Ticker

6/recent/ticker-posts

Ibu Adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya

 


Oleh Zulbaidah

Mahasiswa jurusan Sastra Minangkabau, Universitas Andalas



Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Di zaman sekarang pendidikan sangat diperlukan. Karena dengan pendidikan seseorang dapat bersaing di dunia global. Pendidikan yang baik akan mengantarkan sesorang ke masa depan yang baik, begitupun sebaliknya.

Ibu adalah sosok wanita yang berhati mulia, dia telah meangandung, melahirkan dan menyusui. Jasa seorang ibu tidak dapat terbalaskan. Ibu memiliki kesabaran tiada batas. Contoh Kesabaran seorang ibu dalam hal mendidik, mengajarkan cara makan yang baik, cara berjalan yang baik, cara tidur yang baik, mengucapkan kata-kata baik Ibu selalu memberikan kenyamanan untuk lahir maupun batin anaknya. Makanya Ibu adalah sosok istimewa yang diberi kelebihan Oleh sang pencipta Allah SWT. Ibu memliki derajat 3 tingkat dibanding ayah. sebagaimana Dikutip dalam Hadist Nabi Muhammad SAW : ”Seorang sahabat bertanya kepada Nabi, “Wahai Rasulullah, kepada siapakah seharusnya aku harus berbakti pertama kali?”. Nabi memberikan jawaban dengan ucapan “Ibumu” sampai diulangi tiga kali, baru kemudian yang keempat Nabi mengatakan “Ayahmu”(HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)

”Dibalik anak yang cerdas ada seorang ibu yang mewarisi kecerdasan untuk anak-anaknya. Karena keterangan Ilmiah mengatakan kecerdasan itu diperoleh dari ibu. Jika ibumu berfikir logis maka kamu juga akan berfikir logis. Karena evolusi peradaban menuntut agar evolusi tidak punah maka mesti ada bayi dilahirkan dari seorang yang cerdas pula yaitu perempuan.” (Rocky Gerung)

Disini penulis melihat Alasan mengapa pendidikan itu sangat penting bagi perempuan, mengapa wanita harus berilmu. Jawabnnya yaitu, bagaimana kita bisa mengharap anak kita terdidik dengan baik jika kita sendiri tidak berdaya. Maka jadilah terdidik sebelum mendidik. Hapus pemikiran yang menyebutkan “percuma sekolah tinggi-tinggi , toh ujung-unjungnya juga akan masuk dapur. Sebenarnya yang menjadikan kita maju adalah pemikiran kita sendiri jika mau merubah menjadi lebih baik maka tidak tertutup kemungkinan. Merubah disini bermaksud untuk memotong rantai pemikiran salah tersebut. Wanita berhak mendapatkan kesetaraan pendidikan dengan laki-laki. Selagi itu tidak meninggalkan dia dengan tanggung jawabnya sebagai perempuan dan juga seorang ibu.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS