannya kompetisi paralayang. Kompetisi tersebut kompetisi internasional. Dan tempat ini juga terdapat tempat keramat konon katanya salah satu tempat yang berada di kawasan bukit berupa kuburan mampu mewujudkan keinginan bagi para peziarah yang datang. 

6. Wisata mandeh

Wisata mandeh seolah menyatakan bahwa keindahan wisata bahari bukan sekedar bali atau raja ampat saja tetapi wisata mandeh merupakan tempat yang paling terkenal dan favorit di pesisir selatan. Kawasan ini memiliki luas 18.000 ha, yang terdapat 3 nagari dan 7 desa. Panorama alamnya meliputi pantai, pulau hutan mangrove dan air terjun lokasi wisata mandeh letaknya berbatasan langsung dengan Kota Padang. Alamatnya berada di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatra Barat. Dulunya kawasan mandeh ini hanyak bisa melalui jalur laut namun sejak dibuat jalan beberapa tahun lalu sekarang sudah bisa dicapai dengan mudah yaitu melalui jalur darat. Daya tarik wisata mandeh yaitu pada mulanya diberi nama Puncak Paku. Namun nama tersebut berubah saat kunjungan Presiden Jokowi ke lokasi tersebut, dan melakukan selfie. Bahkan tempat kni mampu memukau orang untuk berwisata kesini 


#Penulis merupakan mahasiswa jurusan sastra minangkabau universitas andalas

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS