Ticker

6/recent/ticker-posts

BER ISLAM LAH DENGAN CARA YANG BENAR !!! LALU APA YANG SEHARUSNYA KITA LAKUKAN ?*


Oleh: Prof.Dr.H.Asasriwarni Guru Besar UIN IB/Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumbar

*_A. Dalil Rujukan :_*


Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang disampaikan oleh Abu Amr  berikut ini :


*عَنْ أَبِي عَمْرو، وَقِيْلَ : أَبِي عَمْرَةَ سُفْيَانُ بْنِ عَبْدِ اللّٰهِ الثَّقَفِي رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُ قَالَ، قُلْتُ : يَا رَسُوْلَ اللّٰهِ قُلْ لِي فِي اْلإِسْلاَمِ قَوْلاً لاَ أَسْأَلُ عَنْهُ أَحَداً غَيْرَكَ. قَالَ: قُلْ آمَنْتُ بِاللّٰهِ ثُمَّ اسْتَقِمْ . (رواه مسلم)*


*Dari Abu Amr  dan ada juga yang mengatakan : Abu ‘Amrah, Sufyan bin Abdillah Ats Tsaqofi Radhiallahu 'Anhu dia bertanya : Wahai Rasulullah ﷺ , katakanlah kepada saya tentang Islam sebuah perkataan yang tidak saya tanyakan kepada seorangpun selain Engkau. Beliau ﷺ bersabda : Katakanlah,  Saya beriman kepada Allah, kemudian berpegang teguhlah*  (HR. Muslim)


*_B. Pelajaran Yang Terdapat Dalam Hadits Tersebut Di Atas Adalah :_*


*1.  Iman Kepada Allah SWT  Menjadi Fondasi Ketaatan Dalam Islam :*


Tahapan awal bangunan keberagamaan seseorang adalah tegaskan dan kokohkan konsep dan prinsip tauhid.


*2. Amal Shaleh Dapat Menjaga Dan Mengontrol Keimanan Seseorang :*


Dengan amal shaleh keimanan seseorang dapat terus ditingkatkan dan dapat nenjadi semakin kokoh.


*3. Amal Shaleh Yang Dilandasi Keimanan :*


Amal shaleh yang dilandasi oleh keimanan  dapat mendatangkan rahmat dan berkah dari Allah SWT.  Amal shaleh adalah representasi dan implementasi teori keimanan dalam ranah praktis.


*4.  Istiqomah Dalam Kebaikan :* 


Istqomah dalam kebaikan merupakan derajat yang  tertinggi dari sikap keberagamaan seseorang setelah  menetapkan bahwa dirinya menjadi beriman. 


*5. Keinginan Yang Kuat  Dalam Menjaga Agama dan Keimanannya :*


Adanya keinginan yang kuat dari para sahabat untuk menjaga agama dan  merawat keimanannya, sehingga mereka selalu mencari cara secara  terus menerus agar supaya  derajat keimanannya menjadi semakin sempurna dalam berislam.


*_C. Ayat Al Qu'ran Yang Relevan Dengan Tema Hadits Tersebut  :_*


*1. Demi Semakin Kuat dan Kokohnya Keimanan Serta Tegaknya Amal Shaleh :* 


Demi kuat dan kokohnya keimanan dan tegaknya amal shaleh, maka seseorang harus selalu  bertanya dan menambah ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Ayat berikut ini : 


*يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِنْ نَفْعِهِمَا وَيَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ قُلِ الْعَفْوَ كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمُ الآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ ۞*


*Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Katakanlah :  Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, _tetapi dosa keduanya lebih besar daripada manfaatnya_. Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah : Yang lebih dari keperluan. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kalian supaya kalian berpikir, tentang dunia dan akhirat*.  (QS. Al-Baqarah Ayat  : 219)


*2. Orang Yang Beriman dan Selalu Istiqomah Dalam Beramal Shaleh :*


Orang yang beriman dan selalu istiqomah dalam beramal shaleh,  tidak Akan Merasa khawatir dan bersedih hati dalam  menjalani kehidupan ini. Sebagaimana Allah SWT  berfirman dalam ayat berikut ini :


 *إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللّٰهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا فَلا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلا هُمْ يَحْزَنُونَ ۞*


*Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan, : Tuhan kami ialah Allah,  kemudian mereka tetap istiqomah, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita.* (QS. Al-Ahqaf Ayat :13)


Semoga sekelumit  renungan ini dapat bermanfaat bagi kita, aamiin YRA

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS