Ticker

6/recent/ticker-posts

Salah Satu Surga Yang Tersembunyi di Pantai Kata



Penulis: Jaya Putra Ramadhan

Mahasiswa Sastra Minangkabau, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas


Sumatera Barat merupakan sebuah provinsi yang terletak pada pulau Sumatera, Provinsi ini didominasi oleh penduduk dari etnis Minang atau yang biasa lebih dikenal dengan sebutan Minangkabau. Provinsi Sumatera Barat, memiliki ribuan destinasi wisata yang masih asri dan alami serta sudah banyak sekali destinasi wisata yang telah di kenali oleh penduduk luar Pulau Sumatera seperti, Gunung Talang, Pantai Air Manis, Pantai Gandoriah, Pantai Kata, dan masih banyak pantai lainnya.

Kali ini saya sebagai penulis ingin membahas salah satu pantai yang ada di Kota Pariaman yaitu Pantai Kata. Pantai Kata merupakan salah satu pantai yang terletak di Kota Pariaman, Pantai Kata ini masih memiliki pemandangan nan asri serta butiran pasir yang masih putih. 

Saya dengan teman-teman yang berdomisili di Kota Padang, ketika mengunjungi Pantai Kata tersebut menggunakan transportasi kereta api, kemudian turun di Pantai Gandoriah, dari Pantai Gandoriah kita hanya berjalan kaki kurang lebih 10 menit, dan kemudian sampai di Pantai Kata. Tidak ada tiketing atau karcis untuk mengunjungi Pantai Kata tersebut, hanya saja ketika kita sebagai pengunjung yang membawa kendaraan, maka kita hanya membayar parkir untuk kendaraan tersebut. 

Nama Pantai Kata merupakan kependekan dari nama dua desa yang berdekatan, yaitu Karan Aur dan Taluak. Untuk lingkungan Pantai Kata itu sendiri masih memiliki lingkungan yang sangat asri, banyaknya deretan pohon cemara yang membuat tempat ini terlihat rapi serta hembusan angin laut menjadikan pantai tersebut lebih nyaman. Selain itu juga ada bangunan-bangunan yang menjorok ke laut yang mendukung pengunjung untuk refreshing.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pantai Kata terhadap pengunjung juga mendukung seperti, Musholla yang disertai toilet, arena permainan anak, dan taman bunga. Selain itu Pantai Kata juga mengarah ke Utara yang disertai oleh ayunan dan tempat duduk yang asik kemudian kita akan menemui Tugu Ikan Situhuk yang menjadi nilai lebih bagi Pantai Kata, selain itu juga ada pedagang kaki lima yang menjual makanan-makanan khas Pariaman seperti Sala Lauak dan lainnya.

Pemandangan yang disajikan dari Pantai Kata ketika sunset sangatlah mendukung, kita sebagai pengunjung juga bisa menikmati langsung perlahan-lahan matahari terbenam tanpa dihalangi oleh apapun. Bahkan juga banyak yang memberi julukan The City Of Sunset Indonesia.

Pantai Kata juga menyediakan fasilitas alami yang Instagramable nan keren abis, hal ini dibuktikan banyaknya selebgram yang mengambil potret dirinya maupun pemandangan yang akan mereka post dalam feed instagramnya. Karena Pantai Kata sendiri pun memang sangat mendukung dalam segi photography.

Bagi pengunjung yang berasal dari luar daerah nan tidak memiliki tempat istirahat, di Pantai Kata juga memiliki penginapan seperti hotel dan resort yang juga didukung oleh fasilitas yang disediakan pihak pengelola hotel dan resort tersebut. Selain itu, pihak hotel pun juga menyajikan makanan khas Pariaman atau pun makanan luar daerah bahkan makanan manca negara sekali pun.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS