Ticker

6/recent/ticker-posts

SMMPTN-Barat 2024: Pintu Gerbang Menuju Perguruan Tinggi Negeri

 


SMMPTN-Barat 2024: Pintu Gerbang Menuju Perguruan Tinggi Negeri


Pintu menuju perguruan tinggi negeri (PTN) kembali dibuka dengan resmi melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Konsorsium Wilayah Barat tahun 2024 (SMMPTN-Barat 2024). Acara peluncuran ini secara daring digelar pada hari Jumat (8/3/2024) melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan melalui kanal resmi SMMPTN-Barat 2024 di Youtube, Instagram, serta Facebook.


Universitas Negeri Padang (UNP) bersama 24 PTN lainnya tergabung dalam konsorsium BKS-PTN Barat yang mencakup wilayah Sumatera, Jawa Bagian Barat, dan Kalimantan Tengah. Mereka bersama-sama membuka jalur pendaftaran SMMPTN-Barat 2024 pada tanggal 4 Mei 2024 pukul 15.00 WIB.


Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos.,M.Si selaku Ketua BKS PTN-Barat, mengungkapkan bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Permendikbud Ristek) Nomor 48 Tahun 2022, terdapat tiga jalur penerimaan mahasiswa baru untuk tahun 2024, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.




Dia menjelaskan bahwa seleksi mandiri dilaksanakan oleh PTN masing-masing atau melalui konsorsium PTN, seperti SMMPTN-Barat yang telah berlangsung sejak tahun 2017. Lebih dari 750 program studi (prodi) tersedia bagi calon mahasiswa, yang dapat memilih maksimal 4 prodi. Seleksinya dilakukan melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau Computer Assisted Test (CAT), dengan tambahan penilaian portofolio untuk prodi seni dan olahraga.


Pendaftaran SMMPTN-Barat 2024 dibuka mulai 4 Mei 2024 dan ditutup pada 20 Juni 2024. Biaya registrasi sebesar Rp375.000 dibayarkan secara online melalui bank mitra yang telah ditunjuk. Jadwal ujian berlangsung dari 27 Juni hingga 5 Juli 2024, dengan setiap calon peserta diberikan jadwal sesuai dengan pusat UTBK yang dipilihnya.


Prof. Ganefri, Ph.D., Rektor UNP dan Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB, menjelaskan bahwa terdapat beberapa perubahan dalam proses seleksi SNPMB 2024, termasuk ketentuan bahwa siswa yang dinyatakan lulus pada jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar jalur mandiri di PTN manapun. Selain itu, peserta yang lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah mendaftar ulang di PTN yang dituju juga tidak diterima pada seleksi jalur mandiri 2024 di PTN manapun.


Ke-25 PTN yang tergabung dalam konsorsium BKS-PTN Barat adalah:


Universitas Syiah Kuala

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Universitas Bengkulu

Universitas Jambi

Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Universitas Palangka Raya

Universitas Malikussaleh

Universitas Maritim Raja Ali Haji

Universitas Bangka Belitung

Universitas Teuku Umar

Institut Teknologi Sumatera

Institut Seni Budaya Indonesia Aceh

Universitas Samudra

Universitas Riau

Universitas Siliwangi

Universitas Sumatera Utara

Universitas Andalas

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

Universitas Islam Negeri Syuhada Padangsidimpuan

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

Universitas Singaperbangsa Karawang

UIN Imam Bonjol Padang

Universitas Negeri Padang (*)


kota PadangpendidikanUNP

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS