Ticker

6/recent/ticker-posts

GALAMAI



Oleh: Sari Novia, mahasiswi Universitas Andalas, Fakultas Ilmu Budaya, Sastra Minangkabau

Galamai merupakan makanan olahan tradisional khas Minang yang berasal dari Payakumbuh. Tidak hanya produksi diwilayah Payakumbuh, galamai juga diproduksi di berbagai wilayah diantaranya di daerah Sijunjung, Pariaman, Pasaman, dan lain-lain. Galamai ialah salah satu produk industri rumah tangga yang terbuat dari tepung beras ketan, gula aren dan santan, sehingga kaya akan karbohidrat dan lemak serta memiliki sedikit kandungan serat. 
Makanan yang satu ini terbuat dari tepung beras ketan (pulut), gula aren, dan santan. Ketiga jenis bahan ini dimasak dalam suatu kuali besar hingga membentuk gumpalan yang liat dan berwarna kecokelatan. Gumpalan ini akan dipotong dan dibentuk sebelum adonannya dingin.
Dari segi rasa, bagi lidah yang awam galamai mirip dengan jenang kudus yang manis dan legit di mulut. Sedikit berbeda dengan dodol atau jenang, dalam adonan galamai ditaburkan kacang tanah yang disangrai. Penambahan kacang tanah ini memberikan sentuhan rasa gurih renyah yang unik pada galamai. 
Menariknya, bagi masyarakat Minangkabau sendiri, masalah citarasa galamai tidak sesederhana bentuknya. Dengan mencicipinya sedikit saja, lidah orang Minang dapat membedakan manakah galamai asal Payakumbuh maupun daerah-daerah lainnya. Karakteristik ini memang sulit untuk didefinisikan dengan jelas karena kekhasan serta kerumitan dalam proses pembuatannya.
Membuat galamai memang proses yang membutuhkan pengalaman serta keterampilan sang pengrajin. Pembuatannya menuntut intuisi yang tajam, keuletan, serta daya tahan fisik yang cukup kuat karena membutuhkan waktu yang cukup lama.
Sepanjang 3-4 jam proses pemasakan, adonan galamai di atas kuali tidak boleh berhenti diaduk dengan nyala api yang harus benar-benar pas. Karenanya, kualitas dari galamai yang dihasilkan sangat ditentukan oleh kelihaian dan pengalaman dari orang yang membuatnya. Jadi galamai sendiri merupakan makanan khas sumatera Barat yang memiliki cita rasa yang unik dengan cara pembuatan yang tidak bisa sembarangan membuat galamai ini sangat banyak dicari oleh masyarakat.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS