Ticker

6/recent/ticker-posts

VARIASI KATA NGANGO DI MINANGKABAU

 


Oleh: Karyn Eka Putri

(Mahasiswa Sastra Minangkabau, Universitas Andalas)


Dari kata ngango saja banyak makna dan maksud yang dapat kita temukan dan bisa dipahami. Ngango jika di artikan menurut KBBI adalah mangap atau membuka mulut. Namun di Minang kata ngango memiliki arti yang beragam sesuai konteks kalimat yang dikomunikasikan. Ngango dapat diartikan membuka mulut jika didampingi dengan kalimat "ngangoanlah muncuangtu" (buka mulutnya). Berarti instruksi kepada seseorang untuk membuka mulut, biasanya kalimat ini diucapkan jika ingin menyuapi sesuatu kepada seseorang. 

Banyak variasi kalimat dari satu kata ngango tersebut. "Jaan mangango-ngango juo" dari satu kalimat diatas bisa diartikan sesuai situasi dan kondisi kalimat tersebut diucapkan. Bisa berarti larangan kepada seseorang untuk tidak membuka mulutnya terlalu sering. Namun bisa juga sebagai ungkapan marah seseorang kepada lawan bicaranya karena lawan bicaranya tidak menangkap topik pembicaraan dengan baik.

Ada pula ungkapan "asa lai ka mangango se muncuang tu" biasanya ungkapan ini diucapkan kepada orang yang asal bicara saja, tanpa berfikir dulu sebelum bicara. Menyampaikan sesuatu yang tidak sebenarnya, hal ini bisa dalam bergosip bersama teman-teman atau bergurau tentang sesuatu hal. Disamping itu sering pula terdengar ungkapan “mangango ka mangango se” kalimat ini akan sering didengar ketika ada orang tua yang memarahi anaknya. Kalimat itu diucapkan ketika seorang anak terlalu sering menangis, bahkan hanya karena masalah sepele.  

Tak hanya ditujukan kepada orang, kata “ngango” juga bisa menjadi kata perintah untuk melakukan sesuatu. “ngangoan pintu tu stek a” artinya bukakan pintunya sedikit bisa juga sebagai kalimat pemberitahuan kepada seseorang “tas ang tangango se yuang” artinya tas kamu terbuka saja. Tak sedikit juga kata ini menjadi bahan olok-olokan ketika melihat ekspresi seseorang. Ketika orang kagum melihat sesuatu tanpa sadar ia akan melong dan mulutnya sedikit terbuka. 

Dapat kita simpulkan bahwa orang Minang adalah orang yang kreatif, dan dapat memunculkan hal-hal baru tanpa harus lama berfikir. Dari satu kata bisa menjadi bahan ajar untuk mendidik anaknya. Terlihat dari paparan makna kata ngango dan variasi kalimat yang dihasilkan. Variasi-variasi kalimat tersebut muncul dengan sendirinya dan di ucapkan secara reflek. Kata ngango bisa berarti ungkapan marah, bercanda, naseat bahkan juga pemberitahuan. Kata ini bisa diucapkan kepada orang yang lebih tua, seumuran dan lebih kecil hanya perlu menyesuaikan jenis kalimatnya saja dan tetap mengikuti aturan kato nan ampek. Kato nan ampek yaitu aturan berbicara dalam Minangkabau.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS