Ticker

6/recent/ticker-posts

Bukit Khayangan, Spot Terbaik Menatap Keindahan Alam Kerinci



Nama : Tessa Rahma Putri  

 Universitas Andalas Fakultas ilmu Budaya jurusan Sastra Minangkabau 



 

   Bukit Khayangan merupakan salah satu primadona destinasi wisata di dataran tinggi Kerinci. Dari bukit ini, akan tersaji berbagai panorama menawan seperti hamparan perbukitan, ladang, sawah, Gunung Kerinci, Danau Kerinci dan juga Kota Sungai Penuh. Rasanya tak berlebihan jika Kabupaten Kerinci dijuluki sebagai surga terindah di Jambi. Pesona alam Kerinci memang sulit untuk diabaikan, berbagai tempat wisata menawan bisa dengan mudah dijumpai oleh travellers. Bukit Khayangan merupakan sedikit contoh kecil dari keindahan alam Kerinci, dan seolah menjadi keharusan berkunjung ke tempat ini jika tengah berada di Kerinci. Deretan perbukitan, hamparan ladang, serta gelombang awan menjadi panorama yang ditawarkan dari tempat wisata ini. Tak aneh memang, bukit ini menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi wisatawan. Suasana khas pedesaan dan udara segar menjadi daya tarik tersendiri, yang mampu membuat setiap orang enggan cepat-cepat beranjak dari bukit ini.

    Secara geografis, Bukit Khayangan terletak pada Desa Renah Kayu Embun, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Lokasi bukit pun bisa dicapai dengan mudah, hanya dengan menempuh jarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Sungai Penuh dan memakan waktu kurang lebih 30 menit berkendara. Kondisi jalan yang beraspal mulus juga akan memudahkan wisatawan menuju ke lokasi bukit. Apabila pengunjung berasal dari Kota Jambi, maka diperlukan waktu perjalanan selama 8 hingga 10 jam. Sayangnya, masih belum ada transportasi umum yang bisa mengantar wisatawan menuju bukit. Selama perjalanan pun, wisatawan akan disambut dengan suasana pedesaan Kerinci serta panorama alam berupa hamparan sawah, serta hijaunya deretan perbukitan. Keindahan alam yang menakjubkan akan tersaji ketika tiba di puncak bukit. Panorama alam berupa hamparan bukit barisan, persawahan, dan juga ladang-ladang milik warga yang berada dipunggung bukit akan menyihir pandangan wisatawan. Dari puncak bukit, juga terpampang dengan jelas keindahan dari Kota Sungai Penuh.    

   Berada pada ketinggian 1.500 meter diatas permukaan laut, Bukit Khayangan memang menjadi primadona wisatawan dari dan luar kota. Bukit ini juga masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Saat cuaca cerah, panorama yang ditawarkan pun semakin memukau. Komposisi warna hijau dari perbukitan dan birunya langit, merupakan perpaduan pas yang sedap untuk dipandang. Udara sejuk serta bebas dari polusi yang merupakan ciri khas dari daerah dataran tinggi pun bisa dinikmati pada bukit ini. Tak hanya hamparan bukit barisan, serta puluhan ribu hektar sawah wisatawan juga akan disuguhi dengan panorama Gunung Kerinci. Selain itu dari bukit juga terlihat pesona keindahan Danau Kerinci. Dikala cuaca mendung, seolah Bukit Khayangan akan memperlihatkan sisi lain dari keindahan alam tanah Kerinci. Gerombolan awan bergerak secara perlahan, dan seketika menciptakan suasana mistis sekaligus romantis. Fenomena alam ini pun menjadi salah satu momen yang paling dicari oleh wisatawan. Seolah wisatawan tengah berada di negeri atas awan, dengan hamparan awan layaknya sebuah lautan. Pesona keindahan yang dimiliki bukit, seolah tiada habisnya untuk dinikmati. Saat pagi menjelang, wisatawan bisa menyaksikan panorama sunrise yang memukau dari puncak bukit. Udara dingin yang menusuk tulang, seketika tergantikan dengah hangatnya sinar matahari pagi. Fenomena sunrise ini pun banyak mengundang rasa penasaran dari wisatawan. Keindahan yang di bukit khayangan ini sangat tiada dua nya karna sambil melihat pemandagan kota sungai penuh dan kerinci yang sangat indah dilihat. Semua terlihat jelas di pandang mata.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS