Ticker

6/recent/ticker-posts

Tradisi marantau di tuangkan lewat lirik lagu sebagai ungakapan kerinduan


Oleh : Fauziah Risky Nasution 

Mahasiswa universitas Andalas, Sastra Minangkabau.

Merantau ,siapa sih yang gatau merantau,mungkin kalian sudah tak asing lagi dengan kata merantau,atau mungkin di keluarga kalian banyak juga yang pergi merantau,entah itu untuk pendidikan atau pun mencari kehidupan baru di kota orang,nah merantau di Minang itu berbeda loh dengan merantau ala daerah lain,kalo di daerah lain mungkin kalo mau pergi merantau ya pergi aja,beda dengan Minang,kalo di Minang itu memang ada tradisi nya,unik sekali bukan?

bagi masyarakat Minang merantau menjadi sebuah tradisi yang telah berlangsung berabad-abad dan masih dilakukan hingga saat ini. Memiliki keterkaitan dengan sejarah dan akar budaya.

     Tradisi merantau adalah proses interaksi antara masyarakat Minangkabau dengan dunia luar. Melalui proses ini seseorang dapat belajar bagaimana cara menjalani kehidupan di luar daerah asalnya, Sumatera Barat. Selain itu merantau juga merupakan sebuah upaya untuk menaikkan derajat/martabat seorang laki-laki di lingkungan kerabatnya. Seseorang yang pergi merantau dianggap memiliki ilmu dan pengalaman banyak dibanding orang-orang yang tinggal di kampungnya. Dan diharapkan ilmu dan pengalaman yang dimilikinya selama berada di rantau akan berguna dalam masyarakat saat ia kembali ke kampung halamannya

    Tradisi merantau di Minang itu ditinjau dari  Pertama. Yaitu dengan kemauan sendiri. kedua dengan jangka waktu yang lama atau tidak. Ketiga dengan tujuan mencari penghidupan,menuntut ilmu,mencari pengalaman. Keempat biasanya dengan maksud kembali pulang..dan penyebab tradisi merantau ini adalah karena faktor ekonomi ,faktor pendidikan,daya tarik kota ,dll...

     Kepergian orang orang yang merantau tentu nya banyak menuai kerinduan yang mendalam,maka dari itu banyak musisi Minang menuangkan kerinduan nya lewat lirik lagu dengan tujuan sebagai ungkapan yang mewakili perasaan mereka, kepada kepada orang orang terkasih yang pergi merantau meninggalkan kekasih dan kampung halaman.

saat ini lagu lagu Minang sangat populer terutama lagu yang bertemakan merantau,sangat banyak di dengar oleh masyarakat Minang mau pun bukan orang Minang,karena lagu lagu nya enak,dan sangat pas untuk orang orang  perantau penikmat musik, dan ini mungkin menjadi pertanyaan oleh kebanyakan orang,kenapa sih  lagu lagu Minang itu kebanyakan tentang marantau ?atau kenapa hanya tentang kekasih yang di tinggalkan Karena laki laki nya pergi merantau? Maklum saja mereka bertanya seperti itu karena mereka belum tau bahwa di Minang itu ternyata ada tradisi marantau,sebenarnya lagu lagu Minang itu banyak bukan hanya tentang marantau.

dengan mendengarkan lagu itu mereka bisa terbayang akan kampung halaman atau terbayang kekasih yang mereka tinggalkan di kampung.

Contoh lagu yang bertemakan merantau itu ialah pulanglah uda yang di bawakan oleh Ria Amelia,lagu ini menceritakan seorang gadis di ranah minang yang berharap pujaan hatinya yang saat ini sedang di rantau pulang. Rindu yang sangat besar sudah memuncah dalam hatinya. Berharap pujaan hati yang dulu sempat mengikat janji saat masih di kampung segera pulang.

Lagu rantau den pajauah siapa yang tak kenal dengan lagu ini, lagu ini sangat fenomenal,bahkan orang yang buka suku Minang juga banyak yang hapal dengan lagu ini, lagu ini menceritakan tentang kekecewaan seorang pria karena kisah cintanya yang tak sampai.Rasa cinta yang mereka miliki harus terputus karena adanya halangan dari orangtua si perempuan.Untuk menghilangkan rasa sedih, si pemuda pun memutuskan pergi merantau jauh agar bisa melupakan kesedihan yang menimpanya.Banyak sekali lagu lagu minang yang menceritakan tentang marantau,itu adalah sebagai ungkapan kerinduan  bagi para perantau.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS