Ticker

6/recent/ticker-posts

Silek Kumango Di Solok Selatan.

 


Oleh :Muhammad Fauzan mahasiswa sastra daerah Unand 


Silek Kumango di Solok Selatan tidak sama dengan Kumango di Tanah Datar. Hasil Pendaftaran Balai Pelestarian Nilai Budaya Di Sumatera Barat, setidaknya ada 12 sekolah silat tradisional di Kabupaten Solok Selatan. Dari sekian banyak aliran tersebut, tidak ada satu pun yang benar-benar lahir dan berkembang di daerah tersebut. Hampir semua silek yang ada berasal dari daerah lain terutama dari Darek khususnya daerah Tanah Datar.


Namun dari angka tersebut diketahui bahwa ada beberapa corak sutra khas Solok Selatan. Dikatakan unik karena meski alirannya , namun memiliki perbedaan yang luar biasa dalam hal gerakan atau postur. Mungkin karena mengalami modifikasi dari aslinya atau karena beberapa aliran digabungkan. Beberapa gaya silek yang khas adalah luncu, colau, padang abai, dan kumango.


Di antara empat aliran yang berbeda, Silek Kumango adalah salah satu gaya yang khas dan unik. Orang percaya bahwa silek ini berasal dari daerah Darek, yang kemudian menyebar ke Solok Selatan. Namun, ada perbedaan yang mencolok dengan daerah Darek. Silek Kumango di Solok Selatan tidak seperti yang orang pikirkan tentang Silek Kumango di daerah Darek.


Silek Kumango di Solok selatan merupakan campuran dari beberapa aliran silek, sehingga disebut "kumango". Menurut masyarakat, kata "kumango" dalam bahasa setempat dicampur atau digabungkan. Jadi kata “kumango” secara etimologis “gado-gado” atau “campuran”. Nama ini merujuk pada aliran silek yang menyatukan beberapa gerakan dari beberapa aliran silek di Solok selatan. Beberapa aliran dan gerakan silat yang tergabung dalam Silek Kumango Solok Selatan adalah Colau, Pangian, Luncu, dan Taralak.


Dimasukkannya beberapa gaya silek ke dalam "silek Kumango" tidak sepenuhnya mengubah tradisi Silek Kumango yang asli. Gerakan utama masih berlangsung. Selain itu, tradisi buka halaman dengan ritual khusus juga terus berlanjut. Kini, Silek Kumango berkembang dengan baik di Kabupaten Solok Selatan dengan keunikan tersendiri.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS