Ticker

6/recent/ticker-posts

2020, KPP Mentawai berhasil selamatkan 248 Orang



Mentawai - Sepanjang tahun 2020, Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas B Mentawai telah berhasil mengevakuasi 248 orang korban selamat dan korban meninggal dunia 3 orang. Sementara korban yang dinyatakan hilang setelah dilakukan pencarian ada 11 orang.

Berdasarkan rilis laporan akhir tahun 2020 KPP Kelas B Mentawai, total 262 orang korban itu merupakan hasil dari operasi search and rescue (SAR) yang telah dilakukan sepanjang tahun 2020 sebanyak 23 kali, 21 kali merupakan operasi di Kabupaten Kepulauan Mentawai, 1 kali mendukung operasi SAR Padang dan 1 kali mendukung operasi SAR di Lampung.

Kepala KKP Kelas B Mentawai, Akmal menuturkan, 23 kali operasi SAR itu terdapat 21 kali kecelakaan kapal, 1 kali kejadian bencana alam dan 1 kali keadaan darurat di laut (distress alert). 

"Pada tahun 2020 terdapat 248 orang korban selamat, 124 orang saat operasi di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan 124 orang selamat saat mendukung operasi SAR Lampung. Ada juga 3 orang korban meninggal dunia dan 11 orang hilang, 1 orang hilang di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan 10 orang hilang saat mendukung operasi SAR Padang," beber Akmal kepada jurnalissumbar.com di Tuapejat, Senin (4/1).

Dirinya menyebutkan, semua operasi SAR yang telah dilakukan, baik pada tahun 2020 maupun di tahun-tahun sebelumnya dapat terlaksana dengan baik berkat adanya dukungan potensi-potensi SAR yang turut membantu operasi SAR, mulai dari Pemkab Kabupaten Kepulauan, TNI dan Polri, non Government Organizations (nGO) sampai kepada masyarakat.

"Semua itu terlaksana berkat dukungan semua potensi SAR di Kabupaten Kepulauan Mentawai, baik TNI, Polri, instansi pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, mulai dari BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, membantu kegiatan pencarian dan pertolongan, termasuk organisasi nGO lainnya, PMI, Pramuka, Tagana dan instansi vertikal, SROP, kesyahbandaran juga. Semua bekerja sama, bahu membahu melakukan pencarian dan pertolongan," pungkas Akmal. (RA)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS