Ticker

6/recent/ticker-posts

Syekh Nurjati Tokoh Penyebar Islam di Cirebon Dengan Cara Pendekatan Sufistik

 



Oleh Dwino Scorpio, jurusan sastra Minangkabau, FIB, Universitas Andalas Padang


Cirebon merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Dahulu kota Cirebon berada didekat pantai yang strategis karena ada aktivitas perdagangan dan Cirebon juga dijadikan kota pelabuhan yang penting dibagian pantai Utara Jawa sehingga banyak kapal yang berlabuh di pelabuhan tersebut untuk melakukan perdagangan atau hanya sekedar singgah. Kapal-kapal tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Cina, Persia, Arab, dan banyak daerah yang lainnya. Dari banyaknya daerah-daerah luar yang masuk ke Cirebon dan juga terjadilah pengaruh budaya dari daerah-daerah tersebut seperti masuknya Islam ke Cirebon.

Membahas penyebaran Islam banyak tokoh-tokoh atau ulama yang menyebarkan agama Islam di Indonesia termasuk di Cirebon. Salah satu tokoh yang ikut menyebarkan agama Islam adalah syekh Nurjati. Syekh Nurjati adalah salah satu penyebar agama Islam di Cirebon, beliau merupakan seorang pendakwah Islam yang menyebarkan Islam bersifat sufisme, dan beliau juga memiliki sifat yang Arif dan bijaksana. Syekh Nurjati juga sering dipanggil dengan nama syekh Datuk Khafi atau Maulana Idofi Mahdi. Dan beliau lahir di semenanjung Malaka.

Penyebaran Islam di Cirebon yang berdasarkan manuskrip sejarah Cirebon naskah yang ditulis oleh H. Mahmud Rais. Dalam naskah tersebut menjelaskan sejarah Cirebon dan ajaran Islam yang di sampaikan oleh Syekh Nurjati dalam bentuk kearifan lokal Cirebon. Kearifan lokal tersebut bersifat sufisme yang berbentuk adaptif dan akomodatif terhadap budaya dan bentuk kearifan lokal Cirebon. Sufisme merupakan ajaran ilmu Islam yang disampaikan untuk menyucikan diri, membentuk akhlak untuk mendapatkan kebahagiaan.

Dalam sufisme sebagai perspektif atau landasan akulturasi, Islam bukan berarti Arab, meskipun Islam berasal dari Arab tetapi Islam merupakan sebagai agama dan sistem nilai berbeda dengan dari bagian Arab. Dan syekh Nurjati mengenalkan agama berupa akulturasi doktrin Islam dengan bentuk kearifan lokal dalam bentuk budaya, ada beberapa bentuk kearifan lokal yang diwariskan oleh syekh Nurjati seperti budaya lisan.

Dalam penyebaran Islam di Cirebon dilakukan dengan cara pendekatan sufistik,  terdapat enam ajaran yang harus dilakukan oleh umat Islam yaitu mengenai aspek ketuhanan, meneladani pewaris nabi, melakukan hal-hal yang bermanfaat dan menjauhi hal bersifat yang dilarang atau yang bersifat tidak baik, saling mengasihi, konsisten dalam kebenaran dan keseimbangan antara ilmu dengan amal. Supaya lebih jelas berikut penjelasan tentang enam ajaran agama Islam yaitu:

1. Mengenai Ketuhanan

Dari penjelasan salah satu doktrin kejawen pada masa kuno yang menjelaskan tentang harmoni bersama Islam, maksud dari harmoni bersama Islam tersebut adalah mengenal alam semesta untuk mengetahui tentang Tuhan dan mengenal tuhan. Karena alam semesta merupakan sebagai tanda-tanda dan argumentasi tentang keberadaan Tuhan.

2. Meneladani Pewaris Nabi

Ketika kita sudah mengetahui atau mengenal Tuhan, Maka kita harus mengikuti dan meneladani para ulama yang menjadi pewaris para Nabi, karena ulama merupakan seseorang yang menafsirkan, menginterpretasikan, dan berdakwah serta menulis doktrin untuk umat Islam. Dalam arti lain ulama merupakan seseorang yang mendapatkan hal istimewa untuk memimpin agama untuk mengayomi, membina serta membimbing umat Islam dalam masalah agama atau masalah dalam kehidupan sehari-hari.

3. Melakukan hal-hal yang bermanfaat dan menjauhi hal yang tidak baik

Hal-hal yang bermanfaat yaitu sesuatu yang memiliki hal-hal yang baik atau yang bermanfaat untuk diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar. Sedangkan hal-hal yang tidak baik merupakan sesuatu yang bisa mendatangkan mudharat atau bisa menyebabkan kerugian kepada diri sendiri ataupun kepada orang lain. Jadi intinya pada setiap doktrin Islam adalah melakukan sesuatu yang bermanfaat dan menjauhi segala larangannya supaya mendapatkan hal-hal yang baik untuk diri kita sendiri ataupun untuk orang lain.

4. Saling Mengasihi atau doktrin cintakasih

Saling mengasihi merupakan suatu tindakan yang harus dilakukan oleh setiap orang untuk saling mengasihi, saling mencintai, dan saling tolong-menolong antara sesama karena sikap tersebut merupakan akhlak yang mulia yang dicintai Allah SWT. Dan Cintakasih juga dikemukakan oleh syekh Nurjati karena beliau terinspirasi dari master sufi yang mengatakan agama Islam merupakan agama cintakasih bukan agama kebencian dan dendam. Oleh karena itu kita sebagai umat Islam harus selalu memiliki sikap saling mengasihi atau cintakasih terhadap sesama, karena agama Islam agama cintakasih.

5. Konsisten dalam kebenaran

Konsisten adalah sikap atau perbuatan yang tetap dan tidak berubah-ubah. Jadi konsisten dalam kebenaran merupakan Sikap melakukan perbuatan yang selalu tetap pada pendirian tanpa berubah ubah dalam menyampaikan kebaikan atau kebenaran. Dan syarat yang harus dimiliki oleh seseorang supaya memiliki konsisten adalah keberanian, karena kalau tidak ada keberanian mungkin kebenaran tidak bisa ditegakkan karena tidak adanya konsisten dari dalam diri seseorang. Jadi kita sebagai umat Islam harus mempunyai keberanian untuk konsisten dalam menegakkan agama Islam.

6. Keseimbangan antara ilmu dengan amal

Ilmu merupakan pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang yang didapati dengan cara belajar, memahami sesuatu dan juga tidak lupa mempraktekkan ilmu yang sedang dipelajari tersebut. Sedangkan amal merupakan suatu perbuatan yang dikerjakan oleh seseorang untuk melakukan suatu perbuatan, baik itu perbuatan baik maupun perbuatan buruk. Dalam agama Islam seseorang yang beragama itu harus berilmu. Jadi, orang yang berilmu juga harus beramal supaya mereka yang berilmu tidak memiliki hati yang hampa, tidak hanya itu beramal juga mendapatkan ilmu-ilmu baru. Jadi diperlukan keseimbangan antara ilmu dan amal supaya meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Itulah enam ajaran yang harus dilakukan oleh umat Islam supaya selalu berada dijalan Allah SWT dan tidak melakukan hal-hal yang tidak diridhoi Allah SWT.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS