Ticker

6/recent/ticker-posts

Panen Singkong 1 Ton Lebih Pj Bupati Mentawai Apresiasi PKK Desa Sipora Jaya

 


Teks foto : Apresiasi PKK Sipora Jaya, Pj Bupati Kepulauan Mentawai panen singkong bersama Kapolres di dampingi Kepala Desa Sipora Jaya dan anggota Kodim 0319 Mentawai.

Mentawai - Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Pasalnya emak-emak di desa itu yang tergabung ke dalam organisasi PKK telah berinisiatif melakukan tanam singkong 500 batang pada 6 bulan lalu dan mendapatkan hasil pengen singkong hari ini melebihi 1 ton. 

"Kita sama-sama menyaksikan, panen singkong yang berlangsung di kebun ibu-ibu PKK Desa Sipora Jaya. Kami dari Pemerintahan Daerah cukup bangga dan mengapresiasi kegiatan ini karna ini adalah salah satu bentuk konkrit bagaimana ibu-ibu PKK desa berkontribusi untuk mengaktifkan lahan-lahan kita melalui tanam singkong," kata Fernando di sela-sela kegiatan panen singkong di kebun PKK Sipora Jaya, Sabtu (2/3).

Sebagai acuan, di seputaran Kecamatan Sipora Utara, harga pasaran singkong per kilogram saat ini dibandrol seharga Rp5.000 per kilogram. Dengan asumsi harga itu, panen singkong oleh PKK ini berhasil meraup uang lebih dari Rp5 juta. 

"Jadi dengan singkong yang tadinya ditanam 500 batang ini ada potensi panen 1 ton lebih dengan harga lima ribu rupiah per kilogram. Artinya ibu-ibu PKK dari tanaman singkong saja berhasil mencapatkan income sebesar 5 juta rupiah dan ini perlu dicopy paste oleh desa-desa lain melalui PKK-nya," imbuhnya. 

Lebih lanjut, Pj Bupati berharap agar ke depan, kegiatan bercocok tanam ini dapat terus berlangsung untuk menjamin ketersediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Mentawai sehingga mampu menciptakan swasembada pangan.

"Harapan kita terkait pengembangan perkebunan di Mentawai untuk kesejahteraan Mentawai nanti," tandasnya.

Pada kesempatan kali ini, panen singkong yang dilakukan oleh Pj Bupati Kepulauan Mentawai ini juga didampingi langsung oleh Kapolres Kepulauan Mentawai, AKBP Rory Ratno dan anggota Kodim 0319 serta Polairud Kepulauan Mentawai. (Ricky)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS