Ticker

6/recent/ticker-posts

MATA KULIAH “PEREMPUAN DAN POLITIK” PERAN PEREMPUAN DALAM MENEMBUS BATAS PATRIARKI DI DUNIA POLITIK


Oleh: Amanda Pratiwi Mahasiswa Departemen Ilmu Politik, Universitas Andalas


Kegiatan pengabdian masyarakat dan Project Based Learning (PJBL) mata kuliah Perempuan dan Politik ini diberi judul: Peran Perempuan dalam Menembus Batas Patriarki di Dunia Politik yang berlokasi di SMA Negeri 2 Padang. Proses dari kegiatan ini terdiri atas tiga bentuk kegiatan, yaitu: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.


​​Kamis, 6 Juni 2024 di SMA Negeri 2 Padang, Jl Musi No 2, Rimbo Kaluang, Kec, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, pada pukul 14.00 sampai 15.30 siang, tim pengabdian melaksanakan kegiatan Project Based Learning (PJBL) matakuliah Perempuan dan Politik yang diampu oleh Ibu Dr. Indah Adi Putri, S. IP, M. IP dan Ibu Lusi Puspika Sari, S. IP, M.IP. Kegiatan PJBL di panti SMA Negeri 2 Padang ini bertema “Peran Perempuan dalam Menembus Batas Patriarki di Dunia Politik”. Dengan materi pembahasan yaitu, pertama keterwakilan perempuan dalam memimpin dan ikut terlibat dalam proses politik maupun dalam berorganisasi. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh anggota MPK dan Osis SMA 2 Padang.

​​Kegiatan PJBL ini dibuka oleh MC dari tim pengabdian, yaitu Cindilla Syafira. Dilanjutkan juga dengan kata sambutan dari pengurus Osis yaitu Syamsul Arifin S. Pd yang biasa dipanggil Pak Eki. Pak Eki mengucapkan terima kasih atas kegiatan ini dan berharap bahwa kegiatan ini dapat bermanfaat bagi anggota Osis dan MPK SMA 2 Padang dalam memperhatikan keterwakilan perempuan dalam politik. Merisa Laras Putri dan Dimas Arsy sebagai perwakilan dari tim pengabdian dalam kata sambutannya mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa/siswi dalam pengetahuan politik setra memberikan pemahaman terhadap peluang/kesempatan kepada kaum perempuan untuk ikut berpartisipasi. Harapan dalam kegiatan ini adalah adanya peningkatan partisipasi dari perempuan di dalam politik serta agar nantinya siswa/siswi lebih paham akan peran keterwakilan perempuan dalam politik dalam lingkup sekolah (Organisasi).


​​Dalam pemaparan materi, dibagi menjadi 2 sesi. Jalannya pemaparan materi langsung dipimpin oleh moderator, Cindilla Syafira. Sesi pertama, materi “Peran Perempuan dalam Melawan Batas Patriarki di Dunia Politik” disampaikan oleh M. Habib Abdillah. Materi ini menjadi penting diperbincangkan karena presentasi perempuan yang duduk di penentu kebijakan masih minim representasinya. Dalam penyampaian materi kami lebih merelevansikan keterwakilan politiknya dalam hal pemimpin dalam sebuah organisasi, contohnya seperti organisasi osis yang mana jabatan ketua dan wakil Osis/MPK dapat diisi dengan keterwakilan perempuan. Serta memberikan pemaparan bahwa dalam politik penting keterlibatan semua warga negara baik laki-laki maupun perempuan terutama di lembaga legislatif. Selanjutnya, sesi ketiga dilanjutkan dengan tanya jawab yang dipandu oleh Arif Rahman Hidayatullah E. dan Amanda Pratiwi terkait materi yang disampaikan oleh narasumber. 

Nadin salah satu anggota osis bertanya terkait, mengapa perempuan dianggap posisinya harus selalu dibawah kepemimpnan laki-laki? 

Dan bagaimana cara mengubah stigma tersebut dalam lingkungan organisasi. Dalam tanya jawab ini, siswa/siswi Osis/MPK sangat antusias dalam menyampaikan pertanyaan dan tanggapannya terhadap peran perempuan dalam menembus batas patriarki. 

Berikutnya, yaitu sesi pembacaan doa yang dipandu oleh Farellio Dwi F. Sesi terakhir dari kegiatan pengabdian ini yaitu dokumentasi bersama anggota osis yang dipandu oleh Reza Aditia.

 

Oleh: Mahasiswa Departemen Ilmu Politik, Universitas Andalas

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS