Ticker

6/recent/ticker-posts

Kakamenag Kota Padang Sampaikan Materi Penguatan Moderasi Beragama Pada 114 Orang Peserta Bimtek MAN 1

 



MAN 1 Kota Padang, Humas - 114 Pendidik dan Tenaga kependidikan MAN 1 Kota Padang mendapatkan materi penguatan moderasi beragama pada kegiatan Bimbingan dan Teknis (Bimtek), Sesin (19/2) di Hotel Rocky Padang.


Materi ini disampaikan oleh kepala kantor kementerian agama kota Padang, Edy Oktafiandi.


Dalam paparannya Edy (panggilan akrabnya) mengatakan bahwa tujuan materi ini diberikan agar peserta bimtek memahami konsep dasar toleransi dalam keberagaman mengaktualisasikan nilai-nilai toleransi tersebut di madrasah (pembelajaran setiap mapel dan lainnya).


“Indonesia ini adalah negara yang majemuk yag terdiri dari berbagai suku, bangsa, bahasa dan agama. Dengan berbedaan ini maka harus dirajut dengan sebuah tali persatuan melalui moderasi beragama,”jelasnya.


Edy mengatakan bahwa perbedaan suku, bangsa, bahasa dan agama Indonesia ini adalah sebuah sebuah anugerah dari Allah. Dari sudut pandang agama keberagaman adalah anugerah dan kehandak Allah.


“Dalam Al-Quran, Allah menjelaskan bahwa perbedaan adalah bertujuan agar saling kenal-mengenal dan dengan saling kenal-mengenal itu lahirlah toleransi,” jelasnya lagi.


Tentang moderasi beragama dalam ajaran Islam, Edy menjelaskan bahwa dalam interen Islam, agama tidak perlu dimoderasi karena agama itu sendiri telah mengajarkan prinsip moderasi, keadilan, dan keseimbangan.


”Bukan agamanya yang harus dimoderasi, melainkan cara pandang dan sikap umat beragama dalam memahami dan menjalankan agamanya yang harus dimoderasi. Tidak ada agama yang mengajarkan ekstremisme, tapi tidak sedikit orang yang memahami dan menjalankan ajaran agamanya secara ekstrem,”tambahnya.


Edy berharap semoga dengan penguatan materi moderasi beragama ini

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS