Ticker

6/recent/ticker-posts

Hari Kedua Pelunasan, 1.793 Calon Jemaah Haji Sumbar Sudah Melakukan Pembayaran Bipih



Padang, Humas—Calon Jemaah Haji (CJH) Sumatera Barat sudah mulai melakukan pelunasan Bipih sejak kemarin, Selasa 11 April 2023. Hal ini sesuai Keputusan Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Kemenag RI, nomor 157 tahun 2023.


Ungkapan ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Helmi Rabu (12/4) di Ruang Kerjanya. Untuk pelunasan tahap satu ini akan berlangsung dari tanggal 11 April hingga 5 Mei Mendatang.


Disampaikan Helmi berdasarkan data dari Sistim Informasi Haji Terpadu (Siskohat) Kanwil Kemenag Sumbar pertanggal 12 April pukul 14.00 wib, calon jemaah haji Sumbar yang sudah melunasi  sampai hari ini sebanyak 1.793 orang.


“Untuk pelunasan hari pertama ada 120 orang dan hari ini 410 orang sudah melakukan pembayaran dan konfirmasi pelunasan. Ada peningkatan jumlah jemaah yang melunasi setiap harinya. Ini menunjukkan kesadaran calon jemaah haji Sumbar sudah sangat tinggi,” ungkap Kakanwil.


Sementara imbuh Helmi, jemaah lunas tunda 2020 yang keberangkatannya tertunda, ada sebanyak 2.478 orang. Ini karena adanya pembatasan usia 65 tahun bagi jemaah haji oleh pemerintah Arab Saudi.


“Untuk tahun 2022 jemaah Sumbar yang berangkat ke tanah suci sebanyak 2.093 orang dari 4.571 kuota. Artinya jemaah yang berangkat ke tanah suci hanya 46 persen dari jumlah kuota,”tuturnya.


“Bagi jemaah lunas tunda 2020 dan 2022, insyaallah tahun ini semuanya diberangkatkan. Mereka tidak perlu lagi melakukan pelunasan hanya melakukan konfirmasi pelunasan di Bank Penerima Setoran (BPS) Bipih,” sambung mantan Kakan Kemenag Padang Pariaman ini.


Kakanwil juga menyampaikan untuk tahun 2023 ini, Sumatera Barat mendapatkan kuota sebanyak 4.651 orang, 4330 diantaranya jemaah reguler berdasarkan nomor urut porsi dan 231 kuota jemaah lansia,” ulas Kakanwil.


Untuk itu, Kakanwil berharap kepada calon jemaah haji untuk segera melunasi biaya perjalanan hajinya. Karena pelunasan haji tahun ini tidak sama dengan tahun sebelumnya yang dilakukan secara bertahap.


“Mudah-mudahan informasi terkait pelunasan ini sudah sampai ke calon jemaah haji khususnya Sumbar,” tukas Kakanwil.


Terkait besaran biaya perjalanan ibadah haji, Kakanwil menyampaikan untuk Sumatera Barat melalui Embarkasi Padang sebesar Rp46.044.85O,26. Jika jemaah sudah membayar setoran awal sebesar Rp25 juta, maka jemaah melakukan pelunasan bipih sekitar Rp.21.044.850,26.


“Ini merupakan sudah keputusan berdasarkan Kepres nomor 7 tahun 2023 dan sudah melalui dialog yang panjang. Saya pikir jemaah kita sudah menyimak semua informasi ini, tinggal kita melaksanakannya lagi,” harap Kakanwil.


Tak lupa Kakanwil juga berharap kepada semua calon jemaah Sumatera Barat bisa meraih haji yang mabrur. Untuk itu ia berpesan agar jemaah bisa mempersiapkan diri tentunya melakukan manasik haji.


“Untuk Kementerian Agama melalui KUA Kecamatan ada Namanya program manasik sepanjang tahun dan manasik mandiri yang dilakukan oleh jemaah itu sendiri melalui KBIH yang ada,” tandas Kakanwil. Humas


Narahubung: Rina Humas : 081374357172

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS