Ticker

6/recent/ticker-posts

Atur Ritme Nafas, Sasaran Terkunci dan Tekan Picu

Asah kemampuan menembak sejumlah prajurit TNI AL di  Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) pagi ini, Rabu (2/2/2022) di Markas Komando (Mako) Puspenerbal foto AL




Memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak prajurit merupakan upaya dalam pembinaan satuan dalam rangka mendukung tantangan tugas yang semakin komplek, salah satunya dengan melaksanakan menembak  dengan metode driil kering acu bidik yang dilaksanakan oleh prajurit Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) pagi ini, Rabu (2/2/2022) di Markas Komando (Mako) Puspenerbal.


Sebanyak 72 orang prajurit Mako Puspenerbal melaksanakan latihan menembak drill kering acu bidik di halaman Mako Puspenerbal usai kegiatan apel pagi.


Direktur Operasi (Dirops) Kolonel Laut (P) Catur Nur Ardiantoro mengatakan, kegiatan latihan kering menembak ini, dilaksanakan selama 1.30 menit usai pelaksanaan apel pagi tersebut untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak anggota.


Kegiatan menembak bukan hanya sekedar menarik picu dan mengenai sasaran, namun sesungguhnya membutuhkan proses yang teliti mulai dari membuat gambar bidik, mengatur nafas dan menentukan ritme dalam menarik picu hingga peluru tepat menuju sasaran yang di inginkan, ujar Catur sapaan akrabnya.


Latihan kering ini bertujuan untuk me-refresh kembali anggota Puspenerbal tentang materi-materi latihan teknik dasar keprajuritan yang meliputi teori dan materi menembak pistol Sig Sauer dan senjata laras panjang SS2 V1.


Melalui teori, materi dan driil kering acu bidik ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan profesional prajurit, sehingga tercapai pemahaman karakteristik senjata dengan latihan rutin teknik bongkar pasang senjata, mengambil gambar bidik, teknik mengatur nafas dan cara menarik picu senjata prajurit akan semakin terasah, sehingga prajurit akan lebih mengenal optimalisasi potensi senjata secara maksimal.


Dengan teknik repetisi tersebut, dapat diyakini profesionalisme prajurit Puspenerbal dapat dengan cepat memiliki kemampuan menembak hingga tingkat standard kompetensi yang diinginkan. Selain latihan menembak para prajurit juga melatih kemampuan bongkar pasang senjata. 


Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Komandan Puspenerbal Laksma TNI Bayu Alisyahbana, mengawasi sekaligus memberikan motivasi internal bagi seluruh prajurit Mako Puspenerbal.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS