Ticker

6/recent/ticker-posts

PANGKALAN TNI AL LABUAN BAJO IKUT EVAKUASI LAKA LAUT KLM NOAH

TNI AL. SAR Dan Polaroid melakujan evakuasi KM N Di Manggarai Rabu(2/03/2022). Foot Drw




Personel Pangkalan TNI AL Labuan Bajo bersama Polairud Labuan Bajo dan Basarnas Labuan Bajo melaksanakan evakuasi kapal KMN Noah dengan Nahkoda Bapak Hendrik di perairan pulau sebayu, Manggarai Barat, Rabu(2/03/2022).


Pelaksanaan evakuasi terhadap laka laut dimana kapal KMN Noah sedang melaksanakan Wisata Trip dari Labuan Bajo menuju Kawasan Wisata Komodo (Pulau Padar, Pulau Komodo, Pink Beach dan Spot Manta Ray) karena kondisi cuaca yang kurang bersahabat dan berpengaruh terhadap stabilitas kapal, sehingga mengalami trouble/ kemudi macet dan tidak dapat melanjutkan pelayaran. Selanjutnya melaksanakan lego jangkar akan tetapi rantai jangkar kapal KMN Noah putus sehingga mengalami oleng dimana kondisi cuaca buruk dengan gelombang yang cukup besar sehingga memerlukan evakuasi.


Kapal KMN Noah mengangkut wisatawan asal Jakarta dengan jumlah 7 orang yang sedang perjalanan kembali ke Labuan Bajo, tim gabungan SAR yang terdiri dari Lanal Labuan Bajo, Polairud Labuan Bajo dan Basarnas Labuan Bajo yang berjumlah 12 Orang dengan menggunakan 3 unit Alutsista yang terdiri dari 1 Unit Searider 500 PK Lanal Labuan Bajo, 1 Unit Searider 400 PK Alexandria Labuan Bajo dan 1 unit Searider 500 PK Basarnas Labuan Bajo.


Pelaksanaan evakuasi berhasil dilaksanakan dengan membawa para korban ke pelabuhan KP3 Labuan Bajo untuk dilaksanakan penanganan lebih lanjut terhadap korban, selanjutnya kapal KMN Noah masih dilaksanakan perbaikan kemudi untuk bisa kembali ke pelabuhan Labuan Bajo.


Ditempat terpisah Danlanal Labuan Bajo Letkol Laut (P) Roni, S.T., M.Tr.Hanla., menyampaikan Prajurit Lanal Labuan Bajo selalu siap melaksanakan bantuan bencana alam serta bencana laka laut dengan mengunakan Alutsista serta di dukung personel yang terlatih.


Kegiatan yang dilaksanakan Lanal Labuan Bajo sesuai dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, tingkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan sistem senjata armada terpadu yang memiliki daya gerak dan gempur yang tinggi.



Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS