Ticker

6/recent/ticker-posts

45 Siswa MAN 2 Kota Padang Ikuti ANBK 2022 Jenjang SMA/MA

45 Siswa MAN 2 Kota Padang Ikuti ANBK 2022 Jenjang SMA/MA 

Padang, Jurnalissumbar


Sebanyak 45 siswa MAN 2 Padang ikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2022 jenjang SMA/MA. Mereka mengikuti asesmen literasi, numerasi, survei karakter dan lingkungan, mulai 29 – 30 Agustus 2022 di laboratorium bahasa MAN 2 Padang.


Kepala Madrasah Akhri Meinhardi meminta siswa untuk mengikuti ANBK secara serius dan penuh kehati-hatian. Karena melalui hasil asesmen, akan tergambar bagamana kualitas pendidikan MAN 2 Padang.


Menurutnya, 45 peserta yang mengikuti ANBK ini merupakan siswa pilihan dari 1.387 jumlah siswa MAN 2 Padang. Baik atau tidaknya hasil asesmen itu, akan berpengaruh kepada citra madrasah.


"Bersungguh - sungguhlah menjawab soal, baca, teliti dan manfaatkan waktu sebaik mungkin, jadilah yang terbaik karena nama madrasah kita bertumpu padamu," kata Akhri Meinhardi saat memberikan arahan kepada peserta, sebelum pelaksanaan ANBK.


Ditambahkannya, secara garis besar, ANBK merupakan sebuah evaluasi untuk memantau perkembangan mutu pendidikan dari satuan pendidikan tingkat dasar hingga atas


Dia menyebut, program ANBK tidak akan mengevaluasi capaian siswa secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.


"Langkah apa setelah ini, kita tunggu saja, yang penting setiap program akan kita kerjakan semuanya secara optimal," ujar Akhri Meinhardi.


Yuliasman wakil kepala bidang akademik menuturkan, bahwa bentuk soal ANBK terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.


Dia menyebut, ujian dilaksanakan selama 2 hari yang dibagi dalam 3 sesi, masing-masing sesinya berdurasi waktu selama 120 menit. 


"Hari pertama 90 menit untuk literasi membaca dan 30 menit survey karakter dan hari kedua numerasi 90 menit dan survei lingkungan belajar 30 menit," kata Yuliasman. (ArulDp)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS