Ticker

6/recent/ticker-posts

SEBAGAI SEORANG MUSLIM : KITA HARUS MENGETAHUI AMALAN HARIAN APA SAJA YANG SEHARUSNYA SELALU DITUNAIKAN


Prof.Dr.H.Asasriwarni Guru Besar UIN IB/Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumbar



Sepanjang waktu adalah  merupakan ladang pahala bagi seorang muslim. Untuk itu, jangan sampai terlewatkan beribadah kepada Allah SWT  meski hanya sejenak. 


Berikut ini,  akan dikemukakan  tiga jenis ibadah yang merupakan amalan  agung di sisi Allah ﷻ. Dikatakan demikian karena, amalan tersebut  sangat dicintai oleh Allah SWT dan  amalan tersebut  akan mendekatkan kita kepada-Nya, amalan yang akan menentramkan hati dimanapun seorang muslim berada, amalan yang akan menjadi tabungan menyambut hari esok setelah ditiupnya sangkakala dan hancurnya dunia beserta segenap isinya.


Semoga Allah ﷻ mengumpulkan kita bersama para nabi, shiddiqin, syuhada, dan orang-orang shalih di dalam surga-Nya. Aamiin  Allahumma Aamiin.


*_A. Memperbanyak  Dzikir Kepada Allah SWT :_*


*1.  Firnan Allah SWT :*


فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ


*Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku*  (QS. Al Baqarah Ayat : 152)


*2. Allah SWT Berfirnan :*


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا


*Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya* (QS. Al Ahzab Ayat : 41)


*3. Rasulullah SAW Bersabda :*


وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا ، قَالَتْ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – يَذْكُرُ اللهَ عَلَى كُلِّ أَحْيَانِهِ . رَوَاهُ مُسْلِمٌ


*Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu berdzikir (mengingat) Allah pada setiap waktunya* (HR. Muslim No  737 dan Bukhari No. 19)


*_B. Senantiasa Berdoa Kepada Allah SWT :_*


*1. Allah SWT Berfirman :*


وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ


*Dan Tuhanmu berfirman: Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina* (QS. Ghafir Ayat : 60)


*2. Rasulullah SAW Bersabda :*


ﻻ ﻳﺮﺩ ﺍﻟﻘﺪﺭ ﺇﻻ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ


*Tidaklah merubah suatu takdir melainkan doa* (HR. Al Hakim)


*3. Rasulullah SAW Berdabda :*


مَنْ لَمْ يَسْأَلِ اللَّهَ يَغْضَبْ عَلَيْهِ


*Barangsiapa yang tidak meminta pada Allah, maka Allah akan murka padanya*  (HR. Tirmidzi No. 3373. Syaikh Al Albani Mengatakan  Bahwa Hadits Ini Hasan)


*4. Radulullah SAW Bersabda :*


" يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي، فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ " رواه البخاري (رقم: 1145) ومسلم (رقم: 758)


*Rabb kita Tabaaraka Wata’ala turun setiap malam ke langit bumi tatkala tersisa sepertiga malam terakhir, seraya berfirman: siapa yang berdo’a kepadaKu niscaya Aku kabulkan, siapa yang memohon kepadaKu niscaya Aku beri dan siapa yang memohon keampunan kepadaKu niscaya akan aku ampuni* (HR Bukhari No. 1143 dan Muslim No. 758).

 

*_C. Memohon Ampunan Kepada Allah SWT :_* 


*1.  Allah SWT Berfirman :*


وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ ۚ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ


*Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun*  (QS. Al Anfal Ayat : 33)


*2. Rasulullah SAW Bersabda :*


ِ إِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ فِى الْيَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً


*Demi Allah. Sungguh aku selalu beristighfar dan bertaubat kepada Allah dalam sehari lebih dari 70 kali*  (HR. Bukhari)


Marilah isi umur ini dengan dzikir, doa, dan taubat kepada-Nya. Mudah-mudahan kita termasuk golongan yang dicintai-Nya, diampuni oleh-Nya, dan mendapatkan rahmat dari-Nya

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS