Ticker

6/recent/ticker-posts

Roti Sumbu

 


Oleh : Putri Rahayu rahman

(Mahasiswa sastra minangkabau, universitas andalas


Roti sumbu ini berbeda dengan roti yang kita temui biasanya jika bahan utama membuat roti biasanya tepung lain halnya dengan makanan yang satu ini. Roti sumbu merupakan makanan tradisonal orang minangkabau yang bahan utamanya adalah singkong. Makanan ini dinamakan roti sumbu karena bentuk singkong itu hampir menyerupai roti dan sumbu yang di maksud itu urat yang ada didalam pertengahan singkong itu.

Roti sumbu biasanya disajikan dengan kelapa parut dan gula merah. Tapi juga bisa disajikan tanpa kelapa. Tekstur dari roti sumbu itu lunak dan terasa lembut, roti sumbu ini hanya dibuat di rumah sendiri karena tidak ada yang menjualnya. Hampir jarang orang membuat roti sumbu pada zaman sekarang.

Karena terbuat dari singkong, roti sumbu merupakan makanan untuk penganjar lapar saat bekerja, yang sering dibuat oleh orang tua dahulu untuk pergi kesawah. Roti sumbu ini memiliki kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, magnesium Vitamin C dan A. Sedangkan mafaat utama dari roti sumbu ini adalah meningkatkan matabolisme dalam tubuh serta dapat menambah energi ekstra untuk menjalani akhtivitas sehari-hari jika mengonsumsi roti sumbu.

Sesudah dijelaskan diatas apa saja yang terkandung didalam roti sumbu, sekarang kita masuk kedalam cara pembuatan roti sumbu. Cara membuatnya tidaklah susah dan mengerjakanya sangatlah sebentar tidak memakan waktu lama, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat roti sumbu ini tidaklah banyak. Pertama, ialah sekatong kecil singkong. Kedua gula merah sesuai selera masing-masing. Ketiga kelapa yang diparut. Keempat daun pandan. Sesudah itu garam, gula, dan air. Itulah bahan yang kita perlukan untuk membuat roti sumbu.

Sesudah bahan disiapkan barulah kita masuk kedalam pembuatan roti sumbu. Langkah pertama yang kita lakukan adalah membukak kulit singkong, sesudah itu dicuci sampai singkongnya bersih selanjutnya kita potong bulat-bulat bukan memanjang, kalau sudah siap dipotong langkah kedua ialah merebus singkong yang tadi sudah di bersihkan dengan air. Masukan garam  secukupnya dan masukkan gula merah kedalam rebusan singkong tadi jangan lupa masukan selembar daun pandan saat merebusnya. Tunggu airnya menyusut dan gula merahnya mencair dan mengental.

Selanjutnya kita tinggal menyajikan roti sumbu yang sudah dibuat tadi. Kelapa yang sudah diparut tadi dikasih gula sedikit dan ditaburi diatas roti sumbu yang sudah matang tadi. Begitulah cara membuat roti sumbu selamat mencoba

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS