Ticker

6/recent/ticker-posts

Dampak El Nino Bagi Anak Kos Yang Merantau Di Kota Padang dan Sekitarnya

 


Penulis,

Zulbaidah Mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau, Universitas Andalas

Dilansir dari BMKG, El Nino adalah suatu fenomena di mana suhu permukaan laut di Samudera Pasifik mengalami peningkatan diatas kondisi normal. Dimana peristiwa ini mengakibatkan pertumbuhan awan lebih tinggi di wilayah Samudera Pasifik bagian tengah dan mengurangi curah hujan di Indonesia. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memprediksi fenomena El Nino akan terjadi di bulan Juni 2023. Namun masih lemah dan akan mengalami peningkatan setelah bulan Juni 2023.

Ternyata El nino tidak terjadi di bagian Padang saja, BMKG memprediksi El Nino akan melanda semua wilayah Indonesia selain Riau dan Papua. Tentu Padang menjadi salah satu korban yang terkena dampak fenomena alam ini. Kota padang adalah salah satu kota terbesar yang ada di sumatera sekaligus menjadi ibu kota Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini adalah Pintu gerbang barat Indonesia dari Samudera Hindia. Di kota Padang masyarakat banyak melibatkan aktivitas di luar rumah, seperti nelayan, pedagang, driver online/offline dan lain sebagainya. Panasnya terik matahari yang terasa akhir-akhir ini tidak mengalahkan semngat mereka untuk mencari nafkah agar bisa mengcukupi kebutuhan sehari-hari

Rumah kos adalah tempat domisili bagi para perantau yang mencari nafkah, menuntut ilmu dan lain sebagainya. Rumah kos biasanya menjadi tempat beristirahat melepas penat usai beraktivitas di luar rumah. Akibat El Nino mungkin setiap kamar kos menyiapkan minimal satu kipas angin agar menetralkan suhu ruangan menjadi sejuk. Anak kos yang mungkin berstatus mahasiswa seperti penulis sama-sama mencari jalan alternatif agar kehidupan di kos yang menjadi tempat beristirahat yang tenang dan nyaman usai dari kegiatan di luar ruangan. Menurut penulis dampak pemanasan El Nino ini akan berpengaruh besar pada kesehatan seperti sering dehidrasi, sakit kepala, malas beraktivitas di luar rumah atau malas gerak akibat terlalu panas. Keuntungan dari El Nino ini bagi anak kos hanyalah jemuran yang cepat kering. Dampak dari pemanasan ini akan menambah pengeluaran bagi anak kos, gaya hidup yang akan makin tinggi dan lain sebagainya. Mungkin sunscreeen akan bertambah SPF agar kulit tidak kering dan belang, karena anak kos perempuan biasanya lebih mengutamakan penampilan, Karena El Nino dapat menyebabkan kulit menjadi kering, gatal dan merah, selain itu, kekeringan yang terjadi selama periode El Nino dapat menyebabkan infeksi pada kulit dan eksim.

Tinggal jauh dari pengawasan orang tua, dan makan yang tidak di control karena sibuk kerja dan belajar bisa mengakibatkan mudahnya sesorang menjadi sakit. Sedikit tips persiapan anak kos untuk menghadapi El Nino:

Minum air putih 2 L sehari dan pastikan ketersediaan air minum tercukupi

Atur pola makan yang sehat, jangan terlalu sering makan makanan yang berminyak, makanan cepat saji atau makanan instan.

Olahraga di pagi atau sore hari, minimal jalan kaki 50 meter

Hindari kativitas di luar rumah jika sedang tengah hari

Jaga kebersihan lingkungan kos

Memakai sunscreen hendak keluar ruangan jika kulit mudah infeksi 

Dengan melakukan langkah diatas insyaallah kita semua akan nyaman jika beraktivitas di luar maupun dalam rumah, dengan begitu penyakit dan sebagainya tidak mudah menghinggap.





Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS