Ticker

6/recent/ticker-posts

DESTINASI WISATA MANDEH DI PESISIR SELATAN


Oleh: Hamni Aulia

Prodi : Sastra Daerah MinangKabau

Pekerjaan : Mahasiswa Universitas Andalas



Pesisir Selatan ialah sebuah kabupaten yang berada di Sumatra Barat,yang beribukotaka Painan,Pesisir Selatan juga sering kita kenal sebgai Negeri Sejuta pesona,hal ini di karenakan banyak nya destinasi yang ada di pesisir selatan baik destinasi religi maupun destinasi wisata.Salah satu destinasi wisata yang ada di Pesisir Selatan ialah wisata Pulau Mandeh             

   Puncak Mandeh

Puncak mandeh ialah sebuah tempat wisata yang berada di nagari Tarusan kabupaten Pesisir Selatan yang berbatasan langsung degan kota Padang. Puncak Mandeh juga di sebut sebagai Raja Ampat nya Sumatra Barat,di karenakan Kawasan Mandeh juga terdiri dari perpaduan bukit alami yang di kelilingi pulau-pulau kecil. Kita juga dapat melihat pulau-pulau dari atas puncak seperti pulau setan,cubadak,sironjong besar dan lain sebagainya.selain menikmati keindahan pulau-pulau tersebut kita juga dapat menikmati keindahan air laut yang memiliki gradasi warna yang sangat indah dari atas puncak mandeh.

Pulau Setan

Pulau Setan juga termasuk salah satu objek wisata yang di gemari pengunjung di Pesisir Selatan Pulau Setan sendiri terletak di kawan mandeh nagari Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Pulau Setan ini dahulunya memiliki nama Pulau Sultan tapi masyarakat sekitar Pulau menyebut Pulau Setan.

Pulau Setan juga menjadi salah satu objek  wisata di Kabupaten Pesisir Selatan yang sangat di gemari pengunjung, apalagi secara keseluruhan objek wisata Kawasan Mandeh  kesamaan dengan pulau cantik seperti Raja Ampat di Papua Barat. 

Di pulau ini kita dapat menyaksikan langsung birunya laut dan putihnya pasir, bahkan bukan hanya mata, telinga kita juga akan diperdengarkan suara deburan ombak. Selain itu di lokasi ini anak-anak bisa dengan nyaman dan aman berenang karena pinggiran pantainya sangat dangka

Pulau Cubadak

Pulau Cubadak ialah sebuah pulau yang juga berada di Pesisir Selatan tepatnya di Tarusan kabupaten Pesisir Selatan kawasan Mandeh ,pulau cubadak ini memeiliki perairan yang cenderung tenang karna berada di teluk.Selain perairannya yang menenangkan pualau cubadak ini memiliki keindahan bawah laut yang sangat cantik,hal ini salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang datang ke wisata mandeh.

Pulau Sironjong Gadang ( Besar )

Sironjong Besar ini merupakan salah satu pulau dari banyak nya pulau yang ada di pesisir Selatan tepatnya di kawasan wisata mandeh,pulau sironjong ini memiliki arti tinggi,sesuai dengan apa yang kita lihat bahwa pulau sironjong ini di hiasi oleh perbukitan dan tebing-tebing tinggi,tapi jangan khawatir pulau ini juga memiliki pantai yang berpasir.

Pulau Sironjong ketek ( Kecil )

Pulau sinronjong ketek ini terletak di kawasan Mandeh,Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan,Sumatra Barat.Pulau Sironjong ini jika dilihat memiliki bentuk seperti piramid dan ada juga yang mengatakan berbentuk seperti kapa,pulau sironjong ketek juga  salah satu pulau yang tidak memiliki penduduk.Pulau Sironjong ketek ini memiliki topografi perbukitan dan juga tebing-tebing tinggi,bahkan kawasan pantai sironjong ketek ini cenderung tidak memiliki pantai yang berpasir.Meski cenderung tak memiliki pantai yang berpasir,pantai ini juga menjadi salah satu tujuan bagi para wisatawan,hal ini di karenakan pulau sironjong ketek memiliki tebing-tebing tinggi yang sangat cocok untuk di  jadikan aksi jumping.hal ini terbukti karna banyak nya para wisatawan yang berkunjung ke pulau sironjing ketek untuk melakukan aksi jumping.Bila ingin ke pulau sironjong ketek (kecil ) maka akan melewati pualu sironjong gadang ( besar ).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS