Ticker

6/recent/ticker-posts

Silek Harimau Desa tanjung pauh mudik Kerinci

 


Silek Harimau 

 

Oleh : Tessa Rahma Putri 

Jurusan Sastra Minangkabau, Fakultas ilmu Budaya, Universitas Andalas

       Silek harimau desa tanjung pauh mudik kerinci adalah salah satu silek harimau yang sangat terkenal dengan suatu bela diri yang masih menggunakan gerakan atau teknis tradisional atau bisa disebut gerakan secara adat. Silek ini berfungsi sebagai bela diri atau antisipasi pertahanan di lingkungan yang merasa tidak aman ataupun untuk menjaga ancaman musuh yang akan menyerang kita secara tiba-tiba dihadapan mata. Silek bukan juga hanya untuk melindungi tapi untuk memperkokoh diri dalam hal berbahaya di dalam lingkungan yang jahat maupun dalam hal apapun, silek juga bisa di katakan sebagai hiburan karna silek tanjung pauh mudi ini bisa di padukan dalam sebuah pertunjukan kerinci ataupun pembukaan acara adat yang ada dikerinci. Silek ini dinamakan ‘silek langkah tigo harimau’ Silek langkah tigo harimau sudah dikenal masyarakat desa tanjung pauh mudik sejak puluhan tahun yang lalu, silat langkah tigo harimau merupakan kebudayaan yang turun menurun dan masih di pertahankan ciri-ciri khas gerakan silat murni yang masih utuh dan belum di pengaruhui oleh jenis bela diri yang lain. Hampir dari pelosok desa tanjung pauh mudik bersiri sasaran (tempat latihan) terdapat lapangan terbuka, di depan rumah dan di dalam rumah. Bagi para pemuda atau calon anak sasian yang ini mempelajari silek langkah tigo harimau harus memenuhui persyaratan-persyaratan yang telah di tetapkan oleh guru silek yang bertujuan untuk menberikan kemudahan dan keselamatan bagi anak sasian untuk mengetahui silek langkah tigo harimau ini. Karena tidak adanya bukti tertulis tentang hal silek langkah tigo harimau tersebut. Sebagaimana yang di ungkapkan oleh tua silat Nirwan ia mengatakan bahwa ‘ silek langkoh tigu ime neh lah adu dari ninik moyang uha usung kito bahow, untouk tahang nyu tah lah karupon akau. Ninik moyang kito bahou tah ujon nyu baladie along imbo neh’

   Syarat silek langkah tigo Harimau ini tidak lah banyak

1. Satu ekor ayam hitam kegunaanya ayam ini Cuma darahnya yang di ambil, darah tersebut dioleskan ke kelopak mata, daun telinga, tangan dan kaki.

2. Uang 200.000 kegunaanya untuk guru membelikan sekapur sirih, jadi ajak sasian ( murid) tidak perlu memberikan sirih secukupnya lagi dan juga sebgai ucapan terima kasih anak sasian kepada guru.

3. Sekapur sirih kegunaanya adalah memintak supaya kita di berkati dalam mempelajari solat tigo harimau.

  Silek langkah tiga biasa disebut silat jantea atau silat jantan yang di pakai pendekar lelaki, dan silat langkah dua di sebut silat “batinoa”, atau silat perempuan, yang gerakan kakinya tergambar dalam ritual Asyeik Kerinci, dan tari tarian traditional Kerinci, seperti tari “Iyo Iyo”, dimana hentakan kakinya merupakan warisan zaman neolitichum, gerakan tarian minta hujan saat itu, gerakan ini hampir sama di suku suku afrika, Indian Inca dan Aztec.

   Silat langkah Tiga dan Dua, diajarkan secara tersembunyi, dan pada malam hari, ini sepeertinya menjadi factor yang menyebabkan tradisi ini punah, dan pengaruh transformasi budaya saat ini, semakin membuat tradisi ini hilang.

   saat melakukan kajian silat tradisional Kerinci, saat itu maestro silat langkah tiga masih hidup, Nantan Ibrahim yang menghabiskan sisa umurnya di Pematang Gelanggang, dan bersemanyam di bukit penuh legenda ini, beliau dari Dusun Empih, dusun yang di sebutkan dalam tambo tambo Incung di Sungai Penuh, Datuk Singapai, waris darah penyebar Islam di Kerinci Syech Samillulah.

  tahun menggulang Nantan Ibrahim, menguak tradisi silat langkah tiga dan langkah dua, ternyata ada persamaan dengan silat tuo di Minangkabau, dan juga banyak perbedaannya, salah satu yang membedakannya gerakan “sambut dan serang”, dimana silat langkah tiga Kerinci lebih sederhana dan mematikan, silat langkah dua penulis kaji dengan Nenek Gandoriah, almarhum, yang juga istri Nantan Ibrahim, mereka hidup berdua di kesunyian Pematang Gelanggang saat itu, dan di semanyamkan juga di sana bersebelahan, hidup jauh dari keramaian, menyatu dengan semesta, sampai akhir hayat.

         Silat Langkah Tigo Harimau merupakan seni beladiri tradisional yang berkembang dan diapresiasikan oleh berbagai lapisan masyarakat Desa Tanjung Pauh Mudik. erdasarkan pengamatan di lapangan dan informasi dari (Zahibudin 67 tahun) Depati Niniek Mamak dengan Gelar Rio Perang; Silat Langkah Tigo Harimau berkembang dengan baik pada tahun 1976 ditanah Kembo Duo Kembo Tigo yang disebut sebagai Desa Tanjung Pauh Mudik, Kerinci. Silat Langkah Tigo Harimau. merupakan seni beladiri yang sangat diminati oleh semua kalangan pemuda masyarakat yang ada di Desa Tanjung Pauh Mudik, Kerinci. Silat Langkah Tigo Harimau memiliki ciri khas tersendiri dari seluruh silat tradisional yang ada di Kabupaten Kerinci baik dari gerakan maupun dari cara memainkannya. Kemudian dari pendapat tua silat mengatakan bahwa silat Langkah Tigo Harimau sudah dikenal masyarakat Desa Tanjung Pauh Mudik sejak puluhan tahun yang lalu, silat Langkah Tigo Harimau merupakan kebudayaan yang turun-temurun dan masih dipertahankan ciri-ciri khas gerakan.

    silat murni yang masih utuh dan belum di pengaruhi oleh jenis bela diri yang lain. Hampir dari pelosok Desa Tanjung Pauh Mudik berdiri sasaran (tempat latihan), Kebanyakan sasaran (tempat latihan) terdapat dilapangan terbuka, didepan rumah dan didalam rumah. agi para pemuda/calon anak sasian yang ingin mempelajari Silat Langkah Tigo Harimau harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan oleh guru silat yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan keselamatan bagi beriman kepada tuhan Yang Maha Esa. Dengan demikian sewajarnya Silat Langkah Tigo Harimau di lestarikan dan dikembangkan agar senantiasa tetap terjaga keasliannya kemudian dapat dicintai dan di hormati sebagai kebudayaan yang berkembang di tengah-tengah masyarakat Desa Tanjung Pauh Mudik Kecamatan Keliling Danau pada umumnya. Sehingga apa yang diharapkan dari keberadaan silat langkah tigo harimau ini di tengahtengah masyarakat dapat di pertahankan. anak sasian untuk menguasai silat Tetapi melihat langkah tigo harimau. erdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa Silat Langkah Tigo Harimau kaya dengan nilai-nilai budaya dan berrmanfaat bagi perwujudan manusia yang berkepribadian, berakhlak mulia dan perkembangannya saat ini, seharusnya Silat Langkah Tigo Harimau ini masih tetap berkembang sebagai mana mestinya.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS