Ticker

6/recent/ticker-posts

OBAT-OBAT TRADISIONAL YANG BIASA DIGUNAKAN MASYARAKAT MINANGKABAU



Oleh:Loreza Tania Miranda

Jurusan Sastra Minangkabau Mahasiswa Unand


1.Apa itu obat Tradisional?

   Obat tradisional atau ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan pengetahuan tradisional yang berkembang dari generasi ke generasi sesuai kepercayaan yang dianut berbagai masyarakat sebelum era kedokteran modern.

 

 



2.Jenis-Jenis Obat Tradisional

Banyak jenis jenis obat-obatan yang kita temui dan biasa digunakan oleh masyarakat minang,yaitu:

a.Daun Jarak

    Masyarakat Minang biasanya menggunakan daun jarak ini untuk demam(menurunkan panas),bukan hanya untuk demam tetapi untuk orang yang sedang sakit gigi dan menyembuhkan sakit perut.

  Cara menggunakan daun jarak ini berbeda-beda,kalau untuk menurunkan panas ketika demam yang kita lakukan pada daun jarak yaitu membasahi daun jarak yang bersih,lalu direndam pada air yang ada dibaskom bersih, lalu ditempelkan pada dahi dan area ubun-ubun  sampai demam mereda.Daun jarak pada sakit perut itu lebih baik direbus,Daun jarak yang direbus, kemudian diminum airnya. Dipercaya dapat melancarkan ASI, menstruasi, meredakan panas, mencegah kerusakan hati, hingga menyembuhkan sakit perut.

b.Kunyit

   Masyarakat Minangkabau biasanya kunyit untuk sapai-sapai istilah orang minang,sapai-sapai itu Ubek atau paureh iolah suatu bahan atau paduan bahan nan dimukasuikan dalam manantuan diagnosis, managah, mangurangi, mailangan, mancegakan panyakik atau gajalo panyakik, luko atau kalainan badaniah sarato rohaniah pado manusia atau hewan jo untuak mampaelok badan atau bagian badan manusia, tamasuak ubek tradisional.Selain itu,kunyit bisa diblender atau direbus khasiat kunyit pada organ hati dan empedu termasuk membantu meningkatkan produksi cairan empedu pada pencernaan.

c.Kina(Daun kina)

    Kina merupakan tanaman obat yang telah dikenal lama. Tanaman ini bisa ditemukan dihutan atau di lading ataupun di depan rumah kita.Tanaman kina ini diambil daunnya,biasanya ibu-ibu mengambil daun ini untuk anaknya supaya berhenti menyusui ASI si ibu,daun itu di oleskan pada payudara si ibu,lalu ketika si anak menyusui akan tersa pahit,dan trauma.Mungkin ibu juga sudah berpikir jauh untuk melakukan ini karena anaknya sudah berumur 2 tahun lebih.


d.Daun Sirih

  Sirih adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain.Daun sirih ini mudah ditemukan dan banyak khasiatnya,terutama untuk mimisan,Daun sirih dipercaya memiliki antiseptik dan anti jamur yang dapat mengurangi rasa gatal pada organ intim wanita.Daun sirih yang direbus juga membantu sakit perut,mengonsumsi air campuran daun sirih dapat meringankan sembelit.mengunyah daun sirih adalah untuk mencegah bau mulut, serta menjaga kesehatan gigi dan gusi. 

e.Buah Pinang

  Buah pinang bisa kita temui di batangnya,dan banyak kita jumpai dihutan atau di perbukitan maupun dekat rumah kita.Buah pinang ini banyak kasiatnya untuk kesehatan kita,untuk  Mencegah dan mengatasi anemia, Melancarkan pencernaan, Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Meski memiliki ukuran yang kecil, buah pinang menyimpan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

  Buah pinang digunakan dalam tradisi menyirih oleh sebagian masyarakat Minang. Selain itu, buah pinang juga bisa diolah menjadi jus, dan jamu.

f.Kumis Kucing

   Tanaman Kumis Kucing ini termasuk obat yang bisa menyembuhkan penyakit.Tanaman Kumis kucing ini banyak kita temui di sekitar lingkungan tempat tinggal kita.Banyak sekali khasit dari tanaman Kumis Kucing ini,Kumis kucing ini obat yang bisa kita rebus dan kita minum air rebusannya,Kumis Kucing ini termasuk obat batuk,dan katanya juga untuk keputihan,ada juga untuk saluran kancing,dan ginjal,bukan hanya itu kumis kucing itu juga bisa untuk Ibu hamil,dan menyusui.Bentuk dari tanaman ini daun kumis kucing dari bunganya yang berwarna putih atau ungu dengan benang sari panjang dan mirip kumis kucing. Karena itu tanaman ini dinamai tanaman kumis kucing.


g.Jahe

 Jahe adalah tumbuhan yang sering digunakan sebagai rempah-rempah dan bahan baku pengobatan tradisional.Jahe bukan hanya untuk bahan dapur tetapi juga bisa kita gunakan untuk obat tradisional yang banyak manfaat.Jahe ini memiliki bau yang khas yang bisa kita ketahui,dan mudah juga kita temui. umumnya digunakan sebagai bumbu makanan karena rimpangnya yang aromatik dan rasanya yang pedas. Tekstur rimpang jahe terasa padat, kasar.

  Khasiat dari Tanaman Jahe ini ialah,obat batuk, Mengurangi risiko penyakit jantung, Khasiat jahe dapat membantu mencegah pembekuan darah di pembuluh darah jantung karena mengandung asam alami yang disebut salisilat,Mencegah diare,mencegah atau mengurangi  saat sakit perut pada menstruasi ,menjaga kesehatan perut,mual,bau mulut dan banyak lainnya dari tanaman jahe ini.


h.Sikumpai.

 Sikumpai atau Cikumpai termasuk genus Lepturus repens adalah salah satu tanaman mangrove suku rumput rumputan, tanaman ini sebagai obat tradisional yang bermanfaat untuk meredakan demam dan panas dalam.daun ini baru-baru ini saya ketahui

i.Daun cincau

  Daun cincau ini termasuk daun untuk obat minuman yang bisa kita konsumsi untuk obat-obatan.Daun cincau ini bisa kita tanam di perkarangan depan rumah kita,Daun ini khasiat nya untuk panas dalam, obat batuk,asam lambung,sakit tenggorokan dan banyak lainnya.Daun ini bisa membuat cincau karena itu dinamakan daun cincau. Daun cincau hijau berbentuk hati berwarna hijau tua dengan permukaan daun yang berbulu halus. Tanaman ini tumbuh merambat dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Cincau hijau dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil

   Cara menggunakan daun ini yaitu pertama kita cuci bersih lalu kita peras menggunakan tangan yang kita campur dengan air,dan bisa kita blender, lalu langkah selanjutnya kita saring ke wadah yang bersih dan diamkan beberapa menit.

j.Lidah Buaya

   Lidah buaya ini sangat mudah ditemui dan kebanyakan orang menanam lidah buaya ini di perkarangan rumahnya,dan dijadikan sebagai bunga dipot.Lidah buaya ini banyak sekali khasiat nya bagi obat luka(jejak luka),obat rambut(supaya tebal,menghilangkan ketombe,menghitamkan rambut),untuk wajah (skincare,menghilangkan jerawat

 dan pori-pori di wajah),dan khasiat lainnya.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS