Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa KKN Tematik UNAND 2024 Mengadakan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari Air Cucian Beras di Nagari Sikucua Barat, V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman

 




Mahasiswa KKN Tematik UNAND 2024 Mengadakan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari Air Cucian Beras di Nagari Sikucua Barat, V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman


Mahasiswa KKN Tematik Universitas Andalas (UNAND) tahun 2024 yang ditugaskan di Nagari Sikucua Barat, V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman mengadakan sosialisasi tentang “Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari Air Cucian Beras” kepada masyarakat. Sosialisasi dilakukan pada tanggal 2 Februari 2024 yang diketuai oleh Lefriandi Arif Rahman. Sosialisasi turut dihadiri oleh perangkat Nagari Sikucua Barat. 

Air cucian beras merupakan air bekas hasil dari pembilasan atau pencucian beras. Air cucian beras adalah limbah rumah tangga yang sering kali terbuang dengan percuma. Masyarakat banyak yang belum menyadari bahwa air cucian beras ini dapat dijadikan sebagai pupuk tambahan pada tanaman budidaya. Air cucian beras memiliki kandungan karbohidrat, nutrisi, vitamin dan zat-zat mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tanaman. Limbah cucian beras juga mengandung beberapa senyawa organik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah sehingga dapat memacu produktivitas tanaman. Sosialisasi kepada masyarakat nagari sikucua barat tentang pembuatan pupuk organik cair dari air cucian beras ini dilakukan agar air cucian beras tidak dibuang saja akan tetapi, dapat digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan pupuk organik cair oleh masyarakat. 

Sosialisasi pembuatan pupuk organik cair dari air cucian beras adalah gerakan yang fokus pada sosialisasi kepada masyarakat nagari sikucua barat dalam memanfaatkan air cucian beras menjadi pupuk organik cair. POC dari air cucian beras dapat digunakan untuk menambah unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman sehingga masyarakat nagari sikucua barat yang mayoritas pekerjaannya petani dapat terbantu. Selain itu POC ini juga dapat digunakan untuk tanaman-tanaman yang berada di sekitar rumah. Berikut beberapa tujuan dari Program Kerja Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari Air Cucian Beras:

1. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai manfaat dari air beras untuk tanaman.

2. Agar masyarakat dapat membuat sendiri pupuk organik cair dari air cucian beras 

3. Meminimalisir penggunaan pupuk kimia yang berdampak buruk terhadap lingkungan

Selain penyampaian materi, pada kegiatan sosialisasi ini dilakukan juga demonstrasi pembuatan POC dari air cucian beras secara langsung oleh mahasiswa KKN. Setelah demonstrasi, mahasiswa membuka sesi diskusi antara mahasiswa dengan peserta sosialisasi. Kegiatan sosialisasi “Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari Air Cucian Beras” ini ditutup oleh foto bersama.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS