Ticker

6/recent/ticker-posts

PELATIHAN BUMNAG NAGARI TALU MENGAYOMI MASYARAKAT USAHA UNTUK MANDIRI.



Padang, - Jurnalis Sumbar

 Pemerintahan Nagari Talu kabupaten Pasaman melaksanakan pelatihan  BUMNAG Nagari Talu selama 3 hari, Jum'at - minggu(16-18/12/2022) di Axana hotel dengan tema"Revitalisasi BUMNAG menuju Nagari Mandiri"


Nurli Efendi selaku sekretaris Nagari Talu kabupaten Pasaman memberikan keterangan pada wartawan,bahwa  kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan bagaimana mengembangkan BUMNAG untuk bisa menjadi badan  sebuah usaha yang memiliki hasil untuk masyarakatnya maupun untuk pendapatan asli nagari nya,"ucap Nurli. 


Dan bagaimana bisa mengayomi usaha masyarakat, sehingga masyarakat itu memiliki usaha dengan potensi-potensi yang ada bisa dikembangkan untuk dinagari Talu, makanya kita sengaja mengadakan pelaksanaan pelatihan dan   bagaimana membekali BUMNAG nya untuk bisa mendapatkan ilmu tentang manajemen dan membentuk unit yang ada di Badan Usaha Milik Nagari yang permanen.


Potensi yang ada di nagari Talu, kalau kita tahu nagari ini identik dengan pertanian dan hutannya. Manusianya juga berpotensi tapi perlu pemetaan yang harus dibekali dulu.Bagaimana untuk mendapatkan kompetensi yang ada di nagari Talu, makanya perlu pembekalan sehingga menjadi usaha milik nagari supaya ini tidak menjadi usaha gagal  dari BUMNAG nantinya dan juga perlu pembekalan untuk pengurus BUMNAG," ungkap Nurli.


Nurli mengatakan dengan adanya kegiatan ini supaya pengurus bisa menggunakan dan memahami manajemen-manajemen supaya  bisa berkembang untuk kemajuan masyarakat secara umum dan untuk nagarinya kedepan dengan modal tidak akan hilang dan dikomoditer ke RKA nagari," ungkap nya.


Peserta yang hadir untuk mengikuti kegiatan ini terdiri dari 23 orang peserta  yaitu dari Bamus, Perangkat nagari, Pengurus badan pengawas BUMNAG itu sendiri,"ujar Nurli. (Kitti)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS