Ticker

6/recent/ticker-posts

Penyuluhan Terkait Penyakit Diare Pada Siswa SDN 11 Silokek Kecamatan Sijunjung"



Indah Febriyana, Mahasiswa dari Fakultas Keperawatan universitas Andalas   





Saat ini mahasiwa Universitas Andalas Padang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata dibeberapa wilayah yang ada Di Sumatra Barat. kegiatan ini dilakukan selama kurang lebih 34 hari. salah satu tempat yang menjadi lokasi dilaksanakannya kegiatan KKN ini berlokasi di wilayah Nagari Silokek,Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat. 


Adapun salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh salah satu Mahasiswa KKN yang berasal dari fakultas keperawatan di Nagari Silokek Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung yaitu kegiatan penyuluhan terkait penyakit diare pada siswa siswi kelas 3 di SDN 11 Silokek pada hari Rabu (03/08/22). Penyakit diare merupakan salah satu penyakit endemis yang berpotensi menimbulkan kejadian luar biasa dan menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia hingga bisa menyebabakan kematian bagi anak. oleh karena itu dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi angka kejadian diare yang rentan terjadi pada anak.


Sebelum dilaksanakannya penyuluhan ini, mahasiswa KKN telah berkoordinasi dengan pihak sekolah terkait program – program kerja yang akan di laksanakan di SDN 11 Silokek,  salah satunya terkait program penyuluhan Diare. Adapun tanggapan yang diberikan oleh pihak sekolah terkait program kerja ini “ Informasi terkait diare ini sangat diperlukan untuk menambah pengetahuan siswa terkait diare, salah satunya bagaimana cara agar terhindar dari penyakit diare dan juga siswa memahami pentingnya untuk mengonsumsi makanan yang bersih dan sehat.”


Dalam penyampaian materi mahasiswa menekankan pada penjelasan terkait apa itu diare, apa saja hal –hal yang dapat menyebabkan diare lalu bagaimana cara pencegahan pada penyakit diare ini. Lalu pada bagian akhir penyuluhan untuk menilai pemahaman siswa siswi yang menjadi sasaran pada saat penyuluhan, mahasiswa juga melakukan evaluasi berupa memberikan pertanyaan secara langsung terkait materi yang telah disampaikan dan didapatkan bahwa siswa mampu menjawab pertanyaan yang telah disampaikan.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS