Ticker

6/recent/ticker-posts

BETAPA DAHSYATNYA MANFAAT MEMBACA BISMILLAH SEBELUM MENIKMATI RIZKI YANG TELAH ALLAH SWT KARUNIAKAN KEPADA KITA !




Oleh : Prof.Asasriwarni MH



*_Bismillah Was Shalatu Was Salamu ’Ala Rasulillah, Amma Ba’du :_*


*_A. Dalil Rujukuan :_*


Diantara manfaat membaca basmalah sebelum makan adalah menghalangi setan untuk ikut bergabung makan bersama manusia.


Rasulullah SAW  bersabda sbb : 


إِنَّ الشَّيْطَانَ يَسْتَحِلُّ الطَّعَامَ أَنْ لَا يُذْكَرَ اسْمُ اللهِ عَلَيْهِ


*Sesungguhnya setan akan ikut menyantap makanan yang tidak diawali dengan membaca bismillah sebelum makan* (HR. Muslim dan Ahmad)


*_B. Sebab Wurud Hadits :_*


Hudzaifah Radhiyallahu ‘Anhu menceritakan, bahwa : Apabila kami makan satu nampan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, kami tidak berani mengambil makanan, hingga Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mengawali mengambilnya. Suatu ketika, kami makan satu nampan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba ada anak kecil nyeruduk untuk mengambil makanan, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memegang tangannya. Kemudian datang lagi orang badui nyeruduk untuk mengambil makanan, dan tangannya langsung dipegang oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.


Lalu Rasulullah SAW   bersabda sbb :


إِنَّ الشَّيْطَانَ يَسْتَحِلُّ الطَّعَامَ أَنْ لَا يُذْكَرَ اسْمُ اللهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُ جَاءَ بِهَذِهِ الْجَارِيَةِ لِيَسْتَحِلَّ بِهَا فَأَخَذْتُ بِيَدِهَا، فَجَاءَ بِهَذَا الْأَعْرَابِيِّ لِيَسْتَحِلَّ بِهِ فَأَخَذْتُ بِيَدِهِ، وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ، إِنَّ يَدَهُ فِي يَدِي مَعَ يَدِهَا


*Sesungguhnya setan akan ikut menyantap makanan yang tidak diawali dengan membaca bismillah sebelum makan. Setan datang dengan memanfaatkan anak kecil ini agar bisa ikut menyantap makanan. Lalu akupun memgang tangannya. Kemudian setan datang lagi dengan memanfaatkan orang badui itu agar bisa ikut menyantap makanan, lalu aku pegang tangannya. Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya tangan setan itu sedang saya pegang bersamaan saya memegang tangan kedua orang ini*  (HR. Ahmad No.  23249 dan Muslim No. 2017)


Karena itulah, Rasulullah SAW  mengajarkan anak kecil agar ketika makan, diawali dengan membaca basmalah.


Dari ‘Umar bin Abi Salamah, ia berkata : Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah SAW  bersabda sbb : 


يَا غُلاَمُ سَمِّ اللَّهَ ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ. فَمَا زَالَتْ تِلْكَ طِعْمَتِى بَعْدُ


*Wahai anakku, bacalah _“bismillah”_,   makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu.” Selanjutnya seperti itu cara makanku setelah itu* (HR. Bukhari No. 5376 dan Muslim No. 2022)


*_C. Bagaimana Jika Kita  Lupa ? :_*


Jika lupa kemudian ingat, maka  kita bisa mengucapkan  kalimat sbb :  


بِسْمِ اللَّهِ في أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ


*Dengan nama Allah di awal dan dia akhir* 


Dari Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah SAW bersabda sbb : 


من نسي أن يذكر  اسم الله في أول طعامه؛ فليقل حين يذكر: بِسْمِ اللَّهِ في أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ، فإنه يستقبل طعامه جديدا، ويمنع الخبيث ما كان يصيب منه


*Apabila salah seorang kamu makan hendaklah mengucapkan bismillah, maka jika lupa mengucapkan bismillah di awalnya, kemuduan ucapkanlah kalimat sbb : بِسْمِ اللَّهِ في أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ (dengan nama Allah di awal dan dia akhir) dengan demikian dia seperti makan dari awal lagi, dan setan terhalangi untuk ikut makan bersamanya, yang mana sebelumnya dia telah mendapat bagian dari makanan tersebut*  (HR Ibnu Hibban No. 5213, Ibnu Sunni No. 461 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).


Betapa pentingnya bacaan bismillah sebelum makan, sehingga tidak selayaknya kaum muslimin melalaikannya. Karena ini senjata kita untuk menghindari gangguan setan, dengan izin Allah. Selain itu, sempatkanlah untuk bermunajad mohon perlindungan kepada Allah SWT.


*_D. Doa Mohon Perlindungan Allah SWT :_*


*1. Firman Allah SWT sbb :* 


 *رَبَّنَا آمَنَّا بِمَا أَنْزَلْتَ وَاتَّبَعْنَا الرَّسُولَ فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ* 


RABBANA AAMANNAA BIMAA ANZALTA WAAT TABA'NAAR RASUULA FAAK TUBNAA MA 'ASY SYAAHIDIIN.


*Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang Engkau  turunkan dan kami telah mengikuti Rasul, karena itu tetapkanlah kami bersama golongan orang yang memberikan kesaksian.* (QS. Ali 'Imran Ayat : 53)*


*2. Firman Allah SWT sbb :*

 

*رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّاب*ُ 


RABBANA LAA TUZIGH QULUU BANAA BA'DA IDZ HADAITANAA WAHAB LANA MILLADUNKA RAHMATAN, INNAKA ANTAAL WAHHAB.


*Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi* (QS. Ali 'Imran Ayat : 8)


*3. Firman Allah SWT sbb  :* 


*رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ*


RABBANAA TAQABBAL MINNAA INNAKA ANTAS SAMII'UL 'ALIIM


*Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh Engkau-lah yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui*   (QS. Al Baqarah Ayat : 127)


*4. Firman Allah SWT sbb :*


*رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُون*ِ 


RABBI A'UDZU BIKA MIN HAMAZAATISY  SYAYAATHIINI, WA 'AUDZU BIKA RABBI AYYAH DHZURUUN.


*Ya Tuhan-ku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan bisikan syetan. Dan aku berlindung pula kepada Engkau ya Tuhan-ku agar mereka tidak mendekati aku.* (QS. Al Mu'minun Ayat  : 97 - 98)


*5. Firman Allah SWT sbb  :* 


*رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا* 


RABBANAA HABLANAA MIN AZWAA JINAA WA DZURRIY YATINAA QURRATA A' YUN WAAJ 'ALNAA LILMUTTAQIINA IMAAMAA.


*Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati kami, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang orang yg bertaqwa.* (QS. Al Furqan Ayat : 74)


*6. Firman Allah SWT sbb :* 


*رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء*ِ 


RABBIJ 'ALNII MUQIIMASH SHALAATI WA MIN DZUR RIYYATI RABBANA WA TAQABBAL DU 'AA.


*Ya Tuhan-ku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doa kami.* (QS. Ibrahim  Ayat  : 40)


*7. Firman Allah SWT  sbb  :*


*رَبِّ أَنْزِلْنِي مُنْزَلًا مُبَارَكًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِين*


RABBI  ANZILNII MUNZALAM MUBAARAKAA, WA ANTA KHAIRUL MUNZILIIN.


*Ya Tuhan-ku, tempatkanlah aku pada tempat yg diberkahi, dan Engkau adalah sebaik baik pemberi tempat.(QS. Al Mu'minun Ayat : 29)*


*8. Firman Allah SWT Sbb :*


*حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ* 


HASBI YALLAH LAA ILAAHA ILLAA HUWA 'ALAIHI TAWAK KALTU WA HUWA RABBUL 'ARSYIL 'ADHIIM.


*Cukuplah Allah bagiku ; tidak ada Tuhan selain Dia.  Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arsy (singgasana) yg agung.* (QS. Al Jumu'ah Ayat : 129)


*9. Firman Allah SWT sbb :*


*إنما أَشْكُو بَثِّي وَحُزْنِي إِلَى اللَّه* 


INNAMAA ASYKUU BATS TSII WA HUZNII ILAALLAH.


*Hanya kepada Allah,  aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.* (QS. Yusuf Ayat :  86).


*10. Firman Allaj SWT sbb :*


*رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامًا* 


RABBANAASH RIF 'ANNAA 'ADZAABA JAHANNAMA, INNA 'ADZAA BAHAA KAANA GHARAAMAA.


*Ya Tuhan kami, jauhkanlah azab jahanam dari kami, karena sesungguhnya azabnya itu membuat kebinasaan yang kekal.* (QS. Al Furqan Ayat  : 65)


*11. Firman Allah SWT  Sbb :*


وَذَا النُّونِ إِذ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَن لَّن نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَىٰ فِي الظُّلُمَاتِ أَن *_لَّا إِلَـٰهَ إِلَّا أَنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّالِمِينَ_* ﴿٨٧﴾ فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ ۚ وَكَذَٰلِكَ نُنجِي الْمُؤْمِنِينَ 


LAA ILAAHA ILAA ANTA  SUBHAANAKA INNII KUMTUUM MINADDHAALIMIIN 


*Dan ingatlah Nabi Yunus ketika ia pergi meninggalkan kaumnya dalam keadaan marah dan ia menyangka bahwasannya Kami tidak akan mempersempit keadaannya, kemudian ia berdoa dikegelapan perut ikan sbb :*  *_لَّا إِلَـٰهَ إِلَّا أَنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّالِمِينَ_*. *(Tidak ada sembahan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang dzalim). Maka Kami kabulkan kepadanya dan Kami selamatkan ia dari kesulitan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman*  (QS. Al-Anbiya Ayat :  87-88)


 *12. Rasulullah SAW Bersabda sbb :*


*_بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ_* ثَلَاثَ مَرَّاتٍ لَمْ تُصِبْهُ فَجْأَةُ بَلَاءٍ حَتَّى يُصْبِحَ ، وَمَنْ قَالَهَا حِينَ يُصْبِحُ ثَلَاثُ مَرَّاتٍ لَمْ تُصِبْهُ فَجْأَةُ بَلَاءٍ حَتَّى يُمْسِيَ


BISMILLAH ALLADZI LAA YADHURU MA'ASMIHI SYAIUN FILARDHI WALAFISSAMA WAHUWASSAMI'UL 'ALIM 


*Barangsiapa yang senantiasa membaca doa _Bismillah, alladzi laa ya dhurru ma’asmihi syaiun fil ardhi walafissama wahuwassamiul ‘alim_ (Dengan nama Allah, tidak akan membahayakan dengan menyebut namaNya segala sesuatu di langit dan di bumi. Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui) _dibaca doa ini tiga kali, dia tidak akan ditimpa musibah yang tiba-tiba sampai dipagi hari dan apabila dia baca di pagi hari tiga kali, maka juga tidak akan ditimpa musibah yang tiba-tiba sampai di sore hari_* (HR. Abu Dawud)


Semoga renungan pagi ini bermanfaat dan hidup kita semakin berkah, aamiin YRA.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS