Ticker

6/recent/ticker-posts

Lestarikan nilai-nilai luhur Adat, Wabup Risnawanto kunjungi Rajo Kabuntaran Talu Tuanku Bosa


 Lestarikan nilai-nilai luhur Adat, Wabup Risnawanto kunjungi Rajo Kabuntaran Talu Tuanku Bosa 


Pasbar, jurnalissumbar.com--


Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto didampingi Kepala Dinas Kominfo Pasbar, Armen dan stakeholder terkait lainnya menghadiri tradisi Manjalang Rajo Kabuntaran Talu Tuanku Bosa XV, Jumat (19/4) di Rumah Gadang Tuanku Bosa Kecamatan Talamau. 


Tradisi Manjalang Rajo Kabuntaran Talu Tuanku Bosa XV yang diperingati usai Hari Raya Idul Fitri itu merupakan tradisi tahunan adat di Kabuntaran Talu yang bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai luhur adat dan budaya turun temurun.


Wakil Bupati Risnawanto mengatakan adat istiadat yang telah dibangun selama ini merupakan tradisi secara turun temurun jauh sebelum adanya kemerdekan. Sehingga adat ini menjadi pemersatu masyarakat, begitu juga di Kabuntaran Talu.


"Kegiatan adat istiadat ini menjadi wadah untuk melaksanakan silaturahmi dengan masyarakat, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini yang terus dipertahankan dan dilaksanakan setiap tahunya," ucapnya.


Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa dalam membangun Kabupaten Pasaman Barat, setiap masyarakat harus memiliki kebersamaan, dalam mendukung program pemerintah yang berkaitan erat dengan sinergitas antara cucu, kamanakan, niniak mamak bersama pemerintah.


"Kebersamaan kita menjadi hal yang penting dalam mendukung program-program kerja yang ada, karena program tersebut dibuat berdasarkan kebutuhan masyarakat. Sehingga program kerja yang telah dibentuk dapat dijalankan dengan baik," jelas Risnawanto.


Sementara itu untuk kembali mengukir kejayaan di bidang pendidikan atau di bidang lainnya, Wabup Risnawanto menegaskan bahwa perlu kebersamaan dan sinergitas dalam membangun daerah di Pasbar, khususnya di Talamau demi kemajuan serta mencapai cita-cita yang diinginkan.


Tuanku Bosa XV Ir. H. Jhonny ZA, MM.SI menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan tradisi adat sebagai sarana bersilaturahmi dengan masyarakat Talu yang menjadi warisan turun temurun.


Ia mengatakan sangat merindukan suasana Talu seperti dahulu yang memiliki kejayaan baik di bidang pendidikan, ekonomi dan lainnya. Sehingga diharapakan untuk generasi muda saat ini dapat menjadikan tugas utama untuk mengembalikan kejayaan Talu ke arah yang lebih baik. 


"Kunci dari semua aspek yang mempengaruhi yaitu kebersamaan, keharmonisan, kekompakan yang dipertahankan," ucapnya.


Di akhir sambutannya ia berterimakasih kepada semua stakeholder yang telah mendukung kemajuan adat istiadat Talu dan kemajuan Kecamatan Talamau. (hn)**

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS