Ticker

6/recent/ticker-posts

MANAJEMEN BISNIS KOST PUTRA AR-RAZZAQ



Oleh Berril rauf amdani

(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas Padang)

Bisnis kos-kosan merupakan salah satu sumber passive income yang di gemari oleh mereka yang memiliki pekerjaan tetap. Pengelolaan bisnis kost yang cukup mudah memungkinkan mereka untuk fokus pada pekerjaan , sementara rumah kost mereka bisa terus mendatangkan penghasilan.Hal ini dilakukan oleh Yenni umar, mantan staf di semen padang yang memiliki investasi rumah kost di kawasan limau manis, kab. Pauh, Padang. Melalui rumah kost yang ia bangun 4 tahun yang lalu, kini Yenny Umar bisa meraih penghasilan puluhan juta rupiah perbulan.

Investasi properti di area berkembang menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan beberapa tahun belakangan ini. Salah satunya adalah bisnis kos-kosan.Bisnis kos-kosan cukup menjanjikan untuk dijalankan, karena pemilik bisa mendapatkan pasive income. Mereka tak perlu memikirkan pengelolaan bisnis yang rumit seperti mengurus perusahaan atau bisnis lain yang memer keterlibatan penuh dari pemiliknya.

Lantas bagaimana cara manajamen bisnis kost yang baik dan benar?Jika anda berminat untuk membuka bisnis rumah kost, Anda tidak hanya perlu menyiapkan lahan dan juga rumah(kamar kost),tetapi juga kenyamanan yang harus Anda tawarkan kepada calon penyewa, termasuk keamanan dari lingkungan rumah kost yang Anda sewakan. Setidaknya bisnis properti rumah kost yang anda kelola haruslah terlihat bersih, nyaman untuk dihuni, dan termasuk fasilitas yang fungsional, sesuai dengan pangsa pasar Anda, entah itu para pekerja (karyawan) atau mahasiswa. Jika memang bisnis rumah kost Anda tidak memperhatikan kebutuhanan keamanan dan kenyamanan dari calon penyewa. Apabila Anda tidak memenuhinya tentu calon penyewa akan berpindah ke rumah kost lain, termasuk mereka yang sudah menjadi penghuni dan merasakan ketidaknyamanan dari rumah kost tersebut.


“Belum jadi aja sudah banyak yang mau karena tempatnya strategis dekat dengan kampus Universitas Andalas dan lokasinya pun jauh dari jalan raya dan keramaian jadi tempatnya sangat nyaman buat belajar karena tidak berisik”Kata Dani, Penjaga kos kosan Ar-razzaq dan anak dari Yenny umar pemilik kost ar-razzaq. Dani menyampaikan bahwa lokasi kost yang di bangun oleh orang tuanya ini sangat bagus atau strategis sehingga banyak yang mau menghuni kos kosan bahkan sebelum jadi.

“Awalnya lihat lihat, eh tempatnya bagus, bersih, tenang, dan juga ada wifi…akhirnya ngekos…hehehe”Ungkap Muhammad Fauzi di ulasan kost Ar-razzaq dari Google. Seperti yang di artikel Riati sp katakan bahwa fasilitas dan kondisi lingkungan kos itu sangat penting banget.

Tiap lokasi memiliki rentang harga yang berbeda, kost yang dekat kampus akan lebih mahal dibanding kost yang yang jauh dari kampus. Selain lokasi, harga sewa kost juga di pengaruhi oleh kelengkapan fasilitas, kost yang menawarkan wifi tentu akan lebih mahal dibanding kost yang tanpa wifi.


“Kosan ar-razzaq nyaman enak adem. Bersih juga tempatnya… buat para mahasiswa jangan ragu buat nginep disisni. 

Harga menurut saya juga terjangkau. Aman dah dompet…”Kata Vicho Perdana salah satu penghuni kos kosan ar-razzaq.


Padang,4 Juli 2024

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS