Ticker

6/recent/ticker-posts

WISUDA TAHFIDZ ANGKATAN V SMAN 2 PADANG MENGHAFAL QUR'AN SAMPAI 15 JUZ.


 WISUDA TAHFIDZ ANGKATAN V SMAN 2 PADANG MENGHAFAL QUR'AN SAMPAI 15 JUZ. 




Padang, - Jurnalis Sumbar

SMA Negeri 2 Padang menggelar wisudawan/ti Tahfidz Angkatan V terhadap 99 orang siswa/wi yang telah selesai mengikuti program Tahfidz untuk tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula SMAN.2 Padang, Jumat (24/2/2023) 


Kepala SMAN.2 Padang, Drs. Syamsul Bahri mengatakan kepada awak media, program Tahfidz ini telah berjalan 5 tahun, dimana kegiatan tersebut dilakukan dengan melibatkan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) serta guru-guru yang lain dan juga didampingi oleh ustad Ahmad Faiz LC yaitu Alumni dari Mesir.


Kita memiliki 2 program yakni Tahfidz dan Tahsin. Sedangkan Tahsin merupakan anak-anak yang tidak bisa baca Alqur'an. dan Tahfidz yaitu penghafal Alqur'an dari 2 juz sampai 15 juz," ucap Syamsul Bahri.


Jelasnya kegiatan ini merupakan perjalanan siswa dibidang keagamaan, terutama agama islam, kegiatan ini dimulai tahun 2017dengan nama gerakan SMANDOE menghafal Alqur'an, bekerja sama dengan kemitraan semua guru-guru terutama guru PAI bersama Alumni dari Mesir, Ahmad Faiz LC.


Selanjutnya Syamsul mengatakan, SMAN 2 ini melakukan langkah-langkah, dimana siswa yang masuk ke jalur Tahfidz menjadi Ekskul Tahfidz. Siswa yang sudah pandai hafal qur'an bisa dimasukan ke program Ekskul (Ekstra kurikuler) mereka ini yang dipersiapkan untuk wisuda dengan nama Tahfidz Gold.

Pada saat wisuda hari ini minimal hafal Alqur'an 2 juz sampai 15 juz, yang mencapai 15 juz hanya 1 orang saat diwisuda. Menjelang wisuda dillakukan seleksi selama 1 bulan, kemudian di mahbid kan 1 malam di mesjid untuk meningkatkan hafalan, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT." tutur Syamsul.


Tujuan agar mereka bisa menghayati, menghafal, meresapi dan mengamalkan kemudian ada motivasinya. SMAN 2 adalah sekolah pelaksana program penggerak dengan Berketuhanan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia. Wisuda ini dilaksanakan oleh lintas kelas (kelas 10,11 dan 12) dalam satu tahun setiap bulan Februari." ungkap Syamsul.


Sebagai kepala sekolah SMAN 2 Padang saya berharap tahun ketahun ada peningkatan tajam, wisuda Tahfids, pada wisuda saat ini mencapai 10 persen dari jumlah siswa yang ada yaitu ada 1000 orang, Untuk tahun kedepan kami akan menambahkan lagi 1 program, yaitu wisuda Tahsin, artinya bagi siswa yang tidak bisa baca Alqur'an nantinya akan bisa mencapai juz 30. Wisuda Tahfidz dibuka secara resmi oleh gubernur Sumbar, dengan diwakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Drs Barlius MM," tutup Syamsul Bahri. (Kitti)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS