Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa KKN Tematik Universitas Andalas Melakukan Kegiatan Membatik Sederhana dengan Teknik Ecoprinting di SD Negeri 01 V Koto Timur


Penulis;Arsyi Chairyi
Mahasiswa KKN Tematik Nagari Limau Puruik Universitas Andalas


Pada zaman sekarang ini telah banyak inovasi yang dilakukan oleh anak bangsa untuk menghasilkan karya-karya unik dan menarik. Banyak karya-karya unik yang telah diciptakan oleh anak anak generasi muda saat ini. Salah satu nya adalah ecoprinting. Ecoprinting merupakan sebuah teknik cetak dengan pewarnaan kain yang dilakukan sederhana dengan hasil yang unik dan bervariasi. 


Ecoprinting disebut juga dengan batik sederhana. Dikatakan sederhana karena menggunakan bahan yang ada disekitar dan teknik melakukannya pun sederhana. Kita hanya membutuhkan daun ataupun bunga yang memiliki zat warna yang dapat menempel pada kain kemudian tumbuhan tersebut dipukul hingga mengeluarkan warna. 


Ecoprinting sendiri memiliki 2 teknik pewarnaan, yaitu teknik iron blanket dan teknik pounding. Perbedaan kedua teknik ini adalah pada teknik iron blanket, daun/bunga pada tumbuhan dimasukkan ke dalam kain, kemudian kain digulung, dimasukkan ke dalm paralon dan di ikat menggunakan tali. Setelah itu, kain yang ada di dalam paralon tersebut dikukus selama beberapa jam. 


Sementara itu, pada teknik Pounding, kain diletakkan diatas bunga/dain yang sudah diatur bentuk dan posisinya, kemudian dibagian atas kain dilapisi dengan menggunakan plastik lalu di pukul dengan menggunakan pemukul untuk mengeluarkan zat warna yang ada pada tumbuhan tersebut. Terakhir, kain yang telah berwarna tersebut di cuci dengan menggunakan air tawas. 


Ecoprinting ini dapat dilakukan oleh seluruh kalangan masyarakat. Pada kesempatan ini, mahasiswa KKN Tematik Universitas Andalas melakukan kegiatan ecoprinting ini kepada anak kelas 4 Sd, di SD Negeri 01 V Koto  Timur. Teknik ecoprinting yang dilakukan adalah teknik pounding. Selain untuk memperkenalkan teknik pewarnaan pada siswa-siswi, ecoprinting ini dilakukan untuk melatih kreativitas siswa dan siswi di sekolah tersebut. 


Tak hanya siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini, beberapa guru pun ikut terjun untuk membuat batik dengan menggunakan teknik ecoprinting ini. 


Selama melakukan kegiatan ecoprinting ini, siswa-siswi SD Negeri 01 V Koto Timur terlihat antusias dan bersemangat. Diharapkan nantinya, siswa-siswi SD Negeri 01 V koto Timur dapat melakukan dan menginovasikan teknik ecoprinting ini sehingga didapatkan inovasi baru bagi anak bangsa.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS