Ticker

6/recent/ticker-posts

Wisata favorit penikmat keindahan alam dari ketinggian


Oleh : Andini Sukmawati 

Mahasiswa Universitas Andalas, Fakultas Ilmu Budaya, 

Jurusan Sastra Daerah Minangkabau


Indonesia memiliki beragam keindahan, mulai dari daerah pesisir hingga ke daerah pegunungan. Indonesia dikenal sebagai suatu negara yang memiliki banyak keindahan, baik dari segi pesisir ataupun segi pegunungan. Daratan di Indonesia dibagi menjadi beberapa kawasan, kawasan tersebut meliputi dataran rendah, dataran tinggi, lembah, pegunungan, dan gunung. Jika kita lihat dari sisi kondisi geografisnya maka ke lima dari kawasan tersebut memiliki kondisi geografis yang berbeda. Bagaimana sih kondisi geografis dari kelima kawasan tersebut? 

Untuk kondisi geografis dataran rendah, di kawasan tersebut cenderung memiliki kondisi geografis yang tergantung kepada iklim yang sedang terjadi. Ketika iklim di kawasan tersebut hujan maka kita akan merasakan dingin begitu juga sebaliknya ketika iklim di kawasan tersebut panas kita akan merasakan panas. Sedangkan kondisi geografis di dataran tinggi, iklim di dataran tinggi cenderung dingin dan berkabut Di dataran tinggi banyak masyarakat memanfaatkan hal itu dengan membuka tempat wisata seperti tempat penginapan, rumah makan, warung, dan lain sebagainya. Untuk di daerah kawasan pegunungan disana memiliki tanah yang begitu subur sehingga masyarakat disana memanfaatkan hal itu dengan berkebun, mulai dari perkebunan buah dan sayuran ataupun perkebunan kopi. 

Mengenai dataran tinggi yang sudah di singgung di atas, di daerah Sumatera barat juga memiliki dataran tinggi yang mempunyai keindahan yang tidak terkalahkan terutama pada daerah Padang. Secara geografis Padang dikelilingi perbukitan yang mencapai ketinggian 1.853 MDPL  dengan luas wilayah 693.66 km², lebih dari separuhnya berupa hutan lindung. Padang daerah favorit bagi masyarakat atau wisatawan, baik masyarakat sekitar maupun wisatawan luar. Karena iklimnya yang begitu banyak diminati, wilayah ini juga memiliki pemandangan yang luar biasa. Sehingga para wisatawan pun tertarik untuk datang dan bersantai di daerah dataran tinggi ini meminum kopi sambil menikmati pemandangan yang begitu indah dan nikmat. 

Daerah dataran tinggi yang sering dikunjungi yaitu daerah panorama 2 Sitinjau lauik. Di panorama 2 ini banyak wisatawan yang melepaskan lelahnya di perjalanan. Baik dari wisatawan ke arah Solok maupun wisatawan ke arah Padang. Daerah panorama 2 Sitinjau lauik ini sangat banyak sekali diminati. Karena pemandangannya yang begitu indah membuat para pejalan yang melalui panorama 2 Sitinjau lauik ini dibuat tertarik untuk singgah dan melepaskan lelahnya selama diperjalanan dengan duduk bersantai sambil menikmati pemandangannya yang tidak terkalahkan. 

Tidak hanya itu di daerah panorama 2 Sitinjau lauik ini juga sangat diminati karena pemandangan sunset nya yang begitu membuat mata menjadi tenang. Tidak sedikit juga para wisatawan yang berkunjung ke panorama 2 Sitinjau lauik ini hanya untuk menikmati keindahan sunset dari ketinggian. Begitu indahnya keindahan yang dimiliki panorama 2 Sitinjau lauik ini sehingga tidak ada hentinya para wisatawan berkunjung ke sini untuk menikmati pemandangannya. 

Nah, bagi para wisatawan baik yang menuju ke Solok maupun ke Padang yang melalui Sitinjau lauik jangan lupa singgah di panorama 2. Disana tentunya sudah disuguhi dengan pemandangan alam yang begitu indah dengan iklim dingin yang begitu pas jika dinikmati dengan kopi dan santapan mie rebus. Jika sudah singgah sudah dipastikan tidak ada kerugian yang didapatkan melainkan membuat kalian tidak mau pulang karena keindahannya.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS