Ticker

6/recent/ticker-posts

PPLN Ankara Rampungkan Metode Pos dan KSK

 


PPLN Ankara Rampungkan Metode Pos dan KSK

 

IZMIR - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Ankara melaksanakan pemungutan suara awal Pemilu 2024 dengan metode kotak suara keliling (KSK) di tiga titik di Turki pada Kamis (08/02/2024) waktu setempat.

Sebanyak 615 pemilih melaksanakan hak pilihnya dengan metode KSK di tiga titik di wilayah Turki, yaitu KSK 001 Antalya sebanyak 150 pemilih dan Izmir 182 pemilih serta KSK 002 Kutahya sebanyak 283 pemilih.

Bondhet Suryonurwendo anggota PPLN Ankara mengatakan KSK di Izmir diharapkan mencapai 80 persen pemilih.

“Dari  PPLN Ankara sendiri memang KSK hari ini sudah selesai di Izmir, yang mencoblos pun di Kutahya kemarin 100% bahkan lebih dari itu karena ada DPTLN dan DPK, di Antalya kemarin sekitar 50% dan di kalau di Izmir sendiri kita harapannya bisa lebih dari 80% yang memilih,” ungkap Bondhet.

Terdapat dua PPLN yang berugas di Turki, yaitu PPLN Ankara dan PPI Istanbul, keduanya menerapkan metode pencoblosan yang sama, terdiri dari metode POS, KSK dan TPSLN. PPLN Ankara membawahi 72 wilayah di Turki dan PPLN Istanbul 9 wilayah seperti Istanbul, Kocaeli, Edirne, Yalova dan Kirklareli.

Pemilihan menggunakan POS sudah dirampungkan oleh kedua PPLN, dari tanggal 08 Januari surat suara sudah dikirimkan secara berkala kepada pemilih sampai pada tanggal 10 Februari, setelah pemilih menggunakan hak suaranya, surat suara akan dikirimkan kembali sampai tanggal 07 Februari.

Tercatat 6.161 WNI yang terdaftar sebagai pemilih di DPTLN, PPLN Istanbul juga sudah merampungkan metode KSK di Bursa pada hari Jumat (09/02/2024) pada pukul 14.00 – 18.00 waktu setempat.

PPLN Ankara dan Istanbul akan menutup rangkaian pencoblosan dengan metode TPSLN di hari Sabtu (11/02/2024) di tiga titik, yaitu TPSLN 001 Ankara dan Istanbul serta TPSLN 002 Sakarya.

Dubes Indonesia untuk Turki, Achmad Rizal Purnama menyampaikan harapanya untuk pemilu 2024 ini bisa berjalan dengan asas penyelenggaraan pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan Adil.

“Sesuai dengan prinsip-prinsip pemilu karena sejak awal bahkan pada saat kita melakukan deklarasi pemilu damai dengan berbagai elemen Masyarakat, bersama dengan PPLN, KPPSLN, KBRI dan seluruh elemen masyarakat kita berkomitmen untuk memastikan atau mengawal proses demokrasi di Indonesia khususnya di Turki ini,” ujar Dubes Rizal dalam pencoblosan di KSK Izmir.

 “Sehingga bisa mengantarkan sebuah pemilihan Uuum yang betul-betul transparan akuntable fair tidak ada apa celah sehingga bisa kita bisa mengantarkan rakyat kita untuk memilih pemimpin-pemimpinnya untuk membawa Indonesia lebih baik ke depan,” pungkasnya.

Dubes Rizal juga menyampaikan nasehatnya kepada anak muda yang menjadi pemilih pemula untuk menggunakan hak suaranya, menurutnya anak muda harus berkontribusi dalam pemilu ini karena pilihanya akan menentukan Indonesia kedepan dan anak muda akan menjadi bagian sejarah Indonesia untuk merayakan 100 tahun kemerdekaanya.

 

 

 

Contact Person:

Mujtaba (+90 531  699 57 29)

Kepala Biro Pers Media Informasi  PPI Dunia

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS