Ticker

6/recent/ticker-posts

MAN 2 Kota Padang Teken MoU Bersama IJTI Sumatera Barat

 



Padang, Jurnalissumbar 


Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang melakukan nota kesepahaman dengan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumatera Barat. Kerjasama dilakukan di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan sumber daya manusia.


Menurut kepala MAN 2 Kota Padang Akhri Meinhardi, madrasahnya selaras dengan IJTI Sumbar dan elemen jurnalis lainnya dalam memajukan pendidikan untuk meningkatkan sumber daya manusia.


"Kerja sama ini menjadi pintu masuk bagi madrasah kita untuk memberikan informasi  terkait prestasi siswa maupun guru kepada IJTI Sumbar," kata Akhri Meinhardi usai penanda tanganan kerja sama di sekretariat IJTI Sumbar, jalan Juanda no 15 Padang, Sabtu (28/01/2023).


Konteks kerja sama disini, dijelaskan Akhri Meinhardi adalah bagian usaha serta ikhtiar madrasah yang dipimpinnya untuk lebih mengenalkan setiap program maupun prestasi kepala publik melalui media televisi.


"Disamping itu, melalui MoU IJTI go to school ini, nantinya akan dapat menambah wawasan anak-anak kita dalam menulis berita dan memahami ilmu-ilmu jurnalistik," kata Akhri Meinhardi.


Pada saat bersamaan, ketua IJTI Sumbar Dery Mulyadi mengungkapkan, bahwa tujuan kerja sama ini adalah memberikan energi positif bagi siswa-siswa agar menjadikan IJTI sebagai media informasi akademik maupun non akademik bagi sekolah atau madrasah.


"Ini merupakan momen luar biasa bagi IJTI, disamping mengadakan diskusi tentang merawat jurnalisme positif menghadapi pemilu 2024 juga melakukan kerja sama dengan beberapa sekolah/madrasah dan perguruan tinggi," kata Dery Mulyadi.


Menurutnya, jurnalisme positif harus terus digaungkan, keterbukaan informasi sejak tahun 1998 dan kebebasan pers banyak plus minusnya bagi perjalanan pers itu sendiri. Dari data yang berkembang selama tahun 2022, pengaduan 691 berita hoax telah masuk ke dewan pers.


"Ini yang harus dikontrol serta menjadi tanggung jawab kita bersama, para insan pers terus membangun energi positif sehingga informasi yang diberikan menjadi karakter pers Indonesia," ujar manajer program Padang TV ini.


Ikut hadir menyaksikan kerjasama tersebut, Walikota Padang, Hendri Septa, Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, Bupati Pasaman, Benny Utama, ketua PWI Sumbar, Basril Basyar, beberapa praktisi dan puluhan wartawan media cetak, elektronik maupun online. (ArulDp)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS