Ticker

6/recent/ticker-posts

"Peran Mahasiswa KKN Tematik Universitas Andalas 2024 Dalam Pengenalan dan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini di SDN 04 Kampung Dalam"

 


Penulis Mutiara Fadila Insani  mahasiswa universitas Andalas Padang 



Korong Toboh Tangah merupakan salah satu Korong (desa) yang ada di Nagari Campago Selatan, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Tidak semua daerah di wilayah Nagari Campago Selatan memiliki kemajuan dalam bidang pendidikan, sebagian wilayahnya masih dalam kategori tertinggal dalam bidang pendidikan, salah satunya adalah Korong Toboh Tangah. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Andalas di Nagari Campago Selatan 2024, diketahui bahwa siswa SD di Korong Toboh Tangah memiliki minat yang besar untuk mempelajari Bahasa Inggris, tergambar dari antusias mereka dalam mengikuti Kelas English Learning sebagai Proker IPTEK yang dijalankan oleh Mahasiswa KKN Tematik Universitas Andalas 2024 di SDN 04 Kampung Dalam. Anak usia sekolah dasar adalah golden age atau usia yang bagus untuk memperoleh input dalam pembelajaran bahasa inggris. 

Krashen (2009) dalam penelitiannya menyatakan bahwa anak yang tergolong golden age memiliki kecepatan dalam phonetic dan phonology. Anak usia ini dapat memperoleh input dengan cepat dalam penguasaan dan pembelajaran bahasa asing (Inggris) khususnya bagi Gen-z yang harus mempersiapkan diri dalam menghadapi perkembangan teknologi dan kemajuan zaman. Dengan demikian, pengenalan dan penguasaan bahasa inggris bagi anak usia dini di Korong Toboh Tangah penting untuk diperhatikan guna mempersiapkan diri menghadapi perkembangan zaman dan teknologi. Selain itu, penguasaan Bahasa Inggris juga dapat meningkatkan identitas sosial mereka. 

Bahasa Inggris akan mudah dipahami oleh anak usia dini jika pengajar mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan kondusif. Hal ini sudah diterapkan oleh Mahasiswa KKN Tematik Universitas Andalas 2024 di SDN 04 Kampung Dalam melalui proker IPTEK English Learning yang diterapkan kepada siswa kelas 1-5 SD. Proker ini dimulai dengan pemaparan pentingnya bahasa inggris di masa sekarang dan pemberian materi bahasa inggris dengan objek serta bahasa inggris dasar yang mudah dipahami oleh anak usia dini. Materi yang diberikan bersifat massive progressive. Siswa diberikan kosa kata baru, dan berkesempatan untuk menirukan pengucapan kosa kata dalam bahasa inggris yang diselingi oleh lagu dan game dalam bahasa inggris guna meningkatkan motivasi mereka dalam belajar. 

Dari kegiatan yang telah dilaksanakan, terlihat siswa kelas 1-5 SD cukup antusias dan memahami pembelajaran yang telah diajarkan. Dengan semangat belajar mereka yang luar biasa, para mahasiswa KKN Tematik Universitas Andalas 2024 tidak hanya berkontribusi pada perubahan positif bagi golden age sebagai generasi penerus yang ada di Korong Toboh Tangah, tetapi juga membuktikan bahwa pendidikan dapat memupuk hubungan antar generasi dan meningkatkan kesempatan belajar yang efektif bagi anak usia dini.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS