Ticker

6/recent/ticker-posts

Peranan Kerajaan Banjar Dalam Penulisan Naskah di Tanah Banjar

 


Kata Kunci : Kerajaan Banjar , Naskah dan Sejarah

 

 Masalah yang terdapat dalam naskah tersebut menceritakan tentang bagaimana peranan kerajaan banjar dalam penulisan  Naskah  yang berada di tanah banjar tersebut, yang mana pada mulanya kerajaan ini dimulai datangnya India Keling  dan Imigran  yang mencari  wilayah baru di tanah  ini ( Jawa Timur).

 Awalnya pemerintahannya atau kepemimpinannya yang turun secara temurun, dan maharaja memiliki beberapa  anak yang akan meneruskan kepemimpinanya, namun sebelum meninggal ia berwasiat kepada anaknya  jangan berdifat raja namun berusahalah mencari  kebaikan.

 Maharaja memiliki  empat orang anak  dan  satu puteri namun  yang dinobatkan  untuk menggantikan posisinya yaitu sang cucu  Raden Samudra, namun  anaknya tidak menerima dan saat i i Reden Samudra merasa tidak aman  sehingga ia meminta  bantuan kepada kerajaan Islam  Demak, dan kerajaan Islam Demakpun mau membantunya dengan syarat Raden Samudra  harus masuk dalam kerajaan Islam dan memeluk ajaran islam, dan  syarat tersebut  diterima oleh  Raden Samudra sehingga  ia mengirim 1000 pasukan islam  bersama catib dayan.

 Peran Kerajaan Banjar dalam Penulisan Naskah Di Tanah Banjar

Sebelum Kerajaan Islam Banjar terbentuk, Islam sudah lama masuk ke daerah ini, sehingga telah terbentuk sebuah masyarakat Islam di sekitar kerajaan.

Pada abad ke-17 tercatat beberapa kejadian penting dalam tradisi tulis ini. Dalam abad itu seorang ulama Banjar yang bernama Syeikh Ahmad Syamsuddin al-Banjari,  yang mana pada peranan kerajaan banjar dalam penulisan ini di gunakaan di kalangan masyarakat  untuk melakukan  suatu tradisi, yang berupa keagaman  contohnya penulisan kitab, dan  juga  untuk keperluan kerajaan , misal surat perjanjian, dan  surat menyurat  dikerajaan

 

Menurut pendapat Dede Hidayatullah, tulisan ini di hadiahkan untuk Ratu Aceh Sultanahah Seri Ratu Tajul Alam Sa, kitab ini di tulis  pada masa pemerintah Pangeran Tapasena, dengan  tujuannya pada abat ke-17 dalam kerajaan islam dapat kecendrungan tradisi  tulisan yang baik dan pesatnya perkembangan tasawuf sehingga menghadirkan ulama yang besar dalam  hal itu

Peranan Kerajaan Islam Banjar dalam penulisan naskah di Kalimantan Selatan bisa di bagai menjadi dua kategori. Pertama, peranan secara tidak langsung, dan kedua, peranan secara langsung.

 Peran Kerajaan Banjar dalam Penulisan Naskah Di Tanah Banjar

Menurut penjelasan dari naskah yang saya baca, sebelum Kerajaan Islam Banjar terbentuk, Islam sudah lama masuk ke daerah ini, sehingga telah terbentuk sebuah masyarakat Islam di sekitar kerajaan.

Dalam peranan ada  dua  yaitu  ada  yang secara langsung  dan  tidak langsung.

Peranan Secara Tidak Langsung,

Dari penjelasanya  secara  tidak langsung menurut teks ada beberapa

1. Prosespendidikanal-Banjari

Penulisan naskah di tanah banjar tidak lepas peran  dari al Banjari, yang mana sebagai penulis dan pendidik yang melahirkan generasi ulama penulis naskah,  yang mana  pada peranan al m- Banjari ini menghadirkan ulama ulama yang mampu menulis naskah.

2. PendirianPusatPendidikanAgama 

3. MembentukMahkamahSyar’iyyah 

Peranan secara langsung

Peranan kerajaan secara langsung dalam penulisan naskah di Kalimantan Selatan ini bisa sebagai penulis naskah langsung, atau menyuruh orang untuk menulis naskahnya. Misalnya penulisan Undang-undang Sultan Adam, surat-surat Kerajaan Banjar, perjanjian antara Pangeran Nata Dilaga dengan VOC, dan lain-lain , Yang mana peranan ini dilakukan secara langsung atau  bisa juga menyuruh orang dalam penulisannya , maksut dari  hal  tersebut yang mana pada pembuatanya dilakukan secara langsung dan dan bisa  juga  dengan memyuruh orang lain dalam pembuatnya.

Peranan  Kerajaan Banjar di Masa Kini

Dan peranan yang masih terjalankan sampai kini dengan melakukan aruh rakyat  atau pesta  rakyat dengan melakukannya setiap tahun sekali yang mana bertepatan dengan milat kesultanan rakyat , untuk menjaga dan melindungi kelestariannya  agar naskah terjaga dengan utuh.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS