Ticker

6/recent/ticker-posts

Depati Coffee Tempat Ngopi Di Ketinggian 1453 Mdpl Kota Sungai Penuh


 OLEH :  TESSA RAHMA PUTRI 

JURUSAN SASTRA MIANGKABAU FAKULTAS ILMU BUDAYA 

UNIVERSITAS ANDALAS



     Bumi Sakti Alam Kerinci terkenal dengan wisata alamnya. wisata di Kota Sungai Penuh Ada beberapa destinasi wisata alam adalah Depati VII Coffee. Tempat wisata ini yang mempunyai keindahan alam yang masih bersih dan terjaga dari populasi udara dan keindahan alam yang sangat masih terjaga dan asri. Salah satu tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi masyarakat kota sungai penuh dan kerinci. Depati coffee pada ketinggian 1.453 mdpl, bentang alamnya sangat menarik karena berada di daerah puncak Sungai Penuh, Gunung Kerinci sangat terlihat jelas dari puncak Depati Coffee, pengunjung bisa melihat secara langsung kebun kopi mulai dari memetik, proses penjemuran dan pembuatan/penyajian kopinya sendiri. Tentu saja dengan skala kecil. Udaranya juga sangat sejuk dan dingin. Lahannya luas dan nyaman bisa membuat pengunjung berlama-lama disini. Depati VII Coffee sebenarnya adalah kebun kopi yang oleh pemiliknya dibuatkan menjadi tempat minum kopi. Usaha menanam kopi ini dirintisnya pada tahun 2016 pada lahan seluas 2 hektar yang 1 hektar ditanaminya dengan kopi. Lahan ini terletak di ketinggian 1.453 mdpl dan sangat cocok untuk kopi Arabika. Seperti kita ketahui kopi Arabika sangat cocok ditanam pada ketinggian diatas 900 mdpl. Apalagi kopi saat ini sangat booming, dimana-mana cafe untuk ngopi menjamur. Akhirnya Februari 2019 Depati VII Coffee resmi dibuka. Visi destinasi yang didirikan April 2019 lalu ini memang ingin menjadi tujuan utama wisata budaya dan kopi di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. 

   Depati coffe adalah tempat wisata yang memiliki keindaahan lingkungan alam yang masih alami dan di jaga di lingkungan setempat. Di dalam lingkungan depati coffe memiliki berbagai macam coffe yang ada dan di sediakan juga berbagai macam coffe yang di kelola dan di buat langsung oleh barista yang ada di depati coffe ini. Depati coffe ini bukan hanya ada tanaman coffe aja ada berbagai macam bunga yang di tanam di dalam lingkungannya. Di sebalah kiri depati coffe ini kita juga di sambut dengan pemandagan gunung kerinci yang tertinggi sumatra ini sambil menyeduh coffe kita juga di sambut pemandagan gunung kerinci yang sangat indah dan menyegarkan mata sambil menyeduh kopi yang ada di sediakan. Bukan hanya ada di sebelah kiri saja pemandangan yang menyegarkan mata, di sebelah kanan kita disambut dengan keindahan pemandangan kota sungai penuh dan kerinci dan yang paling menariknya danau kerinci pun terlihat jelas dari depati coffe ini. Keindahan danau kerinci yang sangat di dukung oleh cahaya matahari yang sangat terik dan sangat jelas keindahan nya danau kerinci. Karna kita berada ketinggian yang sangat menyegarkan mata dan di kelilingi kota sungai penuh dan kabupaten kerinci yang sangat jelas dari depati coffe ini. Suasana di depati coffe ini sangat sejuk dan cuaca sangat mendukung ketika kita berada di puncak depati coffe ini. Keindaahan yang ada disini sangat menyegarkan mata dan menghilangkan pikiran-pikiran stess sehingga membuat ketika dilingkungan ini kita sangat terasa nyaman dan mendapatkan Vibesnya suasana alam yang masih terjaga dan masih dilindungi dengan baik. Jauh dari kata sampah di dalam lingkungan ini. 






      Depati coffee memiliki fasilitas yang tentu banyak disukai pengunjung. Pemilik depati coffee juga sudah menyiapkan dan menyediakan fasilitas yang sangat aman untuk pengunjung yang datang. Pengunjung terus berdatangan tidak hanya dari Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Namunn juga para pengunjung dari luar daerah seperti  dari Bengkulu dan Sumatera Barat. Sejumlah wisatawan mancanegara juga menyempatkan singgah dan menikmasi suasana di sana seperti dari. Jepang, Inggris, Belanda, India dan Arab. Tak sampai di situ, lokasi itu juga menjadi area penelitian  bagi sejumlah mahasiswa  termasuk profesor dari Jepang,  Prof Harada Univ Nagoya. Di depati coffee juga menjual berbagai coffee yang langsung di petik di kebunnya langsung dan di higeniskan di tempat nya langsung untuk menjaga ketahanan kopi yang akan di konsumsi. Depati Coffe juga bisa dijadikan untuk tempat camping, Depati Coffe menyediakan tenda dan perlengkapan lainnya. Jika ingin menikmati hutan di daerah Bukit Tapan, misalnya hiking, Birdwatching maka Depati VII Coffe menfasilitasinya. Di dalam camping ini banyak di fasilitasi yang kita mau atau yang sesuai yang diinginkan oleh pengunjung. Untuk berkemah ada 2 (dua) paket yang ditawarkan. Keduanya dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

- Ada paket Community (Rp. 70 ribu), Paket Koying minimal 7 orang (Rp. 225 ribu).

- Lalu ada Paket Coffee Camp 1 untuk 4-5 orang dengan 1 tenda (Rp. 200 ribu). Lalu Paket Coffee Camp 2 untuk 7-10 orang dengan 2 tenda (Rp. 300 ribu).

- Juga ada layanan sewa matras, sleeping bag, tenda, nesting, dan gas.


Lokasi yang lebih detail 


   Lokasi tempat ngopi ini berada di ketinggian perbukitan dan dikelilingi oleh kebun-kebun. Berjarak sekitar 13 – 16 kilometer dari pusat Kota Sungai Penuh. Bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30an menit.

Di Google Map disarankan rute yang melewati PDAM Tirta Sakti dan Bukit Impian. Rute ini memiliki jarak tempuh sekitar 16 km. Ada papan penunjuk arah untuk belok ke kanan di pertigaan 200 meter sebelum lokasi.

Sedangkan rute kedua bisa melewati Jalan Muradi dan Kampus II STIA – STIE dan Taman Putri Tunggal. Rute ini berjarak sekitar 13an kilometer.


Jam Buka Depati Coffee

   Tempat ini buka setiap hari dari pagi hingga malam hari. Sebelumnya hanya buka hingga sore hari.

Pukul: 08:00 – 20:00 WIB. Dan kalau untuk camping dibuka sampai pagi untuk menjaga keamanan untuk yang lagi berada camping di depati coffe ini

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS