Ticker

6/recent/ticker-posts

Wisata Kuliner Malam Lubuk Begalung



Fajar Rizal Maulana

Sastra Daerah Minangkabau

Universitas Andalas


Objek wisata yaitu segala sesuatu yang menjadi daya tarik bagi seseorang untuk mengunjungi suatu daerah tertentu. Dengan syarat adanya kegiatan atau objek yang dilakukan pengujung.

Daya tarik wisata yang saya senangi atau sangat menonjol ialah kuliner. Saat berwisata ke padang tidak sah kalau belum mengunjungi wisata kuliner malam khasnya kota padang. Kuliner menjadi bagian dari tujuan wisatawan yang tidak bisa di abaikan karena kuliner menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Bahkan kuliner bisa menjadi daya tarik khusus ketika seseorang memutuskan untuk mengunjungi daerah wisata tersebut. Kuliner sendiri mempunyai peranan penting dalam industri pariwisata. Wisata kuliner atau yang disebut dengan FOOD TOURISM. Tentu ini termasuk ke dalam jenis objek wisata buatan manusia. Seperti kuliner yang ada tidak jauh dari domisili saya yaitu kuliner malam lubuk begalung yang ada di depan kampus Universitas Putra Indonesia. Dimana objek wisata kuliner malam ini sangat banyak diminati oleh wisatawan lokal terutama wisatawan muda-mudi yang menjadikan tempat ini sebagai tongkrongan, atau tempat untuk melepaskan penat dan lelah serta tempat pengerjaan tugas perkuliahan. 

Sebagai pusat pendidikan juga tercipta lokasi tempat makanan kaki lima yang sudah dikenal oleh seluruh traveler Indonesia untuk mencicipi jenis masakan yang dijual oleh para pedagang. Kawasan ini dikenal dengan nama lubeg atau lubuk begalung sebagai nama tempat yang harus di datangi oleh wisatawan lokal.

Dimana pada zaman sekarang muda-mudi sangat banyak yang tertarik pada wisata kuliner, hal ini tentu menjadi keuntungan bagi pengelola yang mengelola tepat objek wisata kuliner malam. Pengelola objek wisata tentu memanfaatkan potensi ini sebagai objek destinasi kuliner malam, hal yang menjadi daya terik tersendiri dari wisata kuliner malam lubuk begalung yaitu adanya berbagai jenis kuliner makanan yang ada, mulai dari makanan tradisional sampai makanan modern yang sedang hits di kalangan anak muda, hal ini tentu menjadi sebuah kepaduan yang cocok untuk menarik minat wisatawan lokal. Untuk makanan yang ada pun berbagai macam mulai dari seperti sate padang, teh talua, skotang, lontong malam, nasi padang, bakso, cumi bakar, angkringan, serabi bakar durian, corndog mozarella, minuman boba dan berbagai macam jenis makanan yang lainnya. Lokasi yang sangat ramai terdapat di dekat tugu bambu dan pintu masuk kampus UPI, hal ini sebagai tempat yang tepat menghilangkan rasa lapar dengan jenis makanan yang bisa di beli untuk sebagai makan malam ataupun cemilan malam. Wisata kuliner malam ini buka dari jam 18.00-24.00 malam. 

Berdasarkan analisis saya pribadi target utama para pengelola wisata kuliner malam ini ialah wisatawan lokal yang berada di sekitaran kecamatan lubuk begalung, akan tetapi tidak menutup kemungkinan para wisatawan dari daerah lain datang mengunjungi wisata kuliner malam lubuk begalung ini.

Sebagai pusat pendidikan tentu target utama para pengelola wisata malam ini ialah mahasiswa-mahasiswi yang berkuliah di UPI, yang bertempat tinggal di kawasan wisata kuliner malam ini, dengan target utama pada muda-mudi yang ada di daerah kawasan ini, tentu akan mengundang para pemuda dan pemudi yang ada di daerah lain, dengan demikian terjadilah suatu objek wisata pada tempat ini, dimana pengertian objek wisata sendiri sudah di jelaskan di atas yaitu segala sesuatu yang menjadi daya tarik bagi seseorang untuk mengunjungi suatu daerah tertentu.

Lokasi ini pun terdapat masjid yang cukup terkenal di padang yaitu masjid UPI atau masjid Rahmatan Lil’alamin yang berada di dalam kampus UPI, masjid ini dikenal banyak masyarakat padang karena keindahan infrastrukturnya, dimana bentuk bangunan masjid ini berbentuk lingkaran dengan hiasan ornamen-ornamen berwarna emas sehingga perpaduan tersebut memiliki gaya arsitektur timur tengah. Dengan khubah besar berwarna emas itu membuat masjid ini memiliki ciri khas tersendiri, campuran warna emas dan putih membuat masjid ini terkesan megah dengan ukiran-ukirannya. 

Masjid ini diresmikan oleh imam masjidil haram syekh hasan bin abdul hamid bukhori serta dewan pembina al manarah al islamiyyah arab saudi syekh khali dal hamidi, para pimpinan universitas timur tengah dan wali kota padang. Masjid ini bisa menampung jamaah lebih kurang 3000 orang untuk bagian dalam. Selain itu mimbar masjid ini juga terlihat tidak biasa, dimana mimbarnya berbentuk seperti kamar setinggi dua meter serta pintu masuk di bagian depan dan tangga untuk penceramah naik ke kursi. 

Untuk kenyamanan para jemaah dalam melaksanakan ibadah, masjid ini memiliki karpet yang sangat nyaman dan tebal dengan warna merah dan bagian dalam masjid juga dilengkapi air conditioner di beberapa sisi, hal ini tentu juga menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan dengan objek wisata religi.

Dengan hal demikian tentu daerah lubeg atau lubuk begalung memiliki bererapa objek wisata yang dapat dikunjungi, dengan cuman mengunjungi satu tempat destinasi wisata saja wisatawan bisa mendapatkan beberapa objek wisata seperti jembatan ujung tanah sebagai objek wisata sungai yang dapat di lihat pada sore hari, wisata kuliner malam khas lubuk begalung yang mana wisatawan bisa memilih berbagai jenis macam kuliner, serta masjid yang terkenal di padang sebagai tempat beribadah ketika masuknya waktu beribadah.

Dengan demikian ketiga konsep pariwisata pun terpenuhi yaitu : 

1. something to see : Wisatawan melihat berbagai jenis kuliner malam yang ada di daerah lubuk begalung, tidak kuliner saja tetapi wisatawan bisa melihat objek wisata sungai dan masjid yang sangat populer di kota padang.

2. something to do : Wisatawan dapat melakukan sesuatu hal yang menarik dari beberapa objek wisata yang ada di lubuk begalung seperti menunaikan ibadah di objek wisata religi yang ada yaitu masjid Rahmatan lil alamin

3. something to buy : yang dapat dibeli di objek wisata kuliner malam tentu hanya kulinernya saja dikarenakan belum adanya pengelolaan souvenir pada tempat wisata ini.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS