Ticker

6/recent/ticker-posts

Jajanan tradisional Kue Mangkuak sayak minangkabau


Oleh : Fauziah Risky Nasution 
Mahasiswa Universitas Andalas,  Sastra Minangkabau 



Sumatera Barat, tidaklah lengkap apabila kamu belum mencoba jajanan khas tradisionalnya. Jajanan khas tradisional Minangkabau juga mempunyai banyak variasi. Mulai dari yang lezat, manis, legit, gurih bahkan yang pedas pun tersedia dan pastinya bisa bikin kamu ketagihan saking enaknya.Semua orang bahkan Dunia pasti mengenal makanan khas Ranah Minang, yaitu Rendang. Tapi tahukah kamu kalau di Sumatera Barat ini selain Rendang, dendeng balado, sate padang juga memiliki Aneka jajanan khasnya yang tak kalah enaknya dari jajanan khas daerah lainnya. Salah satunya yaitu kue mangkuak sayak atau kue mangkuak badeta,bentuk yang yang begitu unik dan tempat cetakan nya yang khas membuat kue ini sangat menarik dan sekarang sudah jarang di jumpai.
Kue mangkuak,merupakan salah satu kuliner autentik Minangkabau berjenis kue basah yang bebas dari gluten (sejenis protein yang terdapat pada gandum dan tepung). Penganan yang berbahan utama tepung beras, santan kelapa gula merah, gula putih dan rempah-rempah ini cukup langka untuk dijumpai.
Makna kata Mangkuak ini memiliki arti mangkok, karena bentuk cetakannya menyerupai mangkok. Sedangkan arti dari kata Sayak bermakna tempurung kelapa, karena menjadi tempat cetakannya.Proses pembuatannya pun terbilang mudah dan tidak terlalu rumit, 
Proses pembuatan nya yaitu pertama Semua bahan-bahan tersebut dicampur sesuai takarannya masing-masing dan dimasukan ke dalam cetakan tempurung kelapa. Tahap pertama pembuatan inti kue yang teksturnya keras. Selanjutnya, pembuatan lapisan seduanya yang menutupi kue pertama hingga tersisa tonjolan dipermukaannya.kemudian Kue tersebut dimasukan ke dandang untuk dikukus. Dulu mengunakan api dari kayu bakar, seiring perkembangan zaman dan masalah kesehatan, maka kini menggunakan gas. Proses memasaknya dalam waktu tertentu, sekitar 15-30 menit tergantung jumlah kue yang akan dibuat.
Dengan sabar menunggu akhirnya Kue Mangkuak Sayak itu dapat dinikmati.Jajanan ini memang tidak bisa bertahan lama, karena bukan kue kering. Paling kuat jika dibuat pagi sampai siang sudah basi. Hal ini menandakan kue tersebut tidak menggunakan pengawat, kecuali telah disimpan dalam pendingin.Kue Mangkuak menjadi penganan yang keberadaannya tidak begitu mudah untuk dijumpaiKue Mangkuak ini disajikan menggunakan tempat yang unik sehingga tampilannya menjadi khas. Sebabnya, Kue Mangkuak ini diberi nama Kue Mangkuak Sayak yang berasal dari bahasa Minangkabau.
Jadi secara sederhananya penganan ini bernama Kue Mangkuk Tempurung Kelapa. Namun, ada juga nama lainnya yaitu Kue Mangkuak Badeta, kerena ditengah kuenya terdapat tonjolan menyerupai puncak.Jajanan tradisional ini sering digunakan sebagai kuliner pelengkap ritual adat di berbagai nagari di Minangkabau.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS