Ticker

6/recent/ticker-posts

Dinas Pertanian Kota Padang Gelar Vaksinasi Hewan


Dinas pertanian kota padang menggelar kegiatan vaksinasi rabies massal secara gratis. Untuk hewan peliharaan/kesayangan di kota Padang.

Vaksinasi massal tersebut, yaitu vaksin rabies dalam rangka memperingati hari rabies sedunia yang diperingati setiap tanggal 28 september setiap tahunnya, maka dinas pertanian kota padang mlalui bidang keswan dan kesmavet melakukan suntik vaksinasi rabies secara gratis yang dilaksanakan di Gor H. Agus Salim Padang pada hari Minggu (3/10). Dengan begitu antusiasnya masyarakat datang membawa hewan kesayangannya.

Hewan peliharaan kesayangan dan hewan liar yang ada di kota padang dinajurkan untuk suntik vaksin rabies setiap minggu terhadap hewan yang rentan dengan penyakit rabies seperti : anjing, kucing dan kera.

Suntik vaksinasi rebies ini dilakukan untuk antisipasi dan penanganan dini penyakit rabies pada hewan kesayangannya agar tidak membahayakan kehidupan manusia dan sekitarnya.

Pihak dinas pertanian menargetkan 70 % dari populasi yang ada untuk disuntik vaksin. Hal ini dilakukan karena tingginya angka warga digigit hewan rabies di daerah kota padang.

Kepala bidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner (Kabid keswan dan kesmavet) dinas pertanian kota padang, Drh. Sofia Hariani, mengatakan bahwa vaksinasi ditujukan untuk hewan pembawa rabies  (HPR) seperti : anjing, kucing dan kera.

Kira berharap pelayanan ini menurunkan gigitan dari hewan pembawa rabies. Pihaknya menargetkan 330 hewan untuk di suntik vaksinasi rabies hari ini dengan stok 530 dosis vaksin agar masyarakat tidak menyia-nyiakan kesempatan dan vaksin gratis untuk hewan peliharaan kesayangannya.

Sofia menambahkan untuk kasus rabies di kota padang selama tahun 2021 sejauh ini yang positif tidak ada, untuk laporan yang masuk sebanyak 180 laporan.

Untuk saat ini terbatas kuotanya dengan 50 kuota dan kami fokus pelaksanaan vaksinasi yaitu yang kami inginkan 70% dari populasi, harapan kita semoga ini tersalurkan semua. Selain itu kita juga menurunkan dua personil kelokasi yang banyak hewan liar, partisipasi masyarakat juga sangat diharapkan.’jelas Sofia

“Vaksinasi massal ini digelar untuk mencegah penularan rabies, disamping memperingati Hari Rabies Sedunia paparnya”. (KITTY)


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS