Ticker

6/recent/ticker-posts

Objek Wisata Bukit Teletubbies Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman

 



Oleh : Muhammad Ilham

Penulis adalah Muhammad Ilham mahasiswa Sastra Daerah Minangkabau

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas



Bagi pecinta alam, tentu saja, mereka sangat senang mengunjungi kawasan wisata alam biasa dengan keindahan pemandangan alam, rerumputan hijau, pemandangan lereng yang sejuk menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan dan mempesona bagi mereka. Keramaian kota, volume kendaraan udara, iklim yang terik di sekitar, jelas mendorong Anda untuk pergi jalan-jalan santai di akhir minggu, untuk mendapatkan hadiah dari standar yang telah diselesaikan.  Untuk mencari keindahan alam mungkin tidak terlalu sulit, apalagi sedikit jalan-jalan ke daerah pedesaan, ada banyak pengalaman yang sangat menyenangkan untuk mengisi acara bersama pasangan atau keluarga Anda.  Dengan angin sepoi-sepoi yang dikombinasikan dengan pemandangan alam yang indah dapat menghidupkan kembali jiwa yang terfokus karena tanggung jawab. Namun, dalam periode tingkat tinggi seperti hari ini, di mana Anda dapat melacak pemandangan hijau yang sejuk ini?  responnya bisa dilacak di desa Obom, Rao Selatan, Pasaman Timur, Sumatera Barat (Sumatera Barat).

Sudah banyak orang yang belum mengetahui bahwa di Obom terdapat banyak sekali tempat wisata yang begitu indah dan asri.  Salah satu tempat wisata yang paling ramai akhir-akhir ini adalah tempat liburan Lereng Teletubbies.  Bagi kamu yang masa mudanya sering menonton film Teletubbies, pasti sudah tidak asing lagi dengan spot yang satu ini.

          Disebut Bukit Teletubbies karena keadaan permukaan bukit yang halus dan tidak curam, Bukit Teletubbies adalah sebutan lain untuk Bukik Obom, sebuah kawasan wisata yang terletak di kawasan Obom, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.  Teletubbies adalah serial anak muda yang dikomunikasikan di TV pada tahun 2000-an.  Ini memiliki empat orang, yaitu Tinki Winky, Dipsy, Laa, dan Po yang biasanya terlihat bermain di tempat yang memiliki fondasi rata yang sangat indah.  Karena Bukit Obom memiliki kemiripan dengan bentuk-bentuk lereng dalam rangkaian Teletubbies, akhirnya Bukik Obom mendapatkan julukan Lereng Teletubbies.

Jika anda tertarik untuk datang ke daerah ini  Untuk sampai kelokasi Bukit Teletubbies yang dulunya bernama bukit Obom ini yang merupakan salah satu dari beberapa pesona surga alam rahasia di kawasan Kabupaten Pasaman, Perjalanan ke Bukit Teletubbies, jika kita dari kota Bukittinggi, akan membutuhkan investasi yang cukup panjang.  Dibutuhkan sekitar tiga hingga empat jam untuk sampai di kawasan ini dengan kendaraan mekanis.

  Meski memiliki jarak yang cukup jauh, Anda tidak akan kecewa jika sudah sampai.  Lanskap biasa lereng yang menyenangkan dan mempesona berpadu dengan kesejukan kawasan perbukitan, akan mengobati rasa ngantuk Anda.

  Selain itu, pemandangan alam yang indah dalam perjalanan ke sini tidak akan membuat Anda lelah dengan rencana keluar.  Tempat-tempat yang bisa kita singgahi sebelum sampai di tujuan utama kita antara lain Pusat Sejarah Khatulistiwa dan Balai Pameran Tuanku Imam Bonjol di Bonjol, Taman Tugu Perjuangan di Disposisi Lubuk, dan memasuki kawasan Panti, kita bisa beristirahat sejenak di  Kawasan tempat liburan Rimbo Panti.

  Sampai di Rao Selatan, dari jalan raya atau jalan utama Padang - Medan, memasuki konvergensi Tugu Ikan ke kawasan itu akan memaka waktu perjalanan selama kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan mekanik. Pemandangan yang sangat menakjubkan ini pasti akan membuat Anda dan siapa pun yang menginap di Bukit Teletubbies ini terpesona.  Pemerintah terdekat baru-baru ini turut serta membangun beberapa kantor penunjang untuk menuju kawasan wisata ini, salah satunya jalan depan menuju kawasan ini. Semakin tinggi wilayah yang Anda datangi, semakin tidak umum daya tarik normalnya.  Selain menikmati sejuknya udara di sini, serta berbagai pemandangan alam biasa berjalan di pabrik Pasaman, kawasan ini tentunya sangat layak untuk Anda gunakan sebagai tempat berfoto.  Selain itu, Anda juga dapat memasak bersama keluarga di sini untuk melepas lelah dan juga membawa sedikit makan siang untuk dinikmati di sini dengan hari-hari indah Anda.

Untuk mengikuti keindahan bukit ini, maka pada saat itu ambillah sampah-sampah yang telah anda lihat agar tidak merusak keindahan alam Bukit Teletubbies ini.  Jelas, akan sangat menyedihkan jika tempat yang begitu mempesona seperti ini harus kehilangan keunggulannya karena kelambanan Anda untuk mendapatkan sampah yang Anda hasilkan.  Selain itu, di kawasan Obom juga terdapat tempat liburan lain yang wajib kamu kunjungi dan juga tidak terlalu jauh dari Bukit Teletubbies ini.

Selain kawasan wisata Bukit Teletubbies, ada beberapa tempat lainnya yang juga sayang untuk anda lewatkan jika berkunjung kesini, diantaranya adalah Air Terjung Gontiang. tepatnya di Obom juga terdapat berbagai riam dan Sarasah.  Untuk menuju ke kawasan Sarasah yang bernama "Sarasah Obom" ini hanya membutuhkan waktu tempuh yang cukup dekat dari Kampung Obom.  Sementara itu, untuk sampai ke kawasan riam yang bernama “Riam Gontiang ini, jaraknya cukup jauh, yaitu sekitar 5 KM dari Kampung Obom.


  Kelebihan dari Air Terjun Gontiang ini adalah memiliki area pencucian yang sangat luas dan air yang sangat jernih.  Pemandangan luar biasa di tempat liburan di kota Obom ini akan memikat siapa saja yang berkunjung ke sana.  Selain itu, selain menikmati sejuknya udara dan pemandangan alam kawasan Pasaman, kawasan ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai basis foto, dan tentunya tempat ini sangat cocok untuk Anda para pecinta selfie lokal. 

Selamat berwisata, semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari tempat wisata di sekitar Pasaman, Sumatera Barat.


*

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS